CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 11 Tumbuhan yang Bisa di Jadikan Pewarna Hijau Alami - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

11 Tumbuhan yang Bisa di Jadikan Pewarna Hijau Alami

gambar daun tanaman suji
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Warna pada sebuah masakan dapat mempengaruhi mood seseorang saat makan. Jika makanan mempunyai warna lebih menarik dan mencolok tentu akan meningkatkan nafsu makan, baik bagi orang dewasa ataupun anak-anak.

Walau pada dasarnya ada banyak jenis pewarna makanan di luar saja. Namun bagaimana menciptakan warna pada makanan dengan tanpa adanya campuran pewarna instan?

Pewarna Hijau Alami

Ada banyak sisi positif dari menggunakan pewarna makanan berbahan dasar alami, salah satunya ialah bisa mendapatkan manfaat sekaligus nutrisi dari tumbuhan yang kita gunakan, aman bagi lingkungan serta tidak memiliki efek samping jangka panjang.

Buat kamu yang ingin tahu lebih atau ingin mencari bahan buat pewarna hijau alami, berikut beberapa tumbuhan yang bisa kamu gunakan.

1. Daun suji

Pertama ada suji (Dracaena Angustifolia) yaitu tanaman peredu yang biasa di jadikan tanaman hias sekaligus di manfaatkan untuk diambil daunya.

Daun suji mampu memberi warna hijau yang pekat, bahkan lebih dari pada daun pandan wangi yang juga merupakan salah satu sumber warna hijau alami.

Namun kekuranganya ialah daun suji ini tidak mengeluarkan aroma wangi seperti pandan yang kita kenal.

2. Pandan wangi

Pandan merupakan tanaman yang secara umum banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari digunakan pada masakan sebagai pengharum dan pewarna hingga keperluan lain dengan tujuan wewangian.

Oleh karena itu, buat kamu yang mencari warna hijau alami untuk sebuah olahan kue atau minuman serta menghasilkan aroma yang wangi. Maka kamu bisa menggunakan daun pandan sebagai alternatifnya.

3. Spirulina

Berikutnya ada spirulina, ada yang tahu? Spirulina merupakan nama penyebutan untuk tanaman ganggang (Alga Biru Hijau) yang bisa dijadikan makanan tambahan.

Setidaknya ada dua jenis spirulina yang umum di temukan yaitu Arthrospira platensis dan Arthrospira maxima, yang dijual dalam bentuk serbuk atau tablet siap konsumsi.

Nah, selain sebagai bahan makanan, spirulina yang berbentuk serbuk bisa kamu jadikan pewarna hijau alami untuk makanan dan minuman loh.

Contohnya kamu bisa mencampurkan pada adonan mie sehingga bisa lebih hijau, kue ataupun campuran jus.

4. Matcha

Matcha adalah teh hijau berbentuk bubuk atau serbuk yang di buat dengan menggiling daun teh hingga halus seperti tepung.

Bubuk matcha umumnya banyak di gunakan sebagai bahan perisa dan pewarna untuk berbagai jenis makanan, seperti mochi, soba, es krim, es serut, cokelat, berbagai jenis kue Barat, dan wagashi.

Matcha sangat di rekomendasikan buat kamu yang ingin membuat hiasan kue berwarna hijau seperti selai, cream ataupun di campurkan pada beberapa olahan lainnya.

5. Bayam

Kita tahu bahwa bayam merupakan sayuran sekaligu tanaman yang memiliki warna hijau, oleh karena itu mungkin saya bisa rekomendasikan satu ini buat kamu.

Warna hijau pada bayam berasal dari zat klororofil yang merupakan pigmen pembentuk warna hijau pada daun.

Walau warna hijau alami yang di hasilkan tidak sepekat daun suji atau pandan, namun sisi baiknya bayam kaya akan kandungan gizi dan serat yang bagus untuk kesehatan.

Sekedar info, rutin mengkonsumsi sayur bayam dapat mencegah sekaligus mengatasi beberapa masalah penyakit seperti diabetes, kolesterol, anemia, penyakit tulang, kanker dan tekanan darah loh.

6. Pakcoy

Pakcoy merupakan jenis sayuran yang populer dari keluarga suku sawi-sawian, sayuran satu ini juga dikenal pula sebagai sawi sendok yang mudah di budidayakan dan dapat di makan segar sebagai lalapan, salad atau diolah menjadi asinan.

Daun pakcoy dapat juga di gunakan sebagai pewarna hijau alami untuk masakan loh, cukup ambil bagian daun kemudian blender hingga halus. Setelah itu campurkan ke adonan yang kamu inginan.

Selain itu, sayuran pakcoy juga berdampak baik bagi tubuh loh, beberapa manfaat pakcoy antara lain sebagai sumber serat yang tinggi, menjaga kesehatan jantung, mengatur tekanan darah, mencegah peradangan dan melancarkan pencernaan.

7. Sawi hijau

Selain pakcoy, adapun sawi hijau yang bisa kamu gunakan sebagai pewarna alami dari tumbuhan.

Sawi satu ini termasuk dalam sayuran yang populer di Indonesia dan dikenal dengan nama lain yaitu sawi bakso (karena menjadi sayuran daun pendamping dalam penyajian bakso).

Daunnya yang berwarna hijau bisa kamug gunakan sebagai penganti pewarna makanan loh, bahkan ada banyak khasiat yang bisa didapatkan kalo kamu rutin mengkonsumsinya.

Cara menggunakanya cukup haluskan bagian daun dengan blender hingga menjadi bubur kemudian campurkan pada adonan yang ingin di warnai.

8. Daun singkong

Siapa sangka, daun singkong yang biasa kita abaikan ternyata bisa kamu jadikan sebagai perwarna hijau alami loh.

Buat kamu yang di tempatnya ada banyak tanaman singkong, mungkin kamu bisa memanfaatkanya sebagai pewarna untuk makanan.

Selain itu, perlu kamu ketahui daun singkong muda jika di konsumsi dengan benar dan tidak berlebihan dapat memberi manfaat yang baik bagi kesehatan loh.

Beberapa manfaatnya ialah bisa mencegah cacingan, darah rendah, kekurangan zat besi dan rabun mata.

9. Kangkung

Siapa yang tidak tahu dengan kangkung, mungkin kamu adalah salah satu yang menyukai sayuran satu ini.

Yap, kangkung merupakan sayuran yang kaya akan manfaat, karena memiliki beragam sumber nutrisi dan mineral yang penting bagi tubuh terkandung di dalamnya.

Selain itu, warnanya yang hijau mungkin bisa kamu jadikan pewarna untuk adonan pasta, mie atau pangsit, sehingga menjadi lebih hijau sekaligus menyehatkan.

10. Daun kelor

Kelor merupakan pohon yang kerap kali digunakan untuk pengobatan tradisional sekaligus ditanam sebagai tanaman hias satu.

Daunnya yang rimbun, banyak serta berwarna hijau pekat bisa kamu jadikan sebagai pewarna alami loh.

Cara penggunaanya kamu cukup remas daun kelor atau di blender hingga halus, kemudian airnya di peras (saring) dan siap digunakan.

11. Seledri

Terakhir ada dari daun seledri. Kamu pasti familiar dengan sayuran satu ini. Sledri umumnya di gunakan sebagai penyedap masakan dan juga campuran salad.

Untuk mengunakan daun sledri sebagai pewarna kamu cukup menghaluskan daun dan batang dengan sedikit air, kemudian campurkan pada adonan.

Memang warna yang di hasilkan tidak terlalu pekat, namun dengan mengunakan daun sledri akan menambah cita rasa yang berbeda pada masakan yang akan di buat nantinya.

Nah, itulah beberapa pewarna hijau alami yang berasal dari tumbuhan dan bisa kamu gunakan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips makanan sehat.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel