Manfaat Daun Meniran dan Efek Sampingnya untuk kesehatan.

Manfaat daun meniran dan efek sampingnya.

bentuk tanaman meniran.
Sumber foto : properties from healty99
Tahukah kamu dengan rumput satu ini? Namanya adalah Meniran (Phyllanthus urinaria), merupakan tanaman liar yang dapat mudah di jumpai, karenanya memang sangat mudah tumbuh di sembarang tempat, baik itu di hutan, semak blukar hingga perkarangan rumah. Ketahui manfaat daun meniran.

Ciri tanamanya sendiri tegak lurus, dengan daun yang tumbuh menyirip serta mempunyai buah yang mengantung di sepanjang tangkai daun. Untuk pemanfaatanya terletak pada bagian daunya dimana daunya mengandung senyawa zar penyamak, antiinfalamasi, antiradang, filatin dan atioksidan.

Rumput meniran sebenarnya tidak ditanam dan terkadang hanya di anggap gulma. Sedangkan untuk manfaat sebagai obat jarang di ketahui sehingga terkadang hanya di basmi layaknya rumput liar.

Namun siapa sangka, dibalik sebutanya sebagai gulma ternyata bisa menjadi obat herbal loh, terutama dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan. Yuk simak apa saja manfaat daun meniran untuk kesehatan.

Manfaat daun meniran untuk kesehatan.

1. Mencegah penyakit kanker.

Tak hanya rumput mutiara saja yang dapat mengatasi kanker, rumput liar satu ini juga mampu mengatasinya. Cara kerja dari daun meniran dalam mencegah penyakit kanker ialah dengan memperlambat penyebaran dan pertumbuhan sel ubnormal, sehingga sistem pertahanan tubuh mempunyai waktu untuk membunuh sel-sel berbahaya tersebut.

Tak hanya itu saja, daunya juga di klaim dapat mencegah berkebangnya kanker ke tahap lanjut loh.

Baca juga :

2. Mencegah penyakit batu ginjal.

rumput meniran obat batu ginjal

Khasiat selanjutnya ialah dapat mencegah pembentukan batu ginjal. Menurut sebuah penelitian, seseorang orang yang memanfaatkan ekstrak tanaman daun meniran selama 12 minggu terbukti dapat mencegah pembentukan batu ginjal.

Selain itu kandungan asam urik dan oksalat yang terdapat di dalam urine juga akan berangsur berkurang sehingga dapat mencegah terjadinya batu ginjal datang kembali.

Namun perlu di ingat rumput meniran tidak bisa di jadikan obat untuk mengobati batu ginjal secara langsung, hanya saja dapat mencegahnya sebelum terjadi sehingga tidak di sarankan mengkonsumsi secara berlebihan karena kemungkinan bisa memicu permasalahan lain. 

3. Bersifat diuretik.

Bersifat diuretik yaitu berkemampuan untuk membuang kelebihan mineral garam dan cairan di dalam tubuh yang terlalu banyak dengan cara mempercepat pembentukan urine. Jadi secara tidak langsung manfaat daun meniran dapat di gunakan untuk menyeimbangkan cairan metabolisme di dalam tubuh.

Cara menggunakanya cukup mudah, kamu hanya perlu mencari tanaman liar ini disekitaran lingkungan, kemudian cuci bersih dan rebus menggunakan air hingga mendidih. Setelah itu di minum secara rutin paling tidak sehari sekali.

4. Manfaat daun meniran dalam mengobati luka.

Kamu bisa memanfaatkan rumput satu ini untuk mengobati luka pada kulit loh, baik itu luka tertusuk paku, lecet, memar dan meradang. Nah jika dalam keadan mendesak atau sedang berada di kebun kamu bisa menggunakan tanaman satu ini sebagai obat alternatif.

Terdapatnya senyawa antiinflamasi dan antibakteri pada daun meniran yang dapat berguna untuk mencegah infeksi kuman dan peradangan pada are kulit loh, cara menggunakanya cukup remas daunya sampai halus kemudian tempelkan pada area kulit yang bermasalah.

5. Menurunkan kadar diabetes.

Meniran di ketahui memiliki sifat antidiabetes. Yang mana dapat membantu mencegah penyerapan glukosa ke dalam tubuh secara berlebihan. 

Tak hanya itu kandungan senyawa yang terdapat pada daunya juga dapat meningkatkan kerja hormon insulin di dalam tubuh, guna untuk memproses gula (glukosa) menjadi sumber energi.

Sehingga dengan normalnya produksi insulin lonjakan gula darah dapat di cegah dengan lebih mudah.

Baca juga :

6. Mencegah kerusakan hati.

Beberapa penelitian mengemukakan beberapa jenis tanaman dari spesies Phyllanthus diantaranya dapat membantu dalam mencegah terjadinya kerusakan jaringan pada organ hati akibat zat-zat kimia yang masuk kedalam tubuh.

Tak hanya itu dari kandungan antioksidan dan polifenol pada daun rumput meniran juga dapat berguna untuk mengatasi peradangan lebih lanjut dan mempercepat perbaikan kerusakan yang terjadi.

7. Mencegah paparan radikal bebas.

Dikutip dari Healthline, hasli sebuah studi dari in vitro pada tahun 2014, mengemukakan bahwa ekstrak dari daun phyllanthus menunjukkan aktivitas senyawa antioksidan yang sangat kuat. Sedangkan antioksidan sendiri di dalam tubuh dapat berfungsi untuk menangkal paparan radikan bebas yang masuk kedalam tubuh secara berlebihan.

Tak hanya itu antioksidan juga dapat berfungsi dalam memperbaiki jaringan sel yang rusak akibat radikal bebas yang berasal dari lingkungan, sehingga secara tidak langsung manfaat daun meniran juga berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

8. Menstabilkan tekanan darah.

daun meniran mengatasi tekanan darah
Sumber foto : pixabay.
Mengkonsumsi ramuan tradisional yang terbuat dari rumput meniran di percaya dapat menstabilkan tekanan darah hingga kebatas normal. Cukup dengan merebus daunnya kemudian di konsumsi sebanyak dua kali sehari hingga tensi kembali normal.

Dengan stabilnya tekanan darah beberapa masalah seperti sakit kepala, pening dan penyakit jantung dapat di hindarkan secara alami.

9. Mengatasi malaria dan demam.

Beberapa masyarakat dahulu sering menggunakan khasiat tanaman satu ini sebagai obat untuk mengatasi malaria dan demam secara alami. 

Caranya dengan menumbuk daunnya hingga menjadi bubur kemudian di beri sedikit air dan di minumkan ke orang yang sakit.

Salah satu sifat daun meniran yaitu antiinfalamsi dan antiperadangan yang dipercaya dapat mengatasi infeksi virus dan bakteri yang menyebabkan demam, sedangkan untuk malaria belum di ketahui pasti akan keampuhanya paslanya malaria di sebabkan oleh parasit plasmodium yang tidak dapat dengan mudah di basmi.

Baca juga :

10. Mencegah ayan.

Ayan atau epilepsi adalah masalah terhadap aktivitas sel saraf pada otak yang sedang terganggu, sehingga terkadang menyebabkan seseorang mengalami kejang-kejang, hilang kesadaran dan lupa dengan yang telah dia lakukan.

Nah untuk pemanfaatan rumput meniran belum di ketahui pasti akan khasiatnya dalam mengatasi masalah tersebut dan masih terus di teliti akan dampak yang di berikan ketubuh. 

Namun beberapa masyarakat mengaikat dengan menggunakan manfaat tanaman liar ini untuk mencegah penyakit ayan kembali kumat.

11. Obat disentri.

Mengkonsumsi daun meniran di klaim mampu mengatasi beberapa permasalahan di area pencernaan terutama pada usus, salah satunya yaitu mencegah peradangan, mencegah infeksi, membunuh kuman penyebab diare dan sakit perut serta mengobati buang air besar yang di sertai darah.

Nah itulah beberapa manfaat daun meniran untuk kesehatan.

Apakah mengkonsumsi daun meniran mempunyai efek samping? Mengkonsumsi rumput liar satu ini secara berlebihan kemungkinan bisa menyebabkan reaksi sakit perut dan mual.

Hal ini diakibatkan perubahan cairan di dalam pencernaan, terlebih lagi jika kamu mempunyai masalah kesehatan seperti gangguan hati ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk mendapatkan saranya.

Adapun kewaspadaan lainya dalam menggunakan  meniran yaitu memperhatikan dimana tanaman tumbuh dan terbebas dari insektisida atau racun semprot.

Baca terus di healty99.com ntuk informasi tanaman herbal lainya.

Buka Komentar

0 Response to "Manfaat Daun Meniran dan Efek Sampingnya untuk kesehatan."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i