Simak Manfaat dan Kandungan Daun Mint untuk Kesehatan.

Manfaat dan kandungan daun mint.

Manfaat dan kandungan daun mint untuk kesehatan
Manfaat daun mint untuk kesehatan. Foto : pixabay

Mint atau lebih tepatnya daun mint adalah jenis tanaman yang di manfaatkan bagian daunya mulai dari untuk bahan masakan, penyedap, permen, minuman dan beberapa produk keseharian. Daun mint sendiri mempunyai rasa yang unik yaitu sedikit rasa pedas, beraroma segar dan di sertai rasa dingin. Simak manfaat dan kandungan daun mint untuk kesehatan.

Sedangakan untuk kandunganya daun mint mempunyai nutrisi diantaranya kalori, karbohidrat, lemak, protein, serat, mangan, vitamin A, kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi, Vitamin C, folat dan tentu saja antioksidan.

Tak hanya itu saja daun mint juga memiliki minyak atsiri berupa menthol yang dapat di gunakan sebagai antibakteri, antifungi, antiseptik dan antinyeri. Lantas dengan banyaknya kandungan nutrisi apa saja manfaat daun mint jika dikonsumsi secara rutin.

Manfaat daun mint jika dikonsumsi secara rutin.

1. Menyegarkan bau mulut dan menjaga kesehatan gigi.

Mengkonsumsi daun mint selagi segar sebagai lalapan atau salad dapat berguna untuk menjaga kesehatan area mulut seperti mengatasi bau mulut, radang gusi dan mencegah kerusakan gigi. Rasa menthol dari daun mint akan terasa menyegarkan dan dapat di gunakan untuk menghilangkan bau tak sedap dari mulut, telebih lagi bau amis dari makanan.

Itulah mengapa banyak produk seperti pasta gigi, obat kumur dan permen banyak yang mempunyai rasa mint.

2. Daun mint baik untuk pencernaan.

manfaat dan kandungan daun mint untuk pencernaan
Manfaat daun mint untuk pencernaan. Foto : pixabay.

Manfaat daun mint selanjutnya yaitu baik untuk saluran pencernaan. Daun mint mengandung serat yang cukup tinggi, beberapa mineral yang di butuhkan tubuh serta mampu bersifat antibakteri dan antiseptik sehingga dapat bergguna untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan terutama bagian usus.

Tak hanya itu manfaat daun mint juga mampu membunuh bakteri jahat pada usus dari yang menyebabkan iritasi, infeksi dan peradangan.

Baca juga : 

3. Baik untuk kesehatan kulit.

Beberapa masalah kulit seperti kemerahan, memar, iritasi, gatal, bengkak, dan bisul dapat kamu obati dengan cara mengoleskan daun mint.

Cara penggunaanya cukup mudah, kamu hanya perlu meremas daun min hingga halus kemudian oleskan ke permukaan kulit yang bermasalah secara perlahan, setelah itu biarkan hingga mengering. Kandungan yang terdapat pada daun mint akan berfungsi untuk mencegah terjadinya infeksi dan peradangan pada kulit.

4. Daun mint meredakan sakit kepala.

Manfaat dan kandungan daun mint untu sakit kepala.
Manfaat dan kandungan daun mint untuk sakit kepala. Foto : pixabay.

Jika sedang dilanda sakit kepala atau kecemasan akibat kerjaan yang menumpuk, cobalah cara satu ini untuk mengatasinya yaitu dengan menghirup aroma minyak esensial yang berasal dari duan mint. 

Atau kamu bisa menggantinya dengan beberapa produk yang mengandung ekstrak daun mint, kemudian oleskan ke area hidung dan pelipis kepala untuk merileksasikan pikiran agar lebih tenang.

5. Daun mint menyehatkan tulang dan otot.

Manfaat daun mint selanjutnya yaitu dapat menyehatkan tulang dan otot tubuh. Hal tersebut bukan karena tanpa sebab, terdapatnya beberapa kandungan pada daun mint seperti kalium, kalsium, zat besi, vitamin C, fosfor dan lainya yang di ketahui berguna untuk pembentuk sel-sel jaringan otot dan tulang.

Sehingga dengan mengkonsumsi daun mint di perkirakan dapat mencegah yang namanya resiko cidera pada otot dan tulang saat berkerja.

6. Meningkatkan fungsi otak.

Beberapa studi penelitian mengemukakan bahwa dengan mengkonsumsi daun mint secara rutin dan menghirup aroma minyak atsirinya dapat meningkatkan fungsi otak dan mencegah kerusakan jaringan sel saraf pada tubuh.

Baca juga : 

7. Sumber alternatif zat besi untuk tubuh.

Manfaat daun mint selanjutnya yaitu dapat menjadi asupan zat besi untuk tubuh. Tubuh memang memerlukan zat besi dalam jumlah yang cukup perhari, pasalnya jika asupan nutrisi tersebut tidak tercukupi serta kurang dari batas normal, maka kamu akan mudah untuk merasakan kelelahan, perubahan warna kulit menjadi pucat, sesak napas, pusing hingga detak jantung menjadi lebih cepat.

Tak cukup sampai di situ saja daun mint juga baik untuk orang yang sedang mengalami anemia atau kekurangan darah.

8. Daun mint dapat meredakan flu dan pilek.

Selain dapat berguna untuk menjaga kesehatan mulut mengkonsumsi daun mint juga dapat meredakan gejala seperti flu, meriang, batuk dan pilek. Bahkan sensasi menthol nya juga dapat berguna untuk melegakan penafasan loh.

Nah jika kamu tertarik bisa mencobanya sendiri di rumah, atau jika tidak mempunyai daun mint segar dapat mengantinya dengan permen berekstrak menthol.

Manfaat dan kandungan daun mint untuk kesehatan.

9. Baik untuk rambut.

Manfaat selanjutnya dari daun mint yaitu dapat di gunakan pada rambut loh, sensasi dingin yang di hasilkan dari daun mint dapat berguna untuk mengatasi masalah gatal, perih, ketombe dan menghilangkan rasa gerah akibat keringat.

Terlebih lagi buat kamu yang sering menggunakan hijab maka ekstrak daun mint dapat menyegarkan kulit kepala dan rambut kamu.

10. Daun mint baik untuk mengatasi kram saat menstruasi.

Kandungan minyak esensial pada daun mint dapat berguna untuk mengurangi rasa nyeri pada tubuh seperti nyeri otot, nyeri tulang, kram perut dan nyeri saat masa haid.

Tah hanya itu saja kandungan zat besinya dapat berguna untuk mengantikan sel darah merah yang banyak terbuang saat menstruasi sehingga dapat mencegah kamu agar tidak mudah merasa lesu, sakit kepala dan masalah anemia.

Kamu bisa menggunakan manfaat daun mint besamaan dengan minuman teh hangat ataupun olahan lainya.

11. Daun mint untuk detoks tubuh.

Manfaat daun mint selanjutnya yaitu dapat berguna untuk membantu tubuh dalam detoksifikasi atau proses dalam mengeluarkan racun dan zat-zat yang sudah tidak berguna lagi dari dalam tubuh.

Salah satu cara menggunakan daun mint detoks tubuh ialah memafaatkannya sebagai minuman yaitu infused water yang di campur dengan bahan-bahan lainya.

Nah itulah beberapa kumpulan tentang manfaat dan kandungan daun mint untuk kesehatan.

Lantas apakah ada efek samping dari penggunaanya? Beberapa efek samping dari penggunaan daun mint kemungkinan dapat terjadi apabila mamakainya dalam jumlah yang berlebihan, salah satunya dapat berefek sesak nafas, mengakibatkan ganguan lambung dan pencernaan serta nyeri pada uluh hati.

Kamu tak perlu khawatir dengan efek sampinnya jika jumlah komsumsi masih dalam batas wajar.

Oke, cukup sampai di sini pembahasan tentang manfaat dan kandungan daun mint

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i