Manfaat dan Efek Samping dari Daun Pandan Wangi.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan 

manfaat dari daun pandan

Sumber foto : pixabay/pandan wangi.

Daun pandan atau pandan wangi, mendengar namanya saja pasti kalian sudah mengetahui. Pandan wangi (Pandanus amaryllifolius)  merupakan tanaman monokotil dari keluarga Pandanaceae. Umunya pandan wangi mudah di jumpai baik itu pada pinggiran selokan, semak dan kebun dengan tingkat kelembaban yang cukup atau teduh.

Pemanfaatan pandan wangi jika di tanam hanya sebatas di gunakan pada bagian daunya saja, daunya berwarna hijau pekat dan mempunyai aroma wangi yang khas sehingga banyak di gunakan untuk pewarna dan pengharum pada makanan, adapun kegunaan lain dari manfaat daun pandan yaitu sebagai obat tradisional. 

Pandan menjadi obat tradisional karena mengandung beberapa senyawa zat antioksidan berupa polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, dan alkaloid serta beberapa mineral lain dan zat besi. Lantas apa saja manfaat dari tanaman satu ini?

Baca juga :

Manfaat daun pandan untuk kesehatan.

1. Menstabilkan tekanan darah.

Kandungan zat besi dan antioksidan yang terdapat pada tanaman pandan mampu berguna untuk mestabilkan atau mengontrol tekanan darah ke seluruh tubuh.

Sehingga dengan lancarnya tekanan darah beberapa malasah seperti sakit kepala, kelelahan, lesu dan kecemasan dapat terhindarkan.

2. Daun pandan mengobati demam.

Pandan wangi mempunyai kemampuan untuk menagatasi infeksi yang terjadi di dalam tubuh, salah satunya yaitu demam, meriang dan ganguan pencernaan.

Nah jika kamu mempunyai tanda-tanda akan terserang demam cobalah untuk mengkonsumsi daun tanaman pandan untuk mengatasinya.

Caranya ambil beberapa lembar daun pandan segar kemudian blender hingga halus, beri sedikit air kemudian saring, setelah itu konsumsi satu hari sekali hingga demam sembuh.

3. Mengontrol gula darah.

Mengkonsumsi air rebusan daun pandan di ketahui dapat mengurangi jumlah gula (glukosa) di dalam darah dengan cara membantu produksi insulin pada pankreas.

Insulin sendiri ialah hormon yang berperan dalam mengolah gula (glukosa) dalam darah untuk di bentuk menjadi jaringan sel dan energi tubuh.

Baca juga :

Sehingga dengan normalnya produksi insulin di dalam tubuh resiko penyakit diabetes dapat terhindarkan.

4. Meredakan nyeri.

manfaat daun pandan untuk sakit perut

Tanaman pandan di klaim dapat meredakan rasa nyeri yang sedang terjadi, beberapa nyeri tersebut dapat berupa sakit kepala, nyeri sendi dan nyeri perut serta kram otot.

Untuk mendapatkan manfaat dari tanaman satu ini caranya cukup mudah. Rebus beberapa lembar daun pandan dengan air kemudian di konsumsi sehari dua kali hingga rasa nyeri berkurang.

5. Baik untuk pencernaan.

Terdapatnya kandungan antiinflamasi dan antibakteri yang mampu membunuh kuman pada area pencernaan penyebab masalah diare dan sakit berut.

Untuk itu jika kamu sering bolak-balik ke wc akibat sakit perut coba gunakan pandan wangi untuk mengobatinya.

Caranya ambil beberapa 4 lembar daun tanaman pandan kemudian cuci terus blender dengan setengah gelas air hingga halus, setelah itu saring dan air sarinya di minun untuk obat mengatasi sakit perut.

6. Manfaat daun pandan untuk meningkatkan nafsu makan.

Tanaman wangi satu ini dipercaya dapat meningkatakn nafsu makan seseorang, cocok buat kamu yang ingin menambah berat badan atau ingin mendapatkan badan yang ideal kamu bisa menggunakan cara alami dengan daun satu ini.

Caranya rebus 4 lembar daun tanaman pandan dengan 3 gelas air kemudian masak hingga air airnya menyisakan segelas, setelah itu di minum secara rutin paling tidak sehari dua kali saat pagi dan malam.

7. Baik untuk rambut.

Pandan wangi dapat di gunakan untuk memperlebat pertumbuhan rabut kepala kamu loh, tak hanya itu kandungan di dalamnya juga mampu berguna untuk menutrisi rambut dari luar sehingga tampak lebih hitam dan sehat.

Caranya tumbuk hingga halus daun pandan kemudian di gunakan untuk keramas selama beberapa menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga :

8. Mencegah kanker.

Mengkonsumsi air rebusan daun pandan di percaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh serta baik untuk orang yang sedang menjalani kemoterapi.

Namun kebenaran dalam hal ini masih simpang siur dan belum di ketahui pasti akan khasiatnya, sehingga masih perlu penelitian lebih lanjut.

Itulah beberapa manfaat tanaman pandan wangi untuk kesehatan. 

Apakah ada efek samping dari penggunaan? Efek samping dari penggunaan tanaman satu ini kemungkinan dapat terjadi apabila terlalu banyak mengkonsumsinya.

Salah satu efek samping dari daun pandan yaitu dapat menyebabkan rasa mual, ganguan keseimbangan cairan tubuh serta muntah. Namun tenang selagi dalam batas wajar maka aman-aman saja.

Untuk informasi tentang tanaman herbal daun atau dedaunan kamu dapat mencarinya di healty99.com di kolom pencarian.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i