Amankah mengkonsumsi tempe tahu saat asam urat melanda.

Amankah mengkonsumsi tempe tahu saat asam urat melanda?

Benarkah makan tempe tahu dapat menyebabkan asam urat
Sumber foto : pixabay/asam urat
Saat asam urat melanda maka seseorang yang mengalaminya akan merasakan rasa sakit, nyeri serta panas pada area persendian. Jika sudah begitu untuk berjalan dan melakukan aktifitas sehari-hari pun menjadi terganggu. Terlebih lagi seseorang yang sudah pernah mengalami penyakit asam urat harus selalu menjaga jenis makanan yang akan dikonsumsi contohnya kacang merah, tempe, tahu dan daging merah.

Untuk itu pada dasarnya setiap orang sebenarnya mempunyai kandungan asam di dalam tubuhnya dan hal tersebut wajar, namun jika kadar jumlah berkurang atau berlebih dapat menjadi indikasi bahwa tubuh sedang mengalami gangguan. 

Akan tetapi yang paling sering terjadi ialah berlebihnya kadar asam urat di dalam dalam tubuh yang ditandai dengan sakit dan pembengkakan area sendi.

Dikutip awalbros.com batas kadar normal asam urat didalam tubuh yaitu bekisar 7,0 sampai 7,2 miligram perdesiliter (mg/dl) untuk laki–laki, dan 5,7 sampai 6,7 mg/dl untuk perempuan, lebih dari itu dapat memicu permasalah kesehatan. 

Salah satu penyebab meningkatnya kadar asam urat didalam tubuh ialah banyak mengkonsumsi makanan tinggi kandungan purin seperti daging merah, seafood, jeroan dan kacang-kacangan. Sehingga hal tersebut terkadang membuat para penderita asam urat dilema akan kumatnya penyakit.

Baca juga :

  • Daftar makanan yang sebaiknya dihindari untuk penyakit asam urat.

Benarkah makan tempe tahu dapat menyebabkan asam urat?

Adapun sebuah pertanyan mengenai makanan yang sering di pertanyakan yaitu, benarkah mengkonsumsi tempe tahu dapat menyebabkan asam urat kambuh?

Menurut sebuah penelitian yang menguji cobakan kepada hewan dengan memberi pakan yang terbuat dari kedelai seperti tempe tahu, tidak didapat meningkatknya kadar asama urat pada hewan tersebut. Akan tetapi pada dua bulan berselang setelah berhenti mengkonsumsi makanan tempe tahu kadar asam urat pada objek didapati naik meningkat secara siknifikan.

Untuk hal itu permasalahan tempe dan tahu dapat meningkatkan asam urat masih perlu terus diteliti dan mengetahui akan dampaknya yang akan diberikan ke tubuh manusia.

Sedangkan jika dilihat secara kandungan, zat purin yang terdapat pada makanan berbahan dasar kedelai seperti tempe tahu hanya sekitar 20 mg/100g yang tentu saja jauh dari jenis makanan lainya yang sudah kita sebutkan diatas.

Cara meringankan gejala penyakit asam urat.

Adapun  beberapa cara agar dapat menghindari penyakit asam urat agar tidak mudah kambuh yang bisa kamu lakukan ialah perbanyak mengkonsumsi air putih, kurangi makanan daging dan jeroan, konsumsi secara cukup sayuran dan hidari alkhohol.

Baca juga : 

  • Adapun sayuran yang mampu meningkatkan asam urat.

Nah jadi dapat di simpulkan bahwa peluang untuk kumatnya penyakit asam urat dari mengkonsumsi tempe tahu sangat kecil, namun bukan berarti tidak dapat terjadi, terlebih lagi jika mengkonsumsinya berlebihan.

Buka Komentar

0 Response to "Amankah mengkonsumsi tempe tahu saat asam urat melanda."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i