Pohpohan Daun Tumbuhan Yang Mempunyai Maanfaat Baik Bagi Tubuh.

Daun pohpohan

Pohpohan 

Tahu kah kamu dengan tumbuhan satu ini dan apakah kalian pernah mengkonsumsinya? Mungkin beberapa dari kalian ada yang belum pernah mengkonsumsinya dan jarang menemukan tumbuhan ini. Hal tersebut wajar saja karena tumbuhan satu ini tak banyak tersebar bahkan di beberapa pasar tradisional pun tidak banyak para pedagang yang menjualnya, dan di lokasi daerah pasar tempat mimin pun daun Pohpohan sulit untuk di temui. Namun sebelum kita membahas manfaat dari tumbuhan ini untuk kesehatan, alangkah baiknya kita mengenal sedikit lebih dekat tentang Pohpohan.

Pohpohan atau dengan nama ilmiahnya Pilea Melastomoides merupakan tumbuhan semak rimbun dari Family Urticaceae. Belum di ketahui pasti asal dari tumbuhan ini, namun pohpohan tersebar pada kawasan daerah yang mempunyai iklim tropis seperti Indonesia, Sri langka, Tiongkok, India dan Taiwan. Tumbuh subur pada ketinggian permukaan sekitar 700-1700 mdpl. Umunya tumbuhan satu ini hidup liar di hutan, semak blukar, persawahan, perkebunan dan bahkan di perkarangan rumah.


Namun kini tumbuhan Pohpohan sudah mulai di budidayakan untuk di manfaatkan bagian daunya, daunya banyak di gunakan untuk olahan masakan, campuran salad dan yang paling utama sebagai lalapan pelengkap saat makan. Jika kamu penasaran dengan bagaimana bentuk dari daun Pohpohan, sekilas bentuknya hampir sama terlihat seperti daun sirih hijau. Namun memiliki sedikit perbedaan di mana daun Pohpohan mempunyai tekstur lebih kasar dan bergerigi pada permukaan pinggiran daunya. Sedangkan untuk rasa daunya, bagi yang belum pernah atau baru pertamakali mencoba mengkonsumsi secara mentah, akan merasakan aneh atau rasa tak biasa pada bagian lidah, akan tetapi jika sudah terbiasa terlebih lagi mengkonsumsinya sebagai lalapan maka kamu akan merasakan aroma mentol dari daun ini.

Kandungan nutrisi daun Pohpohan.


Berikut beberapa nutrisi yang terkandung di dalam per 100 gram daun Pohpohan segar di antaranya terdapat.

1. Energy 37 kal.
2. Karbohidrat 6.9 gr.
3. Besi 6 miligram.
4. Air 87 gr.
5. Protein 2.5 gr.
6. Kalsium 740 miligram.
7. Vitamin A.
8. Vitamin B1.
9. Vitamin C.
10. Lemak 0.8 gr.
11. Fosfor 80 miligram dan beberapa kandungan lain berupa mineral dan senyawa penting.

Manfaat daun Pohpohan untuk kesehatan.

Selain mudah untuk di olah dan bagus untuk di konsumsi, ternyata daun Pohpohan juga memberi sejumlah dampak yang baik untuk para penikmatnya. Simak beberapa manfaat dari daun Pohpohan untuk kesehatan di antaranya.

1.meningkatkan nutrisi dan mencegah dehidrasi pada tubuh.

Daun Pohpohan mengandung mineral penting yang di butuhkan oleh tubuh seperti potasium dan air. Seperti yang kita ketahui Potasium berguna untuk menjaga dan mengatur keseimbangan cairan di dalam tubuh, sedangkan air yang masuk kedalam tubuh berguna untuk mengantikan cairan elektrolit yang hilang. Sehingga kedua hal tersebut dapat menjaga kondisi tubuh agar tetap segar dan mencegah terjadinya dehidrasi secara berlebihan.

2. Menguatkan tulang.

Kandungan mineral kalsium yang cukup tinggi pada daun Pohpohan sangat berguna untuk memperbaiki kerusakan tulang dan sekaligus memperkuatnya. Dengan begitu beberapa masalah seperti pengeroposan sendi (osteoporosis) dan sakit sendi dapat di hindari. 

Sangat cocok buat kamu yang sering berkerja dengan mengangkat beban berat dan para lansia.
3. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat selanjutnya yaitu mampu menjaga daya tahan tubuh dan menangkal serangan beberapa penyakit ringan. Beberapa kandungan seperti Vitamin A, B, C dan senyawa antioksidan yang terkandung pada daun, di ketahui dapat memperkuat imun tubuh. 

Selain itu kandungan Vitamin A nya juga dapat menjaga kesehatan mata kamu loh. Tunggu apa lagi, tertari untuk mengkonsumsi daun Pohpohan?

4. Dapat menjaga tekanan darah.

Daun Pohpohan di percaya dapat mengatur tekanan darah di dalam tubuh karena kandungan zat besi dan beberapa mineral lainya. Bagi kamu yang sering merasa kelelahan, lesu, kepala pening dan mudah mengantuk, cobalah untuk mengkonsumsi daun Pohpohan segar secara rutin hingga tekanan darah naik menjadi stabil.

5. Bagus untuk percenaan.

Seperti yang kita ketahui setiap bahan pangan sayuran mengandung serat yang tinggi yang tentunya bagus untuk pencernaan. Serat di dalam tubuh berguna untuk melancarkan pencernaan, menjaga kesehatan usus, mengatur penyerapan kadar gula darah, mencegah terkena kolesterol jahat dan dapat mengatasi masalah lainya seperti susah buang air besar dan diare. Masih yakin tidak mau mengkonsumsi daun Pohpohan?

6. Mampu mencegah Radikal bebas.

Seperti yang kita ketahui dampak dari paparan radikal bebas dapat memicu beberapa masalah penyakit berbahaya seperti serangan jantung, kanker, kerusakan sel organ dan penyempitan pembuluh darah.
Radikal bebas sendiri umunya dapat di temui dengan mudah pada lingkungan sekitar kita contohnya berasal dari polusi kendaraan, sinar UV, radiasi, pestisida dan asap. Dengan rutin mengkonsumsi daun Pohpohan bukan berarti kamu sudah aman dari yang namanya paparan radikal bebas, akan tetapi hanya dapat meminimalisir dampak dari pada kerusakan tubuh nantinya.

Penting di ingat mengkonsumsi daun satu ini baik dalam sebuah olahan masakan ataupun sebagai lalapan adalah hal yang sah-sah saja. Namun yang perlu di hindari ialah konsumsi yang secara berlebihan dan di lakukan secara terus menerus. Segala sesuatu yang berlebihan maka akan menimbulkan dampak yang buruk untuk di kemudian hari. 

Bermaksud untuk mendapatkan khasiat dari daun Pohpohan malah menimbulkan masalah baru, dampak yang di berikan memang tidak terlalu berbahaya hanya saja mungkin akan menimbulkan rasa mual, muntah, sakit perut dan kenaikan tekanan darah. Terlebih lagi jika kamu mengkonsumsi dalam jumlah besar dan dalam kondisi masih segar atau mentah.

Itulah beberapa manfaat yang diambil dari daun Pohpohan untuk kesehatan tubuh.
Buka Komentar

0 Response to "Pohpohan Daun Tumbuhan Yang Mempunyai Maanfaat Baik Bagi Tubuh."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i