CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Utama Buah Terong Untuk Kesehatan. Simak Berikut Ini! - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Utama Buah Terong Untuk Kesehatan. Simak Berikut Ini!

Terong ungu
Sumber : Fixabay

Terong

Semua pasti sudah kenal dengan buah satu ini dan sudah banyak juga yang mengetahui bahwa Terong bagus untuk kesehatan. Namun sebelum mengetahui manfaat buah Terong untuk kesehatan, alangkah baiknya kita mengenal lebih dekat dengan tumbuhan satu ini.

Terong atau biasa di sebut Terung merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae dengan nama Solanum Melongena, yaitu tumbuhan yang di tanam untuk di ambil bagian buahnya. Di ketahui Terong berasal dari negara India dan Sri Langka, lalu kemudian mulai menyebar ke negara-negara tropis lainya seperti Indonesia.

Dan tahu kah kamu bahwa Terong ternyata masih berkerabat dekat dengan tanaman kentang dan rimbang (leunca) dan kerabat jauh dari tomat. Terdapat beberapa jenis Terong yang umunya dapat di temui di Indonesia, seperti Terong ungu, Terong telunjuk, Terong bulat, Terong putih dan Terong belanda.

Baca juga : Pohpohan, tumbuhan semak tapi bisa di makan.

Umunya Terong di panen saat masih muda, jika di biarkan hingga tua dan menguning tekstur dan rasanya dari buah Terong sudah tidak enak lagi untuk di konsumsi, dan lebih cocok untuk di jadikan bibit. Kebanyakan Terong di olah menjadi masakan sayur, olahan sambal atau bahkan untuk lalapan. Namun sedikit berbeda dengan jenis Terong belanda, dimana jenis Terong satu ini lebih enak di konsumsi saat kondisi buahnya matang pada pohon di karenakan mempunyai rasa manis dengan sedikit asam sehingga cocok di jadikan jus atau di makan segar.

Kandungan nutrisi Terong.

Di kutip dari SehatQ buah Terong mempunyai kandungan nutrisi yang sangat di butuhkan tubuh. Berikut kandungan yang terdapat dalam 80 gram buah Terong di antaranya.
  1. Vitamin C 3%
  2. Vitamin K 4%
  3. Kalori 20
  4. Serat 3 gr
  5. Folat 5%
  6. Karbohidrat 5 gr
  7. Kalium 5%
  8. Mangan 10%
  9. Serta beberapa senyawa penting lainya dalam jumlah sedikit.

Manfaat Terong untuk tubuh.

Berikut beberapa manfaat kesehatan yang akan di dapat dari mengkonsumsi buah Terong di antaranya.

1. Mencegah penyakit jantung.

Terdapat kandungan Vitamin C, B16 dan senyawa Antocyanin di dalam buah Terong ungu. Yang perlu kamu ketahui Antocyanin merupakan senyawa yang berperan seperti Antioksidan di dalam tubuh, yang mana bekerja mencegah terjadinya Aterosklerosis dan penyumbatan pembulu darah.

Selain itu Antocyanin juga dapat menghancurkan lemak jahat dengan cara mengoksidasinya sehingga tubuh terhindar dari berbagai masalah seperti serangan jantung, kolesterol dan beberapa penyakit jangka panjang lainya.


2. Bagus untuk pencernaan.

Terong yang telah di olah menjadi bahan pangan terbukti bagus untuk sistem pencernaan. Kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya dapat mengatasi beberapa masalah seperti sembelit, mencegah sakit perut dan mengatasi penumpukan feses di dalam usus dan mencegah kenaikan badan yang berlebih.

Kamu dapat mengolah Terong dengan cara merebusnya saja atau dengan mengorengnya sebentar untuk mendapatkan nutrisi lengkap dari buah terong.

3. Mencegah kenaikan badan.

Terong mengandung kalori yang rendah yang mana cocok untuk asupan makanan tambahan tanpa khawatir akan kenaikan berat badan yang berlebih. Untuk khasiat hampir semua jenis Terong sama jasa baik Terong ungu, telunjuk, bulat, dan Terung belanda.

4. Dipercaya dapat mengatasi kanker.

Di ketahui pada buah Terong mengandung senyawa Polifenol yang berguna untuk mencegah penyakit berbahaya yang akan menyerang. Polifenol sendiri merupakan senyawa yang berperan seperti Antioksidan yang tentunya baik untuk kesehatan, dimana Polifenol mampu mengurangi resiko seseorang terkena penyakit kanker, serangan jantung, masalah pada pembuluh darah dan mencegah resiko terkena Alzeimer.


5. Baik untuk kesehatan tulang.

Manfaat buah Terong selanjutnya yaitu mampu memperkuat dan memperbaiki jaringan pembentuk tulang di dalam tubuh, sehingga mencegah terjadinya pengapuran turang (Osteoporosis).

Terdapat juga kandungan Phenolie, zat besi dan mineral kalium pada buah Terong yang berguna untuk memperkuat tulang dan sendi. Cocok buat kamu yang bekerja angkat berat dan orang yang sering sakit sendi.

6. Mencegah dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

Terong dapat mencegah penyakit yang di akibatkan oleh kolesterol berlebih di dalam tubuh di karenakan terdapatnya kandungan senyawa Asam Klorogenik dan Antocyanin.

Kedua senyawa tersebut mampu mengurangi penyerapan sekaligus membuang penumpukan lemak jahat pada pembuluh darah dan di jaringan tubuh lainya. Sehingga membuat kamu tercegah dari beberapa masalah penyakit lainya seperti sroke dan serangan jantung.

Sekarang tunggu apalagi, masih engan untuk mengkonsumsi buah Terong sebagai bahan pangan yang menyehatkan? Mulai lah untuk mengkomsumsi buah Terong untuk kesehatan, setidaknya seminggu dua kali untuk oalahan masakan Terong dan jangan terlalu berlebihan karena mungkin akan menimbulkan efek samping yang tidak di inginkan.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel