Manfaat Tanaman Sambung Nyawa dan Cara Menggunakanya.

Ketahui manfaat tanaman sambung nyawa

manfaat daun dewa untuk kesehatan

Tanaman sambung nyawa, sesuai namanya tanama satu ini mempunyai khasiat yang dalam arti memberi kesehatan pada setiap orang yang memanfaatkannya. Dengan nama ilmiah Gynura procumbens sambung nyawa banyak di tanaman oleh masyarakat sebagai pagar perkarangan serta di manfaatkan bagian kulit dan daunya sebagai obat tradisional ataupun lalapan.

Sambung nyawa di ketahui merupakan tanaman asli Indonesia yang banyak di gunakan masyarakat suku jawa, jika kamu kurang kenal dengan nama sambung nyawa mungkin biasa di sebut dengan daun dewa atau akar sebiak.

Pemanfaatan tanaman sambung nyawa kebanyakan lebih mengarah ke obat baik itu secara langsung di konsumsi mentah sebagai lalapan ataupun di olah dengan merebusnya. Sedangkan untuk kandungan dari daun sambung nyawa di dapati beberapa senyawa penting berupa minyak esensial alami, fenolik, antioksidan, saponin, flavonoid, triterpen, polifenol, asam kumarite, asparaginase, steroid, kaempeferol dan masih ada banyak lagi.

Tak sampai di situ saja ekstrak dari daun dewa satu ini juga di ketahui mempunyai sifat antimikroba, antiradang, antiinflamasi, antivirus, antihipertensi serta antikarsinogenik. Yuk simak apa saja manfaat daun dewa atau sabung nyawa.

Manfaat tanaman sambung nyawa untuk kesehatan.

1. Menurunkan kadar gula darah didalam tubuh.

Gula (glukosa) di dalam tubuh memang sangat di butuhkan namun dalam jumlah yang cukup perharinya, jika jumlanya di dalam tubuh melebihi dari batas normal maka bisa memicu masalah kesehatan lainya seperti naiknya gula darah, diabetes, kencing manis, penyakit jantung dan lain-lain.

Untuk dari itu jika jumlah glukosa dalam darah meningkat salah satu cara untuk menurunkanya kamu bisa memanfaatkan tanaman sambung nyawa sebagai obat tradisional.

Pembuatan ramuanya cukup mudah, ambil  8 lembar daun sambung nyawa kemudian di rebus dengan tiga gelas air, tunggu hingga airnya berkurang paling tidak menyisakan satu gelas. Setelah itu saring dan airnya di minum selagi hangat secara rutin sehari 2 kali.

Baca juga : 

2. Daun dewa menurunkan kadar kolesterol.

daun sambung nyawa obat diabetes

Tak hanya diabetes saja, mengkonsumsi air rebusan daun dewa atau sambung nyawa juga dapat sekaligus menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Cara pengolahanya pun sama dengan nomor satu di atas di mana daun dewa di rebus kemudian di minum, atau dengan cara lainya yaitu di konsumsi secara mentah sebagai lalapan.

3. Melancarkan saluran kencing.

Manfaat tanaman sambung nyawa selanjutnya yaitu dapat melancarkan saluran kencing dengan cara memaksimalkan kinerja organ ginjal dalam memproses cairan metabolime yang sudah tidak lagi di gunakan menjadi urine. 

Sehingga dengan begitu penumpukan mineral garam pada kandung kemih dan saluran kencing dapat di cegah. Tak hanya itu saja daun sambung nyawa juga dapat berguna dalam mencegah peradangan serta pembentukan batu ginjal.

4. Tanaman sambung nyawa mengatasi kanker dan tumor.

Tanaman satu ini memang sudah sejak lama di gunakan oleh beberapa masyarakat dalam mencegah penyakit bebahaya seperti kanker. Terdapatnya beberapa senyawa pada kulit dan daun sambung nyawa yang mempunyai ke efektifitas dalam membunuh sel-sel berbahaya yang tubuh pada jaringan tubuh baik itu sel kanker ataupun tumor.

Namun kefektifitasnya masih perlu di uji lebih lanjut pada laboratorium terlebih lagi dengan jumlah kandungan yang terdapat di dalam tanaman satu ini.

5. Menstabilkan tekanan darah.

Mengkonsumsi daun dewa atau sambung nyawa secara rutin dapat berguna untuk menurunkan tekanan darah yang tidak normal dengan cara melancarkan peredaran darah ke jantung, menyingkirkan lemak kolesterol di dalam pembuluh darah, mencegah terjadinya pengumpalan sel darah merah serta mencegah penyempitan arteri.

Sehingga dengan lancarya aliran darah beberapa masalah seperti hipertensi, sakit kepala, serangan jantung dan stroke dapat terhindarkan.

6. Sambung nyawa meredakan demam.

Khasiat dari daun tanaman satu ini berikutnya ialah bisa diandalkan dalam meredakan demam yang sedang terjadi. 

Terdapatnya sifat antibakteri, antirandang dan ativirus dalam daun sambung nyawa yang dapat berguna untuk membasmi virus dan bakteri penyebab demam.

Baca juga :

Caranya cukup rebus 10 lembar daun sambung nyawa dengan 4 gelas air hingga mendidih atau air berubah warna kemudian di minum setiap beberapa jam sekali hingga demam berangsur berkurang.

7. Mengobati luka.

daun dewa obat luka
Daun tanaman satu ini juga bisa kamu gunakan untuk obat luka loh, seperti luka tertusuk paku, memar dan lecet dapat kamu atasi dengan mengoles daun pada area kulit. 

Penggunaan daun dewa pada luka berguna untuk mencegah iritasi, infeksi dan peradangan akibat kuman yang masuk ke kulit.

8. Tanaman sambung nyawa baik untuk pencernaan.

Mengkonsumsi daun sambung nyawa sebagai lalapan dapat berguna untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan loh. Tedapatnya kandungan serat serta kemampuan antibakteri, antiinflamasi dan antiradang pada daun tanaman yang dapat berguna untuk membunuh bakteri jahat di dalam usus kamu.

Sehinga dengan mengkonsumsi tanaman sambung nyawa dapat mencegah masalah sembelit, diare dan sakit perut.

9. Mengobati asam urat.

Bagian kulit dan daun sambung nyawa banyak di gunakan oleh beberapa masyarakat sebagai obat alami untuk meringankan gejala asam urat yang sedang melanda, bentuk pemanfaatanya yaitu hanya dengan merebus daun dan kulit batangnya yang kemudian di konsumsi hingga sembuh.

Belum di ketahui akan kebenaranya bahwa daun tanaman sambung nyawa dapat mengatasi masalah asam urat, namun di lihat dari kandunganya berupa antioksidan, sifat antiinflamasi serta antiradang sehingga dapat memungkinkan untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan pada area sendi yang terkena asam urat.

Baca juga :

Nah itulah beberapa manfaat dari tanaman sambung nyawa atau daun dewa untuk kesehatan.

Untuk efek samping dari penggunaan daun sambung nyawa belum di ketahui pasti, akan tetapi jika kamu mempunyai masalah kesehatan seperti ganguan hati dan sedang mengkonsumsi obat-obatan ada baiknya pertanyakan terlebih dahulu kepada dokter terhadap penggunaanya yang secara bersamaan.

Selain itu untuk tidak di konsumsi secara berlebihan pada ibu hamil atau sedang menyusui.

Cukup sampai di sini pembahasan tentang tanaman sambung nyawa.

Semoga menambah wawasan kamu.

Buka Komentar

0 Response to "Manfaat Tanaman Sambung Nyawa dan Cara Menggunakanya."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i