Simak 9 Manfaat Daun Sukun yang Harus kamu Tahu!

Manfaat daun sukun yang harus kamu ketahui.

manfaat daun sukun kering
Sumber foto : pixabay/daun sukun.
Sukun merupakan penyebutan untuk nama buah dari pohon Artocarpus altilis, berbatang tinggi serta berdaun lebar yang di selimuti bulu halus. Dibeberapa daerah Indonesia tanaman sukun biasa di sebut dengan nama kluih, kulur ataupun ketimbul, berbentuk bulat dengan getah putih yang lengket. Untuk kegunaan tanaman satu ini dapat dimanfaatkan bagian buah, getah dan daunya. Simak manfaat daun sukun.

Nah di kesempatan kali ini saya hanya akan membahas tentang manfaat daun sukunya saja sebagai obat tradisional dalam mengatasi beberapa penyakit.

Untuk pengolahan daun tanaman satu ini biasa diolah menjadi minuman teh atau di kenal rebusan daun sukun sebagai obat untuk dari dalam tubuh dan salah satu cara lain yaitu dengan menumbuknya hingga halus untuk pengobatan dari luar. 

Sedangkan untuk kandungan daun sukun mempunyai beberapa senyawa polifenol, kalium, riboflavin,  falvonoid, tannin, asam amino esensial, antioksidan, sitosterol serta asetilkolin yang tentunya dapat berguna untuk tubuh. Maka dari itu bagi kamu yang ingin mengetahui manfaat daun sukun simak lebih lanjut.

Manfaat daun sukun untuk kesehatan.

1. Daun sukun dapat dijadikan obat luka.

Manfaat dari daun pohon sukun yang pertama yaitu dapat kamu gunakan untuk obat alternatif dalam mengatasi luka pada kulit, seperti luka bakar, koreng, luka tertusuk paku, luka nanah, bisul dan memar.

Terdapatnya beberapa senyawa antioksidan seperti flavonoid, tannin serta beberapa kandungan lainya yang bersifat antibakteri, antiradang dan antiinflamasi sehingga dapat berguna untuk mencegah infeksi dan pembengkakan pada area kulit.

Baca juga :

2. Menurunkan kadar kolesterol.

Salah satu jenis kolesterol yang harus diwaspadai yaitu kolesterol LDL (low density lipoprotein) atau kolesterol jahat yang bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti serangan jantung, stroke dan hipertensi.

Nah untuk itu mungkin kamu bisa mencoba daun pohon sukun sebagai salah satu obat alami dalam mengatasi kolesterol yang berlebihan.

Biasanya daun sukun diolah dengan merebusnya menjadi teh yang kemudian di konsumsi secara rutin.

3. Manfaat daun sukun mengontrol gula darah.

daun sukun atasi diabetes
Sumber foto : pixabay.
Selain dapat berguna dalam menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh ternyata daun sukun juga bisa mengontrol gula darah yang berlebihan loh.

Terdapatnya kandungan antioksidan pada daun satu ini yang mampu merangsang pembentukan hormon insulin di dalam tubuh, insulin sendiri berguna untuk mengatur jumlah gula (glukosa) dalam darah, merubah gula menjadi energi serta berguna untuk pembentuk jaringan sel baru.

Maka dengan normalnya hormon insulin di dalam tubuh resiko penyakit seperti kencing manis dan diabetes dapat terhindarkan.

4. Mencegah batu ginjal.

Kesehatan organ ginjal harus terus dijaga, pasalnya organ satu ini perananya sangat penting dalam menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, mengatur sel darah merah, mengeluarkan racun serta menyaring zat-zat metabolisme yang sudah tidak di perlukan lagi menjadi urine.

Kamu bisa menggunakan manfaat daun sukun sebagai obat tradisional dalam menjaga kesehatan ginjal kamu loh.

Tak hanya itu saja mengkonsumsi teh daun sukun juga mampu mencegah penumpukan mineral garam yang mengendap sehingga resiko pembentukan batu ginjal tidak terjadi.

5. Manfaat daun sukun menjaga kesehatan jantung.

Salah satu ancaman yang sering menyerang organ jantung ialah penumpukan lemak kolesterol dan gula pada saluran pembulu darah. Sehingga hal tersebut akan membuat ganguan pada aliran darah menjadi tersumbat yang beresiko membuat jantung berhenti bergerak.

Seperti yang telah kita sebutkan tadi bahwa daun sukun mengandung senyawa antioksidan, flavonoid dan sitosterol yang mampu mengontrol gula darah dan kolesterol di dalam tubuh secara bertahap.

Cobalah untuk sesekali memanfaatkan daun sukun sebagai ramuan herbal teh dalam pencegahan penyakit jantung.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Daun sukun menangkal penyakit

Mengkonsumsi air rebusan daun sukun di ketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh kamu terhadap serangan beberapa penyakit, baik itu di sebabkan oleh karena virus, bakteri dan kuman.

Tak hanya itu saja daun sukun di klaim juga dapat mengurangi berbagai gejala alergi seperti gatal-galal pada kulit yang diakibatkan oleh serangga, makanan hingga dari lingkungan.

7. Daun sukun atasi asam urat.

Pengguan daun pohon sukun sebagai obat dalam mengatasi asam urat telah digunakan sejak lama oleh beberapa masyarakat yang jauh dari pusat kesehatan.

Mereka memanfaatkan tanaman satu ini dengan cara merebusnya yang kemudian air rebusan tersebut di minum dua kali sehari. 

Belum di ketahui pasti akan khasiat daun sukun dapat mengatasi masalah asam urat, namun dilihat dari kandungan berupa antioksidan dan sifat antiinflamasi, antiradangnya memang di klaim dapat mengurangi gejala pembengkakan area sendi serta mengurangi rasa sakit.

8. Mencegah kerusakan organ hati.

Manfaat daun sukun selanjutnya yaitu diketahui dapat mencegah kerusakan organ hati yang diakibatkan oleh zat-zat kimia seperti alkohol dan lainya yang masuk kedalam tubuh.

Kamu bisa mendapatkan khasiat daun sukun satu ini dengan menjadikanya ramuan teh rebus dan di konsumsi secara berkala.

9. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Mengkonsumsi air rebusan daun sukun juga diketahui dapat berguna dalam mengeluarkan zat-zat racun, kimia dan cairan metabolisme yang sudah tidak di butuhkan lagi oleh tubuh bersamaan dengan urin dan keringat.

Dalam kata lain daun sukun dapat membatu tubuh dalam melakukan proses detoksifikasi.

Baca juga :

Nah itulah beberapa manfaat daun sukun untuk kesehatan.

Efek samping penggunaan.

Untuk efek samping dari penggunaan daun sukun belum diketahui pasti, namun melihat dari beberapa kandungan yang terdapat di dalamnya sama seperti pada tanaman pada umunya kemungkinan daun sukun dapat menyebabkan efek sakit perut, ganguan cairan tubuh dan rasa mual.

Namun tenang saja jika kamu menggunakan daun sukun dalam batas wajar maka masih dikatakan aman.

Cukup sampai di sini dahulu pembahasan tentan manfaat daun sukun.

Buka Komentar

0 Response to "Simak 9 Manfaat Daun Sukun yang Harus kamu Tahu!"

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i