Simak 7 Manfaat Daun Sirsak dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

daun sirsak

Pemanfaatan daun sirsak tidak se-eksis buahnya, pasalnya pohon sirsak di budidayakan hanya untuk di ambil buahnya sebagai komersial, karena memang buahnya bayak yang menyukai. Terlebih lagi buah sirsak mempunyai rasa yang manis asam yang segar, selain itu buahnya mengandung tinggi akan kandungan senyawa senyantioksidan maupun serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Sedangkan pada bagian daun sirsak tidak banyak orang yang mengetahui bahwa dapat berkhasiat untuk mencegah beberapa penyakit berbahaya.

Beberapa pengolahan daun sirsak dapat berupa ramuan tradisional dengan di tumbuk daunya, ada yang di rebus dengan air serta adapun yang di ekstrak sarinya untuk di jadikan suplemen obat.

Kandungan daun sirsak.

Untuk kandungan dari pada daun sirsak di ketahui terdapatnya vitamin A, B dan C, Folat, mineral kalium, kalsium, tembaga, zat besi, magnesium, fruktosa dan protein, serta beberapa senyawa lain seperti steroid, antioksidan, alkaloid, saponin, tanin, flavonoid dan glikosida. Simak apa saja manfaat senyawa yang terkandung dari daun tanaman sirsak.

Baca juga :

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan.

1. Mengatasi masalah kolesterol.

Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang di butuhkan oleh tubuh, terbagi menjadi dua jenis yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HDL) yang berguna untuk pembentuk jaringan sel di dalam tubuh, melindungi saraf serta sebagai cadangan energi.

Akan tetapi jika jumlahnya melebihi dari batas normal untuk kolesterol jahat (LDL) dari kebutuhan harian tubuh dapat beresiko menimbulkan masalah kesehatan lain loh seperti hipertensi, gangguan masalah jantung, stroke dan obesitas.

Untuk itu adapun cara tradisional untuk mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh dengan menggunakan daun sirsak. 

Caranya rebus beberapa lembar daun sirsak dengan air kemudian di minum sehari sekali saat pagi hingga adanya tanda-tanda penurunan.

2. Daun sirsak mencegah penyakit kanker.

Sebuah penelitian yang di lakukan oleh Faculty of Biotechnology and Biomolecular Sciences, Universitas asal Putra Malaysia. Mengemukakan bahwa terdapat kandungan senyawa acetogenin pada tanaman satu ini yang di ketahui mampu memperi perlawanan terhadap sel kanker dan mencegahnya berkembang ketahap lanjut.

Dalam penelitian tersebut juga mengatakan bahwa ekstrak dari daun sirsak juga mampu melawan kanker payudara dan sekaligus meningkatkan sistem daya tahan tubuh.

3. Mengontrol gula darah didalam tubuh.

daun sirsak kontrol gula darah

Manfaat dari daun sirsak selanjutnya yaitu mempunyai kemampuan untuk mengurangi jumlah gula darah yang berlebihan di dalam tubuh dengan cara dengan membantu kerja hormon insulin untuk memproses gula (glukosa) menjadi energi harian.

Akan tetapi selama penggunaan daun sirsak untuk mengatasi gula darah ada baiknya kurangi mengkonsumsi makanan dan minuman manis agar hasil lebih maksimal.

4. Daun sirsak meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengkonsumsi air rebusan ataupun suplemen ekstak dari daun sirsak maka secara tidak langsung kamu akan mendapatkan khasiat lain yaitu meningkatnya sistem imun atau daya tahan tubuh menjadi lebih kuat terhadap beberapa serangan penyakit.

Hal tersebut didasari karena terdapatnya beberapa kandungan seperti vitamin dan senyawa antioksidan yang berperan dalam memperbaiki kerusakan sel dan menjaga agar tetap sehat.

5. Mengurangi malasah rematik. 

Rematik merupakan penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan pada area sendi. Beberapa bagian sendi yang sering mengalaminya yaitu lutut, pergelangan tangan dan kaki, jari-jari tangan dan kaki. Jika masalah tersebut terjadi maka menimbulkan rasa nyeri dan sakit pada area tersebut.

Nah untuk itu cobalah untuk mengkonsumsi daun sirsak dengan cara merebusnya, di ketahui terdapatnya beberapa senyawa seperti antiinflamasi dan lainya yang mampu mengurangi rasa nyeri akibat rematik dengan cara mengurangi hormon pembentuk rasa sakit dari dalam tubuh.

Tak hanya itu kandungan dari daun sirsak juga dapat meringankan masalah peradangan yang sedang terjadi.

6. Manfaat daun sirsak untuk saluran kencing.

Manfaat selanjutnya dari daun sirsak yaitu dapat melancarkan saluran kencing dan menyeimbangkan cairan di dalam tubuh.

Caranya rebus beberapa lembar daun sirsak kemudian di minum seminggu 3 kali untuk mencegah beberapa penyakit pada saluran kecing seperti batu ginjal, pengkristalan garam serta mencegah infeksi.

7. Mengatasi masalah hipertensi.

daun sirsak untuk atasi hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat terjadi dengan mudah pada pria dan wanita yang usianya di atas 25 tahun, penyebab hipertensi sendiri dapat di sebabkan beberapa hal namun yang pasti dapat di karenakan makanan dan pola hidup sebagai pemicu awal dari meningkatnya kadar kolesterol dan diabetes di dalam darah, sehingga hal tersebut dapat menyumbat aliran darah menjadi tidak lancar.

Baca juga :

Untuk hal itu jika kamu telah memeriksakan diri dan tekanan darah kamu di atas batas normal, cobalah untuk mengunakan daun sirsak untuk menurunkanya.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun sirsak untuk kesehatan yang harus kamu ketahui. Apakah ada efek samping dari penggunaanya?

Umunya selaga sesuatu akan mempunyai efek samping jika penggunaanya terlalu berlebihan, termasuk penggunaan dari pada daun sirsak itu sendiri. Maka dari itu ada baiknya stop penggunaan ekstrak dari tanaman sirsak apa bila masalah penyakit sudah mulai sembuh.

Beberapa efek samping yang memungkinkan terjadi dari mengkonsumsi daun sirsak ialah masalah pada organ hati, keracunan ginjal serta kerusakan pada sistem saraf. Namun hal tersebut dapat terjadi jika penggunaan yang terlalu keseringan atau berlebihan.

Cukup sampai di sini pembahasan tentang kandungan, manfaat dan efek samping dari daun sirsak.

Buka Komentar

0 Response to "Simak 7 Manfaat Daun Sirsak dan Efek Sampingnya bagi Kesehatan"

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i