Ini dia Manfaat Biji Sirsak dibalik Racun untuk Tubuh.

Manfaat dibalik biji sirsak yang beracun.

manfaat dari biji sirsak yang beracun
Bagaimana jika lagi asik-asik makan buah sirsak tanpa sengaja tertelan bijinya, dan apa yang harus di lakukan? Tenang kamu tak usah terlalu khawatir, walau biji sirsak dikategorikan beracun untuk tubuh namun dalam jumlah sedikit masih dikatakan aman.

Terlebih lagi jika kamu tanpa sengaja menelan bijinya secara bulat-bulat maka akan sulit untuk hancur di dalam pencernaan dan akan terbuang keluar bersamaan dengan kotoran, hal baik yang bisa kamu lakukan ialah perbanyak konsumsi air putih dan makan buah-buahan. Ini berguna untuk memepercepat pembentukan feses.

Walau daging buah sirsak mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan, namun kamu harus tetap berhati-hati saat mengkonsumsinya. Biji buah sirsak yang berwana hitam mengandung senyawa yang di katakan bioaktif, berupa alkaloid annonaine dan acetogenins. Salah satu dari bebepa zat yang bisa di gunakan sebagai pestisida nabati.

Namun kamu jangan terlalu berfikir bahwa biji sirsak yang mengandung racun tidak bermanfaat untuk manusia. Bji sirsak tetap bisa bermanfaat namun setelah di lakukan ekstrasi yang tentunya digunakan untuk luar tubuh.

Beberapa sebagian orang terkadang memanfaatkan biji tanaman sirsak sebagai bahan obat Vermifuges, pembersih kulit serta racun untuk membunuh serangga seperti kecoa dan lainya.

Nah untuk itu simak beberapa manfaat dari biji sirsak yang terbilang beracun untuk manusia.

1. Membasmi Kutu Rambut.

Kamu bisa memanfaatkan biji sirsak untuk membasmi kutu rambut, ketimbang menggunakan obat instan yang mungkin saja tidak cocok dengan rambut kamu.

Selain itu penggunaan dari biji tumbuhan juga terbilang aman dari yang namanya efek samping dan ramah lingkungan. 

Cara mengolahnya siapkan beberapa butir biji sirsak kemudian giling atau tumbuk sampai halus lalu beri sedikit air. Usapkan ke rambut kepala dan diamkan lebih kurang selama 15 menit.

Setelah itu cuci dengan air mengalir sampai bersih, agar hasil lebih maksimal dan telur kutu bisa hilang seutuhnya ada baiknya lakukan selama 2 kali seminggu hingga bersih.

Baca juga :

2. Racun Serangga.

Biji sirsak terbilang efektif dalam membunuh beberapa serangga seperti kecoa, laba-laba dan semut.

Cara menggunakanya yaitu haluskan biji sirsak hingga menjadi bubur kemudian campurkan dengan air, diamkan semalaman lalu esoknya baru bisa digunakan.

Racun serangga satu ini bisa kamu semprotkan ke area sela-sela yang terdapat persembunyian serangga seperti di WC, dapur dan belakang lemari.

3. Obat-obatan.

Ekstrak dari biji sirsak sedang di uji dan digunakan oleh ahli farmasi untuk di teliti lebih lanjut, karena beberapa kandungan yang terdapat pada biji tanaman satu ini di klaim mampu menjadi obat aborsi.

Namun belum di ketahui secara pasti terhadap kefektivitasnya serta terlebih lagi apa efek samping yang akan timbul.

4. Pestisida Ramah Lingkungan.

Pemanfaatan biji sirsak selanjutnya yaitu dapat kamu gunakan untuk obat pestisida yang alami dan tentu saja aman untuk lingkungan.

Kamu bisa menggunakanya untuk membunuh serangga kecil pemakan tumbuhan kebun kamu, cara menggolahnya, tumbuk halus biji sirsak kemudian rendam beberapa hari bersamaan dengan kulit bawang.

Setelah itu baru digunakan sebagai obat pestisida tanaman.

Nah itulah beberapa manfaat dari biji sirsak di balik racun bagi manusia.

Mungkin kalian ada yang bertanya-tanya apa sih efek samping jika menelan biji dari buah sirsak? Biji sirsak mengandung alkaloid yang cukup tinggi, jika dalam jumlah berlebihan terkonsumsi bisa menyebabkan mual, muntah dan mielosupresi. Untuk itu berhati-hatilah mengkonsumsi buahnya agar tidak tertelan bijinya.

Cukup disini pembahasanya, semoga bermanfaat.

Baca juga :

Buka Komentar

0 Response to "Ini dia Manfaat Biji Sirsak dibalik Racun untuk Tubuh."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i