11 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Mata dari Healty99.

Simak cara mudah menjaga kesehatan mata.

menjaga kesehatan mata dengan mudah
Sumber foto : pixabay.
Mata adalah salah satu dari 5 organ indra tubuh yang berguna sebagai penglihatan dalam mengumpulkan informasi dari sekeliling atau sekitar. Maka dari itu organ satu ini harus kamu lindungi kesehatan, pasalnya jika tidak di jaga daya penglihatan akan semakin berkurang dan timbul beberapa masalah kesehatan mata seperti gatal-gatal, perih, buram, rabun hingga katarak.

Untuk itu simak berikut ini cara mudah untuk menjaga kesehatan mata.

1. Pemakaian Kosmetik.

Nah bagi kamu yang hobi berias ada baiknya alat-alat kosmetik sudah cukup bersih dan makeup belum memasuki masa kadarluarsa.

Pastikan berhati-hati saat merias area mata baik itu alis, bulu mata dan sekitar kelopaknya agar tidak masuk mengenai mata.

Jika akan tidur baiknya membersihkan makeup dan peralatanya agar tidak kotor sehingga tidak menjadi sarang kuman atau bakteri.

2. Hindari Menatap Cahaya yang Terang.

Cahaya yang terlalu terang akan membuat mata menjadi silau dan berpengaruh terhadap perubahan pupil secara otomatis, dari yang membesar langsung mengecil akibat cahaya yang masuk dan ditangkap mata terlalu banyak. Kejadian seperti ini jika berulang akan mengakibatkan mata mudah merasa lelah.

Selain itu bagi kamu yang bekerja dibidang pengelasan, harap selalu menggunakan pelindung mata dan muka, karena cahaya yang dihasilkan dari pengelasan secara spontan bisa membuat mata menjadi perih, sakit dan kemerahan.

3. Berhati-hati Menggunakan Lensa Mata.

Tidak ada yang melarang siapapun untuk menggunakan lensa mata, namun bukan bearti siapa saja dapat dengan mudah mengonta-ganti lensa mata.

Kamu harus lebih ekstra berhati-hati dalam memakainya, pasalnya aksesoris satu ini akan mengenai secara langsung dengan lapisan kornea bola mata kamu. 

Terlebih lagi perhatikan kebersihan mulai dari tangan dan alat-alat yang digunakan untuk memasang lensa kontak.

Ada pun baiknya melepas lensa kontak saat akan tidur dan jangan sembarang membeli lensa kontak yang tidak jelas merknya, karena beberapa kasus pernah tercatat masalah irtasi mata akibat dari kualitas barang serta kehiginisan saat pemakaian.

4. Hindari Asap.

Asap hasil dari pembakaran membawa sejumlah karbon yang tentunya dapat mengancam kesehatan mata karena bisa menyebabkan iritasi, mata perih, kemerahan dan berair.

Untuk itu jauhi pusat yang terdapat banyak asap dan segera berlari, baik itu dari asap pembakaran, polusi kendaraan dan rokok.

Nah bagi kamu yang hobi ngerokok mulai sekarang kurangi ya karena kegiatan satu ini berpotensi memicu penyakit katarak di kemudian hari.

5. Kurangi Bergadang.

Bergadang membuat tubuh terus terjaga, hal ini jika di lakukan secara terus menerus dapat memicu beberapa masalah kesehatan termasuk mata.

Organ mata juga memerlukan waktu untuk istirahat jika dipaksakan maka akan menyebabkan sulitnya mata untuk fokus menangkap bayangan, rasa kantuk, mata memerah serta warna hitam disekitar mata.

6. Batasi Menatap Layar Ponsel atau Laptop.

Untuk kamu yang berkerja di depan komputer atau laptop jangan terlalu memaksakan diri, cobalah alihkan pandangan kamu ke sekeliling tempat ruang kerja setiap 20 menit sekali selama 20-30 detik, hal ini guna untuk menjaga penglihatan jauh dekat.

Selain itu menatap layar yang terlalu lama dan didalam gelap bisa menyebabkan penglihatan mata menjadi kabur hingga pusing.

7. Kontrol Darah.

Jika punya waktu luang sempatkanlah untuk mengontrol darah dan melihat kadar gula darah, tensi dan kolesterol.

Pasalnya kolesterol dan gula darah bisa menyebabkan masalah kesehatan pada mata yang berujung katarak hingga kebutaan, walau jarang terdengar namun bukan menutup kemungkinan tidak bisa terjadi.

Maka dari itu cobalah cek darah agar semua bisa terkontrol.

8. Konsumsi Makanan yang Sehat.

Rutinlah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung omega-3, lutein, zinc, dan vitamin A, C, E, nutrisi tersebut terbukti baik untuk mata kamu.

Kamu bisa mendapatkan gizi tersebut pada beberapa sayuran harian yang kamu konsumsi dan buah-buahan seperti pepaya, alpukat pisang dan masih banyak lagi.

9. Gunakan Pelindung Mata Saat Berpergian.

Saat berpergian menggunakan kendaraan khusunya sepeda motor, gunakan pelindung menyeluruh kepala hingga mata.

Hal ini berguna untuk mencegah benda asing masuk kemata seperti debu, kuman hingga serangga kecil.

10. Atur Cahaya Ruangan.

Atur posisi cahaya yang tepat dengan menggunakan bohlam lampu yang sesuai dan tidak menyilaukan mata, usahakan penerangan cukup untuk membaca buku dan menulis.

Selain itu ada baiknya untuk mengurangi intensitas penerangan saat akan tidur, mengapa? Jika penerangan terlalu berlebihan mata masih bisa menangkap cahaya yang menembus melewati kelopak mata, itulah mengapa terkadang ada orang yang merasa masih kantuk atau lelah saat bangun pagi karena tidak terbiasa.

11. Cek Kesehatan Mata.

Bagi kamu yang mempunyai masalah kesehatan mata atau ada keluhan cobalah untuk dilakukan pemeriksaan ke dokter, hal ini berguna untuk melihat apakah adanya gangguan terhadap bola mata.

Selain itu pemeriksaan ini juga dapat megetahui apakah mata kamu terkena mengalami minus atau plus sehingga jenis lensa kaca mata apa yang cocok untuk kamu pakai.

Pengecekan dapat dilakukan sekitar tiga hingga lima tahun sekali, terutama untuk orang yang berumur diatas 40 tahun.

Nah itulah beberapa cara untuk mencaga kesehatan mata.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i