Daun Srikaya, Ketahui dulu Manfaat dan Efek Samping dari Penggunaanya.

manfaat daun srikaya dan efek sampingya.

Manfaat daun srikaya untuk kesehatan
Srikaya Annona squamosa merupakan tanaman yang hidup pada kawasan beriklim tropis seperti Asia dan Amerika Selatan. Tanaman satu ini di budidayakan untuk di ambil buahnya dan di komersilkan, buah srikaya memang kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Akan tetapi yang akan kita bahas disini ialah tentang manfaat daun srikaya untuk kesehatan.

Pemanfaatan daun srikaya sebagai obat tradisional masih belum banyak yang mengetahui dan jarang yang menggunakanya. Walau daunya kalah populer dari pada buahnya namun daun srikaya mampu memberi manfaat yang baik untuk kesehatan si pemakainya.

Sedangkan untuk kandungan daun srikaya secara garis besar diketahui mempunyai beberapa senyawa layaknya pada tanaman pada umum seperti alkaloid, tannin, flavonoid namun adapun beberapa kandungan lain yang mampu bersifat antioksidan dan antidiare. Untuk itu kamu harus tahu khasiat dari daun srikaya.

Berikut ini beberapa manfaat daun srikaya untuk kesehatan.

1. Meredakan Nyeri Sendi.

Manfaat daun srikaya pertama yaitu diklaim mampu meredakan nyeri dan rasa sakit pada sendi yang diakibatkan pembengkakan atau peradangan.

Hal tersebut didasari dengan terdapatnya kandungan pada daun tanaman yang bersifat antiinflamasi, antiradang serta analgesik, sehingga mempunyai kemampuan dalam mengurangi rasa sakit atau nyeri pada sendi.

Cara mendapatkan manfaatnya yaitu dengan merebus daun srikaya dan kemudian diminum secara berkala sebagai obat alternatif.

2. Menstabilkan Kadar Gula Darah.

Hasil dari pada sebuah studi penelitian terhadap ekstrak daun srikaya mampu mengurangi jumlah kadar gula darah yang berlebihan dalam tubuh.

Selain itu adapun berupa kandungan bersifat antioksidan yang berperan secara tidak langsung dalam menghambat produksi dari radikal bebas intraseluler terkait masalah diabetes.

Untuk itu dengan mengkonsumsi daun tanaman srikaya diklaim mampu mengurangi jumlah gula (glukosa) darah yang berlebihan dan mengontrolnya agar tetap stabil.

Baca juga :

3. Mengurangi Jumlah Kolesterol.

Manfaat daun srikaya untuk kolesterol
Manfaat daun srikaya berikutnya yaitu di ketahui mampu mengurangi jumlah kolesterol di dalam tubuh. Terutama kolesterol jahat dan lemak trigliserida.

Dengan berkurangnya jumlah kolesterol jahat dan lemak trigliserida pada saluran pembuluh darah mampu mencegah seseorang dari penyakit jantung dan stroke.

Cara mendapatkanya kamu hanya perlu mengkonsumsi air rebusan daun srikaya secara rutin dan teratur, namun yang perlu kamu ingat ialah kemampuan daun satu ini dalam mengurangi jumlah kolesterol tidak secepat dan seampuh obat-obatan ataupun beberapa tanaman herbal lainya

4. Diklaim Mampu Mengeluarkan Racun.

Kemampuan dari daun srikaya selanjutnya yaitu mampu membantu tubuh dalam memproses cairan metabolisme.

Sehingga secara tidak langsung dengan mengkonsumsi air rebusan daun tanaman srikaya dapat berguna untuk membantu tubuh dalam melakukan detoksifikasi, termasuk dalam mengeluarkan racun, beberapa zat kimia, kelebihan mineral garam, melancarkan saluran kencing serta berperan dalam menyeimbangkan cairan.

5. Mencegah Kerusakan Sel.

Manfaat daun srikaya dalam mencegah terjadinya kerusakan jaringan sel di dasari dengan terdapatnya beberapa kandungan yang bersifat antioksidan di dalam tubuh.

Antioksidan sendiri dalam tubuh berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan jaringan sel lebih parah, baik itu akibat dari paparan radikal bebas, polusi, asap rokok, alkohol.

Namun penggunaan daun srikaya untuk tubuh belum di ketahui ke efektivitasnya terhadap manusia, kemampuan tersebut hanya berdasarkan kandungan yang terdapat pada daun, terlebih lagi belum ada kepastian terhadap jumlah dosis atau takaran dalam pemakaian.

6. Menjaga Kesehatan Jantung.

Seperti yang kita sebutkan sebelumnya bahwa daun srikaya mempunyai kemampuan dalam mengurangi jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh yang salah satunya bisa menyebabkan penyakit kardiovaskular.

Kardiovaskular sendiri adalah penyakit jantung yang mencakup mulai dari pembuluh darah, pembekuan darah, serta beberapa gangguan lainya pada aliran darah.

Nah kemampuan daun srikaya dalam menjaga kesehatan jantung ialah mengurangi jumlah kolesterol yang menumpuk pada saluran pembuluh darah dan mencegah terjadinya penyumbatan.

Sehingga tak hanya menyehatkan jantung saja, beberapa masalah seperti tekanan darah tinggi dan stroke dapat di cegah lebih awal.

7. Mencegah Penyakit Kanker.

Manfaat daun srikaya selanjutnya yaitu di klaim mampu mencegah penyakit kanker, kemampuan tersebut di ketahui terdapatnya beberapa kandungan yang bersifat antioksidan yang mampu meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Dengan meningkatnya sistem imun (pertahanan) maka tubuh dapat melawan serangan penyakit berbahaya termasuk dalam mencegah tumbuhnya kanker pada jaringan sel sehat dalam tubuh.

Namun penggunaan daun srikaya untuk mencegah kanker belum teruji secara langsung dan masih perlu penelitian lebih lanjut terhadap dampak yang akan di berikan nantinya.

Baca juga :

8. Bersifat Relaxasi.

Daun srikaya obat diabetes
Mengkonsumsi air rebusan daun srikaya di ketahui dapat memberi efek menenangkan dan merelaksasi otot, hal tersebut di ketahui karena daun tanaman satu ini mempunyai kemampuan hampir sama dengan obat antispasmodik.

Tak hanya itu saja mengkonsumsi daun srikaya juga di ketahui mampu mengurangi rasa sakit dan kram pada perut.

9. Mengatasi Disentri.

Jika kamu sedang mengalami sakit perut, diare, dan rasa tidak nyaman pada perut cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan daun srikaya.

Daun srikaya mempunyai kemampuan dalam membunuh beberapa bakteri yang terbawa masuk kedalam pencernaan bersamaan makanan.

10. Membunuh Jamur.

Daun srikaya mempunyai kemampuan untuk mencegah beberapa pertumbuhan jamur, kamu bisa menggunakan manfaat satu ini untuk membersihkan tubuh kamu dari jamur yang menyebabkan bau badan.

Cobalah gunakan air rebusan daun srikaya saat mandi.

Nah itulah beberapa manfaat daun srikaya untuk kesehatan.

Perlu kamu ingat bahwa pemanfaatan daun tanaman srikaya untuk manusia belum teruji sepenuhnya, sehingga sehingga masih perlu pengujian klinis terhadap khasiatnya.

Ada baiknya kamu perhitungkan terlebih dahulu sembelum menggunakan daun tanaman satu ini sebagai obat ataupun untuk penggunaan jangka panjang. Jika kamu ragu cobalah untuk konsultasikan ke dokter kepercayaan kamu atau ahli farmasi kandungan tanaman.

Efek Samping Daun Srikaya.

Walaupun mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan bukan menutup kemungkinan bahwa tanaman satu ini tidak mempunyai efek samping.

Daun srikaya di ketahui mengandung beberapa senyawa yang bersifat racun pada tubuh yang tentunya jika penggunaan jangka panjang bisa menimbulkan efek samping negatif untuk kesehatan.

Terdapatnya senyawa annonacin pada tumbuhan srikaya yang jika di konsumsi dalam jangka panjang mampu mengganggu fungsi saraf tubuh dan otak, walau kadar kandunganya tidak banyak namun hal ini bisa memicu secara lambat laun.

Semua kembali lagi kepada kamu akan kepercayaan terhadap penggunaan obat herbal dari tanaman. Sekian dulu pembahasan tentang manfaat daun srikaya.

Semoga menambah pengetahuan kamu.

Buka Komentar

0 Response to "Daun Srikaya, Ketahui dulu Manfaat dan Efek Samping dari Penggunaanya. "

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i