13 Manfaat Lidah Buaya untuk Luar dan Dalam Tubuh.

Ketahui manfaat lidah buaya (Aloe vera) untuk tubuh.

Lidah buaya obat herbal
Sumber foto : pixabay/aloe vera.

Lidah buaya (Aloe vera) merupakan jenis tanaman yang menyimpan cadangan air pada tangkai dan daunya layaknya tanaman sukulen, dan biasa di tanam sebagai tanaman hias di samping rumah.

Tanaman lidah buaya (aloe vera) sudah terkenal akan khasiatnya untuk kesehatan, pemanfaatanya pun tak sebatas hanya sebagai obat herbal saja, kini tanaman satu ini banyak di budidayakan untuk di olah menjadi bahan kosmetik dan minuman.

Manfaat lidah buaya atau (aloe vera) untuk kesehatan.

Tahu kah kamu lidah buaya mengandung nutrisi utama vitamin B12, asam folat, dan kolin, serta beberapa kandungan lainya berupa mengandung 8 jenis enzim, yaitu aliiase, alkaline phosphatase, carboxypeptidase, katalase, selulase, lipase, amylase, bradykinase, dan peroksidase.

Nah untuk itu simak apa saja manfaat lidah buaya (Aloe vera) untuk kesehatan.

Manfaat lidah buaya untuk tubuh.

1. Melancarkan Sistem Pencernaan.

Khasiat lidah buaya (Aloe vera) yang pertama yaitu bisa kamu gunakan untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Sebab daun tanaman satu ini mempunyai kandungan antrakuinon yang mampu bersifat antibakteri, antiinflamasi, antijamur, antioksidan serta dapat menjadi obat pencahar alami dalam mengatasi masalah sembelit atau konstipasi.

Kamu bisa menggunakan manfaat daun lidah buaya (Aloe vera) dengan cara mencampurnya ke minuman segar untuk mengatasi masalah pencernaan.

Baca juga :

2. Menyembuhkan Luka Bakar.

Tanaman lidah buaya bisa kamu gunakan sebagai obat alami untuk mengobati luka bakar agar cepat sembuh.

Ekstak gel atau lendir lidah buaya dipercaya mampu mendinginkan kulit yang terkena panas, mempercepat proses pembentukan sel kulit baru, meredakan rasa perih, mencegah infeksi serta menyamarkan warna kulit.

Gunakan tanaman satu ini sebaik mungkin dan jangan terlalu berlebihan, jika terlalu berlebihan bisa membuat luka yang sudah mengering menjadi basah kembali.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah.

lidah buaya obat diabetes

Manfaat lidah buaya (Aloe vera) selanjutnya yaitu mampu menurunkan kadar gula darah yang berlebihan dalam tubuh.

Sebuah hasil dari penelitian megemukakan bahwa manfaat dari mengkonsumsi daun lidah buaya sekitar dua sendok makan setiap hari selama sekitar 14 hari menunjukan adanya penurunan kadar gula darah pada pengidap diabetes.

Selain itu kandungan yang terdapata pada tanaman lidah buaya di klaim mampu merangsang kinerja hormon insulin dalam tubuh untuk mengatur keseimbangan gula (glukosa) darah.

4. Mengobati Masalah Sariawan.

Kalau kamu sedang mengalami masalah sariawan cobalah untuk menggunakan lendir lidah buaya untuk mengobatinya.

Mengoleskan gel lidah buaya (Aloe vera) pada sariawan dipercaya mampu mempercepat penyembuhannya luka.

Walau ke efektivitasnya tidak sebaik obta-obatan yang berada di apotek namun kamu bisa menggunakanya sebagai bahan yang murah meriah.

5. Sumber Asupan Vitamin C.

Manfaat lidah buaya selanjutnya ialah sebagai asupan nutrisi yang baik untuk kesehatan, bagian daging daun tanaman mengandung banyak nutrisi dan mineral yang salah satu utamanya yaitu vitamin C dan antioksidan.

Antioksidan dan vitamin C yang dalam jumlah cukup dalam tubuh mampu berguna untuk menjaga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat serta mencegah berbagai infeksi dan peradangan.

Kamu bisa mengolahnya dengan membuat minuman segar dari daun lidah buaya, namun jangan terlalu berlebihan ya. 

Baca juga :

6.  Mengatasi Masalah Jerawat dan Bisul.

daun lidah buaya untuk kecantikan
Sumber foto : pixabay.
Ekstrak dari gel lidah buaya dapat berguna untuk mengatasi sekaligus mengobati masalah jerawat pada kulit wajah.

Beberapa kandungan yang tedapat di dalam daun di antaranya mampu bersifat antibakteri, antiinflamasi serta antiradang, yang mana hal tersebut dapat berguna untuk melawan bakteri penyebab jerawat dan bisul, mencegah pembengkakan dan meradang, serta mempercepat penyembuhan.

Caranya mendapatkan manfaat daun lidah buaya (Aloe vera) untuk mengatasi jerawat cukup oles gel atau lendir lidah buaya pada area kulit yang bermasalah, lakukan beberapa kali jika sudah mengering. 

7. Mengatasi Masalah Gerd.

Gerd adalah masalah pada saluran pencernaan dimana sering menimbulkan reaksi mual, muntah serta rasa perih dan nyeri pada ulu hati.

Nah hasil dari pada sebuah penelitian pada tahun 2010 mengemukakan bahwa dengan mengkonsumsi lidah buaya mampu mengurangi gejala Gerd secara signifikan.

Manfaat lidah buaya untuk kulit.

8. Merawat Kesehatan Kulit.

Manfaat lidah buaya (Aloe vera) untuk kulit, satu ini pasti kamu sudah mengetahuinya. 

Yap hanya dengan mengoles gel daun lidah buaya kearea kulit dapat memberi manfaat baik diantaranya menghilangkan kerutan wajah, melembabkan kulit, menyamarkan noda tidak rata, menghilangkan bekas luka jerawat, mengembalikan tekstur kulit wajah dan masih ada banyak lagi.

Kamu bisa menggunakan secara rutin untuk menutrisi kulit dari luar tubuh.

9. Meredakan Rasa Nyeri.

Kamu bisa menggunakan daun lidah buaya untuk meredakan rasa nyeri pada sendi akibat terkilir, memar dan bengkak.

Sensasi dingin yang di timbulkan dari daun mampu mengurangi rasa sakit dan bengkak dari luar tubuh,  cukup jadikan daun lidah buaya sebagai kompres pada aera yang bermasalah.

10. Mecegah Peradangan pada Gusi


Mengkonsumsi minuman yang mengandung lidah buaya dipercaya mampu meredakan sekaligus mencegah peradangan yang terjadi pada area gusi.

Manfaat lidah buaya (Aloe vera) dalam menjaga kesehatan gusi karena kandunganya yang bersifat antimikroba dan antibakteri sehingga dapat berguna untuk membunuh kuman pada area mulut.

Baca juga :

11. Baik Untuk Rambut.

Gunakan daun lidah buaya pada rambut kepala kamu maka akan mendapatkan khasiatnya.

Menggunakan lidah buaya pada rambut mampu menutrisi dari luar, mencegah kerontokan, memperlebat rambut, memperkuat dari akarnya serta menjaga kelembabanya.

Cobalah untuk menggunakanya seminggu 2 atau 3 kali dan lihat perobahanya.

12. Mengobati Gejala Demam.

Terdapatnya beberapa kandungan di dalam daun lidah buaya yang bersifat antiinflamasi, antipiretik, atibakteri serta antiradang yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan kuman, virus dan patogen lainya penyebab timbulnya masalah demam.

Cobalah untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung ekstrak daun lidah buaya saat gejala demam mulai timbul.

13. Berpotensi Melawan Sel Kanker.

Menurut hasil sebuah penelitian dari Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine mengemukakan bahwa daun lidah buaya berpotensi dapat memperlambat pertumbuhan kaker payudara pada wanita.

Namun sayangnya belum di ketahui pasti berapa jumlah yang pasti dan dosis pemakaian dari ekstrak tanaman satu ini.

Nah itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

Penggunaan obat-obatan herbal memang sekarang lebih banyak digandrungi, selain ramah lingkungan dapat juga memberi pengalam tersendiri bagi seseorang, namun tentu saja penggunaanya pun harus di perhatikan.

Efek samping daun lidah buaya (Aloe vera).

Beberapa efek samping yang akan timbul jika terlalu banyak mengkonsumsinya ialah memungkinkan sakit perut, gangguan pencernaan, gangguan cairan tubuh dan alergi.

Untuk itu ada baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kepercayaan kamu terhadap jika di konsumsi secara berkala atau digunakan bersama obat-obatan lain dan riwayat penyakit.

Cukup sampai disini pembahasan tentang manfaat lidah buaya.

Semoga menambah pengetahuan kamu.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i