Ketahui Manfaat Daun Saga dan Efek Sampingya bagi Tubuh.

Ketahui manfaat daun saga dan efek sampingya.

cara menggunakan daun saga
Sumber foto : istockphoto.
Manfaat daun saga banyak yang belum mengetahuinya, untuk itu terkadang tanaman satu ini hanya dianggap sepele sebagai pohon biasa.

Dengan nama latin Abrus precatorius pohon sage biasa tubuh di semak blukar, kebun, sekitar lingkungan hingga hutan, adapun yang menanamnya untuk di jadikan tanaman perkarangan. Sekilas daunya mirip seperti daun kelor dengan tumbuh menyirip, mempunyai buah alias biji keras berwarna merah.

Untuk pemanfaat tanaman satu ini terletak pada daun dan bijinya, daun saga bisa di jadikan obat tradisional dan sedangkan bijinya lebih banyak di bikin hiasan atau aksesoris.

Daun saga mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh berupa vitamin B6 dan C, saponin, flavonoid, tanin, alkaloid, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid dan pentosan. 

Berikut ini beberapa manfaat daun saga untuk kesehatan.

Namun sebelum itu kamu harus berhati-hati dalam penggunaanya dan jangan terlalu berlebihan, pasalnya tanaman satu ini mengandung senyawa yang bersifat toxic bagi tubuh, terutama yang paling kuat ada pada bijinya.

Beberapa manfaat daun saga.

1. Mengatasi Gejala Batuk.

Batuk merupakan reaksi tubuh untuk mengeluarkan benda asing atau patogen yang masuk kedalam tenggorokan, adapun karena lainya yaitu infeksi kuman dan virus yang menyebabkan peradangan pada saluran pernapasan.

Nah untuk itu mengkonsumsi ekstrak dari daun saga diklaim mampu mengurangi gejala batuk dan mempercepat penyembuhan akibat infeksi.

Namun demikian belum ada pemberitahuan medis terhadap penggunaan tanaman daun saga sebagai obat batuk, terlebih lagi pada anak-anak. Penggunaanya khasiatnya hanya diberitakan secara turun-menurun oleh beberapa masyarakat.

Baca juga : 

2. Obat Mencegah Malaria.

Malaria adalah salah satu dari penyakit disebabkan oleh parasit Plasmodium yang masuk kedalam tubuh akibat gigitan nyamuk atau luka yang dihinggapi.

Parasit tersebut akan masuk ke pembuluh darah dan paling sering menginang pada organ hati, jika dibiarkan maka akan menyebabkan kerusakan organ lainya.

Untuk itu kandungan dari daun saga seperti alkaloid, saponin, flavonoid dan beberapa sifat seperti antioksidan dan antimikroba diklaim mampu mencegah terjadinya infeksi parasit dan lainya di dalam tubuh.

Selain itu senyawa tersebut juga dikaim mampu mencegah berkembang biaknya parasit didalam tubuh. Akan tetapi ke efektivitasan daun saga belum di ketahui pasti seberapa kuat terlebih lagi berapa jumlah yang harus dipakai, pasalnya tanaman satu ini mempunyai efek samping.

3. Mengatasi Masalah Diare.

daun saga atasi diare

Diare merupakan masalah pada bagian pencernaan dapat di sebabkan oleh kuman atau virus yang terbawa oleh makanan kedalam tubuh dan menimbulkan reaksi sakit perut serta keram.

Jika sudah begitu cobalah untuk menggunakan daun saga sebagai obat herbal, caranya cukup rebus beberapa tangkai daun saga dengan air 1 gelas kemudian minum, sifat anti mikroba pada daun tanaman di ketahui mampu membunuh kuman penyebab sakit perut.

4. Atasi Demam.

Manfaat daun saga selanjutnya yaitu di ketahui bisa menjadi obat untuk meredakan gejala demam.

Beberapa penyebab utama demam ialah adanya infeksi bakteri dan virus di dalam tubuh, sehingga tubuh melakukan perlawanan dengan di tandainya reaksi suhu tubuh meningkat.

Nah untu itu penggunaan manfaat daun saga sebagai obat tradisional telah di lakukan sejak lama, terutama dalam pengobatan cina.

Cara pengolahanya yaitu dengan membuat daun saga menjadi ekstrak teh yang kemudian di minum sebanyak dua kali sehari saat demam.

Baca juga :

5. Meringankan Gejala Flu, Pilek dan Meriang.

Flu dan pilek adalah gejala yang timbul akibat adanya infeksi virus pada saluran pernafasan, sehingga membuat seseorang sering bersin dan batuk.

Nah kemampuan dari daun saga yang bisa mencegah infeksi bisa kamu gunakan untuk mengobati dan mencegah masalah flu ataupun lainya.

6. Dapat Digunakan untuk Merawat Rambut.

Manfaat daun saga berikutnya yaitu bisa kamu gunakan untuk merawat rambut kepala.

Caranya haluskan biji dan daun saga dengan cara di tumbuk kemudian beri sedikit air rendaman beras, setelah itu basuhkan ke rambut dan diamkan beberapa menit.

Perlakuan rambut dengan cara satu ini sering di gunakan oleh beberapa masyarakat di Indonesai dalam merawat rambut karena di percaya bisa menjaga kekuatan serta mencegah kerontokan.

7. Mengatasi Gatal Pada Kulit.

manfaat daun saga atasi gatal-gatal
Sumber foto : istockphoto.
Beberapa reaksi alergi dan gatal pada kulit baik itu karena serangga atau tanaman bisa kamu gunakan daun saga untuk mengurangi gejalanya.

Cukup ambil daun saga kemudian tumbuk hingga halus lalu balurkan sambil di gosok ke area kulit yang terdapat gatal.

Manfaat daun saga dan efek sampingnya.

8. Mengobati Sariawan.

Sariawan memang menganggu terlebih lagi saat akan makan dan berbicara di depan orang, rasa sakit yang timbul sehingga membuat tidak nyaman di area mulut.

Tanaman saga di klaim mampu mengatasi masalah sariawan dalam beberapa hari kedepan dan diklaim mampu mempercepat penyembuhan luka.

Cara membuatnya rebus daun saga mengunakan air lalu di pakai untuk obat kumur-kumur, kalau bisa lakukan secara rutin agar sariawan dapat lebih cepat sembuh.

Baca juga :

9. Kemampuan Dalam Melawan Bakteri.

Dalam sebuah penelitian terhadap ekstrak dari daun saga mempunyai kandungan yang bersifat ampuh dalam membunuh bakteri, sehingga baik untuk digunakan pada luar tubuh.

Nah itulah beberapa manfaat daun saga untuk kesehatan.

Penggunaan tanaman sebagai obat tradisional atau herbal sebenarnya sah-sah saja jika masih dalam batas wajar, sama halnya dengan penggunaan terhadap daun saga yang kita bahas. Namun perlu kamu ingat bahwa tanaman satu ini juga memiliki senyawa yang bersifat toxin bagi tubuh.

Daun saga mempunyai kandungan senyawa abrin yang berbahaya jika di konsumsi oleh tubuh, kadar abrin paling banyak terletak pada bagian bijinya. Sedangkan daunya mempunyai juga namun dengan jumlah yang tak terlalu banyak.

Senyawa abrin dalam jumlah banyak masuk kedalam tubuh dapat menyebabkan reaksi keracunan, sakit perut, muntah dan paling parah kematian.

Efek samping dari daun saga.

Untuk itu penggunaan daun saga secara berlebihan dan tanpa dosis dapat menimbulkan efek samping seperti diare, mual, muntah, perobahan irama jantung, masalah kulit, memicu iritasi serta gangguan hati dan ginjal.

Harap perhatikan terlebih dahulu terhadap penggunaanya jangan sampai gara-gara ingin mendapatkan manfaat daun saga malah menimbulkan efek samping.

Cukup sampai disini dahulu pembahasan manfaat daun saga.

Semoga bermanfaaat.

Buka Komentar

0 Response to "Ketahui Manfaat Daun Saga dan Efek Sampingya bagi Tubuh."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i