Berikut 16 Manfaat Daun Jambu Biji sebagai Obat Alami.

Manfaat daun jambu biji yang harus kamu tahu.

Obat herbal dari daun jambu biji
Sumber foto: pixabay/jambu biji.
Jambu biji mungkin kamu sering memakan buahnya, karena memang buah jambu biji sangat enak dan tentu saja baik untuk kesehatan, namun yang akan kita bahas di sini ialah tentang manfaat daun jambu biji.

Daunnya memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, pasalnya daun jambu biji telah digunakan sejak lama sebagai obat tradisonal untuk mengatasi beberapa penyakit.

Namun sayangnya beberapa orang ada yang masih belum mengetahui tentang khasiat luar biasa dari daun tanaman tanaman satu ini.

Sedangkan untuk kandungan daun jambu biji berupa vitamin C, saponin, antioksidan, flavonoid, serta mempunyai karakteristik yang anti-inflamasi, antiradang dan antibakteri.

Nah untuk itu simak berikut ini apa saja khasiat daun jambu biji untuk kesehatan.

Manfaat daun jambu biji.

1. Mengatasi masalah diare

Manfaat daun jambu biji yang pertama bisa digunakan untuk obat alami dalam mengatasi diare dan sakit perut. Ekstrak dari daun jambu biji mempunyai kandungan yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri sekaligus membunuhnya.

Cara membuat ramuanya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun jambu biji yang cukup tua kemudian di rebus bersamaan dengan segelas air hingga mendidih dan setelah itu di konsumsi paling tidak sehari dua kali hingga diare sembuh.

Atau dengan cara lain kamu bisa dengan memakan mentah-mentah pucuk daun jambu mudanya. 

2. Mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh.

manfaat jambu biji untuk mengatasi kolesterol

Kolesterol merupakan penyakit yang bisa mengancam siapa saja dan terkadang hal ini disepelekan hingga kondisi menjadi parah.

Nah untuk itu jika kamu peduli dengan kesehatan tubuh, kamu bisa menggunakan manfaat daun jambu biji untuk mengurangi kadar kolesterol jahat yang berlebihan di dalam tubuh.

Baca juga : 

Hasil dari pada sebuah penelitian juga membuktikan bahwa seseorang yang meminum ekstrak dari air daun jambu biji membuahkan Hasil dimana kadar kolesterol mereka di dapati menurun setelah sekitar 2 bulan pemakaian..

3. Menurunkan berat badan.

Berat badan memang terkadang menjadi masalah di sebagian orang. Terkadang telah berbagai cara dilakukan untuk mengurangi jumlahnya.

Nah mengkonsumsi daun jambu biji di ketahui dapat berguna untuk mecegah kenaikan berat badan yang berlebihan loh, dengan cara membantu tubuh dalam memproses karbohidrat menjadi sumber energi serta mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh. 

Cocok buat kamu yang ingin menurunkan berat badan sekaligus mau mendapatkan ukuran badan yang ideal. 

Namun hal ini jangan menjadi patokan bahwa dengan mengkonsumsi daun jambu biji dapat langsung mengurangi berat badan.

Manfaat daun jambu biji akan lebih maksimal jika kamu mengatur pola hidup sehat dan olahraga.

4. Mencegah pertumbuhan kanker.

daun jambu biji cegah penyakit kanker
Sumber foto ; pixabay/jambu biji.
Manfaat daun jambu biji selanjutnya yaitu dapat berguna untuk mencegah berbagai jenis kanker di dalam tubuh?

Kanker memang menjadi penyakit yang paling di takuti dan paling berbahaya bagi setiap orang. Untuk itu kamu bisa memanfaatkan tanaman satu ini sebagai obat alami dalam pencegahan sel kanker tumbuh.

Walau belum terbukti ampuh namun beberapa kandungan seperti lycopene antioksidan pada daun jambu biji diklaim dapat membantu melawan sel kanker berkembang pada jaringan sehat lainya.

5. Mengurangi masalah jerawat pada kulit.

Kamu bisa memanfaatkan daun tanaman jambu biji yang masih muda untuk mengatasi masalah jerawat yang sedang di alami. 

Jika tertarik, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah dengan cara menumbuk daun jambu biji muda hingga halus kemudian tempelkan pada area kulit yang terdapat jerawat.

Namun jika tidak berhasil jangan kecewa ya, pasalnya setiap orang mempunyai reaksi kulit yang berbeda-beda terhadap obat.

Baca juga :

6. Menyehatkan kulit tubuh.

Selain dapat berguna untuk mengatasi jerawat, kamu bisa menggunakan manfaat daun jambu biji untuk merawat kulit kamu agar lebih mulus, cara ini bisa kamu coba diwaktu luang.

Daun jambu biji dapat berguna untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang masih melekat, menyamarkan kerutan wajah dan tentu saja dapat mencegah timbulnya jerawat akibat sifat antibakteri pada daun.

7. Mengurangi kerontokan pada rambut.

Jika kamu mempunyai masalah pada rambut seperti rambut pecah-pecah, kusam dan rotok. Mungkin harus coba ramuan satu ini.

Pilih pucuk daun jambu biji muda kemudian tumbuk hingga halus lalu tambahkan dengan daun aloevera, kemudian gunakan pada rambut untuk kerasaman. 

Lakukan setiap hari sekali saat mandi sore.

8. Mengontrol kadar gula darah.

manfaat daun jambu biji atasi kencing manis

Kelebihan kadar gula di dalam tubuh tentu saja sangat berbahaya pasalnya bisa menyebabkan diabetes dan kencing manis.

Nah salah satu cara yang bisa kamu coba yaitu menggunakan daun jambu biji sebagai obat alami untuk mengurangi kadar gula darah yang berlebihan di dalam tubuh. 

Ekstrak daun jambu biji mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah penyerapan gula kedalam tubuh serta merangsang kerja hormon insulin untuk memproses gula (glukosa) menjadi energi.

9. Daun jambu biji dapat atasi masalah mulut.

Beberapa masalah yang sering terjadi pada area mulut seperti sariawan dan skit gigi, cobalah untuk menggunakan manfaat daun jambu biji sebagai obatnya.

Cara menggunakanya kamu bisa mengunyah daun jambu biji yang masih muda tidak perlu di telan, atau dengan cara kedua yaitu merebus daunnya yang kemudian di pakai untuk obat kumur-kumur.

Baca juga : 

11. menjaga kesehatan mata.

Daun jambu biji di ketahui mengadung mengandung vitamin A yang dapat menjadi asupan alternatif dari makanan lainnya yang mengandung vitamin A seperti wortel dan sayuran.

Namun bukan artinya menyarankan untuk mengkonsumsi daun jambu biji ketimbang sayuran, hanya saja apabila kamu menggunakan manfaat daun jambu biji untuk pengobatan lain maka sekaligus kamu akan mendapatkan khasiat untuk penglihatan mata.

12. Menjaga kesehatan otak

Terdapat beberapa kandungan lain pada daun jambu biji seperti niasin dan piridoksin yang dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi oksigen ke otak.

Walau jumlah nutrisinya tak banyak akan tetapi dapat berpengaruh terhadap kesehatan otak dan saraf tubuh.

13. Mengatasi masalah sembelit

daun jambu biji atasi sakit perut

Sembelit dapat terjadi karena adanya pengerasan feses atau kotoran pada usus sehingga sulit di keluarkan, beberapa pemicunya dapat di karenakan jarang buang air besar dan makan sembarangan.

Jika sudah begitu cobalah untuk mengatasinya dengan mengkonsumsi daun jambu biji muda yang di blender hingga halus dalam mengatasi sembelit

Kandungan serat yang tinggi pada daun dapat berguna untuk melancarkan pencernaan dan melunakan feses yang mengeras.

14. Menjaga kekebalan tubuh

Daun tanaman jambu biji dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung beberapa senyawa penting seperti antioksidan dan vitamin C, yang memang tugasnya di dalam tubuh berguna untuk menjaga seistem kekebalan agar tidak mudah terserang penyakit.

Kamu boleh mencobanya sendiri jika di sekitar rumah kamu banyak pohon jambu biji.

15. Menyehatkan organ jantung.

Manfaat daun jambu biji berikutnya yaitu dapat berguna untuk menjaga kesehatan jantung agar terus sehat dalam memompa darah keseluruh tubuh, dengan cara mengurangi jumlah kolesterol trigliserida dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Sehingga tak hanya jantung saja yang sehat, penyakit seperti stroke dan darah tinggi pun dapat terhindarkan.

16. Manfaat daun jambu biji untuk obat luka.

Kamu bisa menggunakan daun tanaman satu ini sebagai obat alternatif dalam mencegah terjadinya infeksi pada luka kulit.

Sifat antibakteri pada daun jambu biji dapat berguna untuk membunuh bakteri dan sekaligus mempercepat pengeringan luka. 

Cukup remas daunnya hingga halus kemudian tempelkan pada area kulit yang terluka.

Nah itulah beberapa manafaat daun jambu biji untuk kesehatan.

Efek samping dari penggunaan.

Apakah ada efek samping dari menggunakan daun jambu biji? Kemungkinan ada apabila kamu mengkonsumsinya berlebihan. Efek sampingnya bisa menimbulkan sakit perut, mual hingga muntah.

Penggunaan daun tanaman sebagai obat sah-sah saja hanya saja jumlahnya jangan terlalu berlebihan.

Cukup sampai disini pembahasan tentang manfaat daun jambu biji, semoga bermanfaat

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i