CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Berikut 16 Manfaat Daun Jambu Biji sebagai Obat Alami - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Berikut 16 Manfaat Daun Jambu Biji sebagai Obat Alami

Obat herbal dari manfaat daun jambu biji
Sumber foto: istockphoto/ manfaat daun jambu biji
Healty99 - Mungkin kamu sering memakan buah jambu biji, selai karena memang rasanya yang enak buah satu ini juga baik untuk kesehatan. Tetapi pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas ialah tentang manfaat daunnya.

Daun jambu biji ternyata memiliki manfaat yang baik dari segi kesehatan loh, itulah sebabnya penggunaan telah dipakai sejak lama sebagai obat tradisonal dalam mengatasi beberapa penyakit.

Diketahui pada daun jambu biji mengandung sejumlah nutrisi dan senyawa seperti vitamin C, saponin, antioksidan dan flavonoid. Selain itu adapun sifat alami seperti anti-inflamasi, antiradang dan antibakteri.

Nah, dari pada panjang lebar, langsung saja simak apa manfaatnya di bawah ini.

Manfaat daun jambu biji.

1. Mengatasi masalah diare

Yang pertama tentu saja bisa digunakan untuk obat alami dalam mengatasi diare dan sakit perut. 

Ekstrak dari daun jambu biji mempunyai kandungan yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri sekaligus membunuhnya.

Cara membuat ramuanya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun tanaman yang cukup tua kemudian di rebus bersamaan dengan segelas air hingga mendidih, setelah itu di konsumsi paling tidak sehari dua kali hingga diare sembuh.

Cara lain kamu bisa terapkan dengan memakan mentah-mentah pucuk daun muda yang telah di cuci terlebih dahulu. 

2. Mengurangi kolesterol

Kolesterol merupakan penyakit yang bisa mengancam siapa saja dan terkadang hal ini disepelekan hingga kondisi menjadi parah.

Untuk itu jika kamu peduli dengan kesehatan tubuh, kamu mungkin bisa menggunakan khasiat dari daun jambu biji dalam mengurangi kadar kolesterol jahat tersebut.

Baca juga : 

Hasil dari pada sebuah penelitian juga membuktikan bahwa seseorang yang meminum ekstrak dari air daun tanaman jambu membuahkan hasil yang cukup menjanjikan, dimana kadar kolesterol mereka di dapati menurun setelah sekitar 2 bulan pemakaian.

3. Membantu menurunkan berat badan

Berat badan memang terkadang menjadi masalah pada sebagian orang, bahkan telah berbagai cara dilakukan hanya untuk mengurangi jumlahnya.

Tetapi tahukah kamu kandungan senyawa yang terdapat pada daun jambu biji diketahui berguna untuk mecegah kenaikan berat badan yang berlebihan, lebih tepatnya membantu tubuh dalam memproses karbohidrat menjadi sumber energi serta mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh. 

Namun hal ini jangan menjadi patokan bahwa dengan mengkonsumsi ramuan tersebut dapat langsung mengurangi berat badan.

Manfaat akan lebih maksimal jika kamu mengatur pola hidup sehat dan rutin berolahraga.

4. Mencegah pertumbuhan kanker

daun jambu biji cegah penyakit kanker
Sumber foto ; pixabay/ daun jambu biji.
Manfaat daun jambu biji selanjutnya yaitu diklaim berkhasiat dalam mencegah berbagai jenis kanker di dalam tubuh.

Kanker memang menjadi penyakit yang paling di takuti dan paling berbahaya bagi setiap orang. Untuk itu kamu bisa memanfaatkan tanaman satu ini sebagai obat alami dalam pencegahan kanker.

Walau belum terbukti ampuh namun beberapa kandungan seperti lycopene antioksidan pada daun tanaman diketahui dapat membantu melawan sel kanker berkembang pada jaringan sehat.

5. Mengurangi masalah jerawat

Daun jambu biji yang masih muda bisa digunakan untuk mengatasi masalah jerawat di wajah loh. 

Caranya cukup menumbuk daun jambu muda hingga halus, kemudian tempelkan pada area kulit yang terdapat jerawat.

Namun jika tidak berhasil jangan kecewa ya, pasalnya setiap orang mempunyai reaksi kulit yang berbeda-beda terhadap obat.

Baca juga :

6. Menyehatkan kulit tubuh

Selain dapat berguna mengatasi jerawat, kamu bisa menggunakan manfaat daun jambu untuk merawat kulit agar terlihat lebih mulus.

Remasan daun dapat berguna untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang masih melekat, menyamarkan kerutan wajah dan tentu saja dapat mencegah timbulnya jerawat akibat sifat antibakteri pada daun.

7. Mengurangi kerontokan pada rambut

Jika kamu mempunyai masalah pada rambut seperti rambut pecah-pecah, kusam dan rotok, mungkin harus coba ramuan satu ini.

Ambil pucuk daun jambu biji muda kemudian tumbuk hingga halus lalu tambahkan dengan aloevera, kemudian gunakan pada rambut untuk kerasaman. 

Lakukan setiap hari sekali saat mandi sore.

8. Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula (glukosa) dalam tubuh yang berlebihan tentu saja sangat berbahaya, pasalnya bisa menyebabkan diabetes, kencing manis dan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Diketahui daun jambu biji bisa menjadi salah satu obat alami dalam mengurangi kadar gula darah yang berlebihan di dalam tubuh. 

Ekstrak daun mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat mencegah penyerapan gula kedalam tubuh, bahkan bisa merangsang kerja hormon insulin dalam memproses gula (glukosa) menjadi energi.

9. Mengatasi masalah pada mulut

Beberapa masalah yang sering terjadi pada area mulut seperti sariawan, radang gusi atau sakit gigi, cobalah untuk menggunakan daun jambu biji sebagai obat alternatifnya.

Cara menggunakanya kamu bisa mengunyah daun yang masih muda hingga halus, tidak perlu di telan, cukup kunyah hingga halus.

Atau cara kedua dapat juga dengan direbus, kemudian airnya di pakai untuk obat kumur-kumur.

Baca juga : 

11. menjaga kesehatan mata

Daun jambu biji mengandung vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan menajamkan penglihatan.

Namun bukan berarti menyarankan untuk mengkonsumsi daun tanaman satu ini ketimbang sayuran, hanya saja apabila kamu menggunakan manfaat daun jambu biji untuk pengobatan, maka tentu saja kamu akan mendapatkan khasiat untuk penglihatan mata karena vitamin A nya.

12. Menjaga kesehatan otak

Daun juga mengandung senyawa niasin dan piridoksin yang bisa membantu tubuh dalam meningkatkan sirkulasi oksigen ke otak.

Walau jumlah nutrisinya tak banyak akan tetapi dapat berpengaruh terhadap kesehatan otak dan saraf tubuh.

13. Mengatasi sembelit

daun jambu biji atasi sakit perut

Masalah sembelit dapat terjadi karena adanya pengerasan feses atau kotoran pada usus yang menumpuk, sehingga pada akhirnya sulit di keluarkan. Secara umum masalah ini pemicunya ialah karenakan jarang buang air besar serta kurang makan serat.

Namun tidak perlu khawatir, kamu mungkin bisa mencoba untuk mengkonsumsi daun jambu biji muda yang di blender hingga halus dalam mengatasi sembelit

Selain itu perbanyak juga makan buah-buahan, sayuran dan minum air di setiap harinya.

14. Menjaga kekebalan tubuh

Daun jambu biji dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung beberapa senyawa penting seperti antioksidan dan vitamin C.

Seperti yang kita ketahui antioksidan dan vitamin C di dalam tubuh berguna untuk menjaga seistem kekebalan agar tidak mudah terserang penyakit.

15. Menyehatkan organ jantung.

Manfaat berikutnya yaitu di klaim bisa menjaga kesehatan jantung agar terus sehat dalam memompa darah keseluruh tubuh dengan cara mengurangi jumlah kolesterol trigliserida dan mencegah penyempitan pembuluh darah.

Sehingga tak hanya jantung saja yang sehat, penyakit seperti stroke dan darah tinggi pun dapat terhindarkan.

16. Mengobati obat luka

Kamu bisa menggunakan daun tanaman jambu biji yang muda sebagai obat alternatif dalam mencegah terjadinya infeksi pada luka kulit loh.

Sifat antibakteri pada tanaman dapat berguna untuk membunuh bakteri dan sekaligus mempercepat pengeringan luka. 

Cukup remas hingga halus kemudian tempelkan pada area kulit yang terluka.

Nah itulah beberapa manfaat daun jambu biji untuk kesehatan.

Efek samping dari penggunaan.

Apakah ada efek samping dari menggunakan daun jambu biji? Tentu saja kemungkinan besar ada, terlebih lagi apabila kamu mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Efek samping bisa menimbulkan sakit perut, mual hingga muntah.

Penggunaan tanaman sebagai obat sah-sah saja, hanya saja jumlahnya jangan terlalu berlebihan, karena sebaik baiknya obat akan lebih baik jika tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Note : Informasi yang terkandung pada artikel hanya sebatas pengetahuan umum dan tidak untuk sebagai saran medis.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tanaman herbal.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel