Simak Ini Dia 16 Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh.

Ketahui manfaat teh hijau untuk kesehatan.

manfaat daun teh hijau untuk kesehatan.
Teh hijau berbeda dengan teh pada umunya yang biasa kita temui, walau sama disebut teh namun dari segi pengolahan dan kandungan terdapat perbedaan yang signifikan. Simak apa saja manfaat teh hijau untuk kesehatan.

Penyebabnya adalah karena minuman teh hijau tinggi akan kandungan antioksidan, enzim, asam amino vitamin B, folat, mangan, magnesium, potassium, kafein serta polifenol yang memang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Walau penggunaanya di Indonesia tak sepopuler teh pada umunya namun kamu harus mengetahui juga tentang manfaat teh hijau, jika sewaktu-waktu kamu mencicipinya.

Berikut beberapa manfaat teh hijau.

1. Mengontrol tekanan darah

Manfaat teh hijau pertama jika di konsumsi secara rutin bisa membuat kamu memiliki kadar tekanan darah menjadi lebih stabil dan terkontrol.

Cobalah untuk meminum ramuan teh hijau secara rutin waktsaat u santai menjelang sore.

2. Menurunkan Kolesterol

Teh hijau sangat baik dalam menurunkan jumlah kolesterol yang berlebihan di dalam tubuh loh.

Hal tersebut karena terdapatnya kandungan seperti polifenol dan antioksidan di dalam teh hijau yang mungkinan dapat berguna dalam mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dengan cara mencegah penyerapan lemak makanan pada usus dan mengoksidasi penumpukan trigliserida pada pembuluh darah.

Makanan penurun kolesterol ada disini.

3. Melancarkan area pencernaan

Kandungan zat kafein yang terdapat pada daun teh hijau memiliki manfaat yang lebih baik ketimbang dengan kafein pada umunya terutama pada kafein biji kopi.

Kafein yang terkandung dalam teh hijau dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan mencegah terjadinya infeksi ataupun peradangan.

Baca juga :

4. Menjaga kesehatan otak.


Manfaat teh hijau selanjutnya yaitu dapat berguna untuk menjaga ingatan otak. Hal tersebut di dapati karena adanya kandungan senyawa L-teanin pada daun teh hijau.

L-teanin sendiri di dalam tubuh mampu berguna untuk meningkatkan daya ingat serta mencegah penyakit pikun.

Sangat di sarankan para lansia untuk mengkonsumsi ramuan teh hijau paling tidak sehari sekali.

5. Mencegah penyakit diabetes

Kemampuan manfaat teh hijau di ketahui dapat berguna untuk meningkatkan produksi hormon insulin di dalam tubuh serta membantu mengurangi jumlah gula (glukosa) darah yang berlebihan menjadi normal.

Hormon insulin sendiri berperan aktif dalam memproses gula darah menjadi sumber energi dan kesehatan organ tubuh.

Tak hanya itu kandungan antioksidan pada daun teh hijau juga berperan dalam mencegah penyakit diabetes loh. 

6. Teh hijau mencegah serangan flu

Vitamin C yang terkandung serta di bantu akan beberapa kandungan lainya pada ramuan teh hijau, dapat berguna untuk menjaga sekaligus meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit ringan.

Hal tersebut juga lah yang menjaga tubuh agar dapat bertahan dari serangan virus ataupun bakteri penyebab masalah flu.

7. Mencegah Penuaan dini

Manfaat teh hijau berikutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini lebih lama.

Hal ini karena ekstrak dari daun teh hijau mengandung senyawa antioksidan dan polifenol yang mampu berperan aktif dalam mencegah paparan radikal bebas dari lingkungan sekitar ataupun polusi udara yang bisa merusak kulit.

Kandunganya juga lah yang mampu mencegah kerusakan sel dan membantu meregenerasi jaringan sel kulit  baru, sehingga kulit tampak lebih sehat. 

Baca juga :

8. Obat alami untuk detoks tubuh.

daun teh hijau meningkatkan daya tahan tubuh.
Sumber foto : pixabay/green tea.
Teh hijau di ketahui dapat membantu tubuh dalam melakukan detoksifikasi secara sempurna.

Detoksifikasi ialah kemampuan dari sistem tubuh untuk mengeluarkan racun, cairan metabolisme dan za-zat kimia yang tidak di gunakan oleh tubuh bersamaan dengan keluar urine ataupun melalui pori-pori kulit.

Untuk itu dengan mengkonsumsi ramuan teh hijau dapat berguna dalam memproses detoks lebih cepat dan sempurna.

9.  Mengurangi stres.

Adanya kandungan senyawa L-teanin di dalam daun teh hijau yang dapat berguna untuk memberikan efek menenagkan dan mengurangi terjadinya stress pada seseorang.

Nah kamu bisa menggunakan manfaat teh hijau satu ini dengan cara meminum secangkir teh hijau saat pagi atau menjelang siang.

10. Mencegah kerontokan rambut.


Cobalah untuk menggunakan teh hijau sebagai obat herbal dalam mencegah kerontokan rambut yang berlebihan.

Beberapa kandugan dari daun teh di klaim dapat memperkuat akar rambut serta merangsang pertumbuhanya. 

Namun jangan sebagai acuanya pasalnya tidak semua orang dapat mendapatkan manfaatnya, karena masih belum di ketahui pasti ke efektivitasnya.

11. Melawan pertumbuhan berbagai sel kanker.

Adanya kandungan seperti antioksidan, polifenol dan lainya di dalam teh hijau yang mempunyai kemampuan dalam membantu membunuh sel kanker serta menghentikan agar tidak menjangkit sel sehat lainya.

Selain itu mengonsumsi teh hijau secara teratur untuk para wanita di klaim mampu menurunkan risiko terjangkit jenis kanker ovarium dan kanker endometrium.

12. Baik untuk program diet.

Manfaat teh hijau berikutnya yaitu mampu membantu tubuh dalam membakar lemak serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Kadar katekin dan vitamin C yang terdapat di dalam minuman teh hijau inilah yang mampu berguna untuk membakar lemak tubuh menjadi energi. Tentu saja hal ini sangat mendukung kamu yang sedang menurunkan berat badan atau diet.

Baca juga :

13. Menyehatkan mata dan sekitarnya.

Teh hijau mampu melancarkan aliran darah ke area bola mata dan di sekitarnya sehingga dapat mengatasi masalah mata panda dan mata kantuk.

Adanya antioksidan dan tanin yang mamapu mengobati area mata seperti lebam serta mengurangi warna hitam di sekiling mata.

14. Menjaga kesehatan mulut.

Beberapa masalah pada area mulut seperti rasa tidak nyaman, radang gusi, aroma tak sedap serta sariawan dapat kamu cegah dengan rutin mengkonsumsi teh hijau.

Selain itu terdapatnya kandugan fluoride yang diketahui mampu menjaga kesehatan gusi. Maka dari itu cobalah untuk mengkonsumsi teh hijau agar gusi menjadi lebih sehat terjaga.

15. Mencegah radang sendi.

Terdapatnya beberapa kandungan mineral seperti kalium, potassium dan magnesium pada daun teh hijau serta beberapa senyawa lain seperti antioksidan dan vitamin C yang dapat berguna untuk mencegah terjadinya kerusakan pada area sendi dan tulang.

Tak hanya itu saja kandungannya juga dapat bermanfaat dalam mencegah pengapuran sendi sekaligus memperkuat tulang.

16.  Dipercaya dapat mengobati jerawat

Senyawa katekin di dalam daun teh hijau mampu mengatasi jerawat pada kulit wajah.

Hal bukan tanpa sebab karena kadar katekin pada teh hijau mampu bersifat anti bakteri dan berperan dalam mengatur keseimbangan hormon di dalam tubuh serta mencegah timbulnya jerawat.

Nah itulah beberapa kumpulan dari manfaat teh hijau untuk kesehatan.

Tidak ada salahnya buat kamu untuk mencoba ramuan teh saat santai karena memang mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan.

Cukup sampai disini pembahasan tentang manfaat teh hijau.

Semoga bermanfaat.

Buka Komentar

0 Response to "Simak Ini Dia 16 Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i