CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 8 Manfaat Daun Tanaman Kumis Kucing - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

8 Manfaat Daun Tanaman Kumis Kucing

gambar tanaman kumis kucing
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kumis kucing (Orthosiphon Oristatus) merupakan tanaman herbal dari famili Lamiaceae yang umum di jumpai di Indonesia. Keberadaanya kerap di cari oleh sebagian orang, ini karena manfaat kumis kucing di klaim bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

Bagian yang di manfaatkan ada pada daun dan batang muda, dimana bagian tersebut di konsumsi dengan cara di rebus lalu di minum airnya.

Manfaat Daun Kumis Kucing

Adapun senyawa yang terkandung pada tanaman kumis kucing di antaranya sinensetin, eupatorin, glikosida, tanin, flavonoid, triterpenoid, fenolik, saponin, dan steroid.

Beberapa kandungan tersebut di yakini bisa memberi manfaat bagi tubuh. Lantas apa saja? Untuk itu simak dibawah lebih lengkap berdasarkan kandunganya.

1. Menjaga daya tahan tubuh

Kumis kucing merupakan salah satu tanaman herbal yang sering kali di manfaatkan dalam menjaga daya tahan tubuh, terutama saat lagi kurang enak badan.

Kemampuanya di dasari dengan beberapa senyawa bersifat antioksidan yang terkandung seperti flavonoid, saponin dan lainnya.

Seperti kita ketahui, antioksidan dapat berperan dalam menjaga daya tahan tubuh dari serangan radikal bebas, infeksi, dan kerusakan sel.

2. Melegakan pernafasan

Tanaman satu ini diklaim bisa mengatasi beberapa permasalahan pada sistem pernapasan seperti asma, tenggorokan gatal dan batuk.

Biasanya manfaat kumis kucing didapat dengan cara di rebus, lalu dicampur dengan ramuan obat lainnya agar lebih manjur.

3. Mengatur gula darah

Banyak orang mencari tanaman kumis kucng dengan tujuan untuk menurunkan masalah gula darah, contohnya seperti kencing manis dan diabetes.

Cara kerjanya dengan mengendalikan sistem metabolisme karbohidrat, gula, lemak, serta asam amino sehingga dampaknya kadar glukosa menjadi lebih seimbang.

Khasiat ini tentunya menjadikan kadar gula darah tetap stabil dan tekontrol.

Namun biasanya orang-orang mencampurkan jenis tumbuhan lain seperti sambiloto dan brotowali dengan tujuan agar lebih manjur.

4. Menurunkan hipertensi

Tahukah kamu. Menurut penelitian anti hipertensi tanaman kumis kucing mengandung mineral kalium yang bersifat diuretik dan antioksidan, yang mana hal ini bisa membantu menurunkan tekanan darah yang tidak stabil.

Manfaat ini tentunya di dapat dengan cara mengkonsumsi rebusan daun secara teratur.

5. Infeksi saluran kemih

Daun kumis kucing mempunyai kemampuan dalam mencegah infeksi dan kerusakan sel.

Sehingga secara tidak langsung manfaat tanaman satu ini sangat efektif dalam melawan infeksi.

Bahkan, seseorang yang terkena penyakit ISK atau Infeksi Saluran Kemih biasanya disarankan untuk meminum air rebusan daun kumis kucng secara teratur.

6. Detoks tubuh

Manfaat kumis kucing selanjutnya ialah bisa membantu tubuh dalam melakukan detoksifikasi, terutama mengatur jumlah cairan di dalam tubuh dan keseimbangan elektrolit.

Secara tidak langsung khasiatnya juga membantu tubuh dalam mengeluarkan racun dan beberapa zat yang tidak di butuhkan lagi oleh tubuh.

7. Menjaga daya ingat

Daun kumis kucng di klaim dapat membantu meningkatkan daya ingat seseorang sekaligus mengurangi kerusakan sel saraf akibat beta-amiloid penyebab Alzheimer.

Kemampuan ini di dasari akan kandungan asam rosmarinic dan beberapa antioksidan didalamnya.

Khasiat lain juga memiliki efek dalam menenangkan yang mana bisa membantu mengurangi gejala kecemasan pada seseorang.

8. Mengatasi peradangan

Adanya sifat antiinflamasi pada tanaman satu ini, membuat manfaat kumis kucing di yakini bisa menjadi obat dalam mengatasi peradangan.

Beberapa peradangan tersebut seperti asam urat, rematik, terkilir, infeksi dan radang pada area persendian.

Nah, itulah 8 manfaat tanaman kumis kucing yang bisa kamu dapatkan.

Note : Walau pada dasarnya tanaman dengan nama latin Orthosiphon Oristatus mempunyai kandungan senyawa yang bermanfaat bagi tubuh.

Akan tetapi sebaiknya tidak diminum dalam jumlah yang berlebihan, berkepanjangan, sedang mengkonsumsi obat dari dokter atau mempunyai riwayat penyakit.

Hal ini dikarenakan kumis kucing bisa memicu beberapa permasalah kesehatan jika di konsumsi keseringan, dalam istilah efek samping atau bahaya.

Beberapa kemukinan yang terjadi dapat menyebakan tekanan radah rendah, edema, penyakit ginjal dan terganggunya cairan tubuh.

Untuk itu bijaklah dalam menggunakan tanaman satu ini. Atau jika kamu ragu bisa konsultasi ke yang ahlinya atau dokter untuk diberi masukan  

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar kumis kucing.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel