Khasiat Dari Kumis Kucing, Salah Satunya Mengatasi Encok Dan Diabetes.

Tumbuhan kumis kucing

Halo para readers di kesempatan artikel kali ini saya ingin berbagi sedikit info mengenai tumbuhan yang biasa di sebut dengan Kumis kucing. Yap,, salah satu tumbuhan herbal yang di percaya dapat mengatasi beragam masalah penyakit mulai dari yang ringan hingga berat. Yuk simak penjelasanya mulai dari apa itu  tumbuhan Kumis kucing hingga manfaatnya untuk kesehatan.

Orthosiphon Oristatus atau yang lebih di kenal dengan nama Kumis kucing merupakan tumbuhan herbal asal Afrika Tropis yang kemudian menyebar ke Asia termasuk Indonesia. Penyebutan nama Kumis kucing pada tumbuhan ini di karenakan bunganya yang berwarna putih dan memiliki benang yang mirip seperti rambut atau kumis kucing. 

Dalam beberapa nama daerah di Indonesia biasa di sebut dengan remujung, sasaleyan dan sangkot koceng, tumbuh pada kawasan yang beriklim tropis mulai dari Afrika, Australia dan Asia Tenggara.

Untuk penggunaan tumbuhan Kumis kucing dapat digunakan secara langsung (basah) atau sudah terlebih dahulu di keringkan. Namun hal tersebut tergantung dari penggunaan kamu, jika ingin tahan lama dapat di lakukan pengeringan dengan di jemur dibawah terik matahari hingga kering.

Manfaat kumis kucing untuk kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Terdapatnya kandungan senyawa Flavonoid yang merupakan salah satu bagian dari Antioksidan yang baik untuk tubuh. Perlu kamu ketahui bahwa senyawa Flavonoid berkerja dengan menghambat pertumbuhan bakteri, virus dan jamur. 

Pemanfaatan daun Kumis kucing untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak mudah terserang penyakit adalah salah satu cara ampuh tanpa harus meminum obat-obatan instan, dan dengan begitu tanpa kamu sadari beberapa penyakit ringan seperti flu, demam, batuk dan peradangan dapat dengan mudah di cegah.

Baca juga : Kratom, tumbuhan herbal namun tinggi akan efek samping.

Untuk penggunaan dalam menjaga daya tahan tubuh kamu dapat mengkonsumsinya paling tidak sebanyak 2x seminggu, dengan cara meminum air rebusanya.

2. Membantu masalah kandung kemih.

Tumbuhan Kumis kucing mampu memicu produksi urin lebih banyak dan mengeluarkanya dari tubuh, dengan begitu cairan metabolisme yang sudah tidak terpakai lagi oleh tubuh dapat dibuang dan di ganti dengan yang baru.

Dan dalam hal ini di ketahui beberapa masalah penyakit seperti infeksi saluran kemih dan penumpukan mineral garam dapat di cegah lebih awal.

Sebuah pencegahan adalah hal utama yang harus di lakulan dalam mengatasi masalah nantinya. Dan dalam masalah ini dapat menyebabkan timbulnya penyakit kencing batu di karenakan adanya pengkristalan mineral pada kandung kemih.

3. Menurunkan kadar gula darah.

Menurut sebuah penelitian daun Kumis kucing dapat menjadi obat untuk menstabilkan dan menurunkan kadar gula darah yang berlebihan di dalam tubuh.

Hal ini di ketahui karena Kumis kucing mengandung senyawa yang mampu merangsang kerja insulin di dalam tubuh. Insulin sendiri berkerja untuk dalam memindahkan glukosa (gula) dari darah ke sel-sel untuk di jadikan energi, sehingga jika insulin tubuh kamu berkerja dengan normal maka dapat mencegah yang namanya penyakit diabetes dan kencing manis.

Baca juga : Ternyata kol yang di goreng dapat memicu kanker lebih besar.

4. Mengatasi tekanan darah tinggi.

Manfaat selanjutnya dari tumbuhan Kumis kucing yaitu dapat menstabilkan sekaligus menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini dikarenakan Kumis kucing mempunyai kandungan zat kimia yang mampu mengurangi tekanan darah dan sekaligus membantu melemaskan dinding pembulu darah dalam tubuh.

Penyempitan pembuluh darah dapat terjadi akibat dari adanya penumpukan lemak, plak-plak pada saluran pembuluh darah, pengaruh obat-obatan, makanan tertentu, stres atau kecemasan dan bawaan riwayat.

5. Mengatasi gangguan ginjal.

Diketahui beberaa masalah ginjal seperti batu ginjal, infeksi, dan peradangan yang tentunya terjadi pada organ ginjal dapat di atasi dan di cegah dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun Kumis kucing.

Selain dapat menyehatkan organ ginjal, ramuan teh dari daun Kumis kucing juga dapat membantu kinerja ginjal dalam menyaring urine lebih sempurna sehingga tidak tercampur kembali bersama sel darah merah.

6. Menurunkan berat badan.

Manfaat selanjutnya yaitu dapat menurunkan berat badan secara bertahap. Mengapa bisa? Hal ini di karenakan daun Kumis kucing bersifat detoksifikasi, mampu mencegah penyerapan lemak dan kolesterol serta merubah lemak dan gula menjadi energi untuk beraktifitas, sehingga tidak ada lagi yang namanya penumpukan lemak berlebihan yang membuat naiknya berat badan.

Kamu dapat mengkonsumsi daun Kumis kucing dengan di rebus kemudian meminum airnya atau dengan membeli kapsul obat herbal dari ekstrak daun Kumis kucing yang sudah jadi.

Akan tetapi dalam hal ini kamu juga harus mengimbangi dengan pola makan yang teratur dan tidak sembarangan, serta menjaga kebugaran tubuh dengan selalu berolahraga.

7. Mengatasi rematik dan encok.

Rematik dan encok merupakan salah satu gejala peradangan pada area sendi, baik di pergelangan tangan, siku, kaki dan punggung dapat mengalami gejala tersebut. Seseorang yang mengalami peradangan pada sendi akan sulit dalam bergerak dan beraktifitas di karenakan rasa sakit akibat adanya lecet, pembengkakan maupun memar. Salah satu penyebanya antara lain yaitu terlalu banyak angkat beban berat, terjatuh atau terkilir dan terlalu banyak aktifitas gerak.

Nah,, di ketahui daun Kumis kucing juga mampu memperbaiki area sendi yang di akibatkan peradangan tersebut, hal ini dikarenakan terdapatnya kandungan mineral yang mampu meregenerasi sel-sel  sendi yang rusak, tulang dan otot, dengan begitu secara perlahan masalah akan sembuh dengan sendirinya. Selama masa penyembuhan ada baiknya banyak istirahat dan kurangi bergerak.

Baca juga : Rumput mutiara yang dapat mencegah sel kanker tumbuh.

Itulah beberapa manfaat dari tumbuhan yang biasa di sebut Kumis kucing untuk kesehatan. Jika kamu ragu dalam pengguanya ada baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu kepada orang yang berpengalaman terhadap obat-obatan (dokter) yang kamu percaya.


Buka Komentar

0 Response to "Khasiat Dari Kumis Kucing, Salah Satunya Mengatasi Encok Dan Diabetes."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i