CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Rebung Menurut Para Ahli dan Penelitian - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Rebung Menurut Para Ahli dan Penelitian

gambar tunas bambu rebung
Sumber foto : pixabay/may_hokkaido
Healty99 - Rebung merupakan penyebutan untuk tunas muda dari tanaman bambu. Teksturnya yang tidak terlalu keras dan renyah membuatnya kerap kali di ambil untuk di jadikam makanan atau obat.

Namun tentunya tidak semua jenis bambu tunasnya bisa di ambil, hanya bambu kuning yang sering dicari. Ada pula bambu hijau, namun rebungnya mempunyai rasa sedikit pahit.

Rebung memang sudah sejak lama di perkenalkan sebagai bahan makanan dan obat. Khasiatnya juga diklaim bisa mengatasi berbagai penyakit mulai dari malaria, penyakit kuning, pencernaan dan lainnya.

Manfaat Rebung Menurut Para Ahli

Di sisi lain, menurut para ahli dan pakar penelitian. Mengkonsumsi rebung juga bagus untuk kesehatan karena terdapat sejumlah kandungan yang bagus.

Adapun sejumlah kandungan tersebut di antaranya berupa kalori, protein, lemak, karbohidrat, serat, tembaga, vitamin B6, vitamin E, vitamin K, riboflavin, tiamin, fosfor, kalium dan besi.

Untuk itu, berikut beberapa manfaat rebung menurut para ahli.

1. Membantu menurunkan berat badan

Rebung merupakan makanan rendah kalori tetapi tinggi serat, menjadikannya sebagai asupan untuk diet penurunan berat badan tentu saran yang bagus.

Serat dapat membantu memperlambat pengosongan perut untuk membantu kamu merasa kenyang lebih lama di antara waktu makan.

Menurut ulasan dari 62 penelitian, peningkatan asupan serat mendorong penurunan berat badan dan penurunan lemak perut, bahkan tanpa melakukan modifikasi diet lainnya.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa tunas bambu dapat mendukung kesehatan usus untuk mendapatkan manfaat penurunan berat badan.

2. Dapat menurunkan kadar kolesterol

Beberapa para ahli mengemukakan bahwa rebung bisa membantu mengurangi kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kesehatan jantung.

Sebuah penelitian kecil yang lebih tua dari tahun 2009 di antara 8 wanita sehat menemukan bahwa mengonsumsi 12,7 ons (360 gram) rebung secara signifikan menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (jahat) setelah 6 hari, dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet kontrol. .

Ini mungkin karena serat larut yang ditemukan dalam rebung. Serat larut tersebut menyerap air di usus dan telah dikaitkan dengan penurunan kadar kolesterol.

3. Menjaga kesehatan usus

Setidaknya terdapat sekitar 2 gram dalam setiap porsi 1 cangkir berjumlah 155 gram.

Serat sangat berguna dalam meningkatkan keteraturan dan bahkan dapat melindungi terhadap masalah seperti wasir, divertikulitis, dan kanker kolorektal.

Menurut para ahli penelitian tabung reaksi, rebung juga bertindak sebagai prebiotik, yang berarti menyediakan bahan bakar untuk bakteri baik di usus kamu.

Para ahli juga mengemukakan bahwa mikrobioma usus mungkin dapat memainkan peran sentral dalam kesehatan dan penyakit.

Sehingga secara tidak langsung dapat membantu mencegah kondisi seperti penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, depresi, dan obesitas.

4. Mengurangi resiko kanker

Rebung diklaim menjadi salah satu sumber makanan yang dapat mengurangi resiko seseorang terkena kanker.

Pernyataan tersebut di ambil dari para peneliti dan ahli kesehatan yang mengatakan bahwa rebung bisa menjadi makanan dalam melawan kanker.

Hal ini karena umumnya rebung tumbuh secara alami di alam sehingga terbebas dari bahan kimia.

Selain itu, adapun kandungan fitosterol di dalam rebung berupa amilase, falvone dan klorofil yang diklaim mampu melawan risiko kanker.

Nah, itulah manfaat rebung menurut para ahli dan pakar penelitian.

Note : Perlu kamu ketahui, tunas bambu segar pada dasarnya mengandung sejumlah senyawa sianida taxiphyllin yang beracun. Namun dengan cara pengolahan yang tepat bisa mengurangi kandungan racun tersebut, sehingga umumnya aman untuk di makan.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar bambu.

Ref : healthline.com/ncbi.nlm.nih.gov/pubmed.ncbi.nlm.nih.gov

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i