CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Mudah Merebus Daun Kumis Kucing Untuk di Minum - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Cara Mudah Merebus Daun Kumis Kucing Untuk di Minum

gambar tanaman kumis kucing
Sumber foto : pixabay/pisauikan
Healty99 - Cara merebus daun kumis kucing menjadi minuman herbal. Kumis kucing merupakan tumbuhan dengan nama ilmiah Orthosiphon aristatus, ini merupakan tanaman yang masih dalam family Lamiaceae/Labiatae yang diketahui asli dari Indonesia.

Tanaman kumis kucing kerap kali di cari dan di peliharan sebagai tanaman TOGA, tujuanya ialah untuk keperluan pengobatan dan mengatasi beberapa keluhan penyakit secara alami.

Walau pada dasarnya banyak orang mengatakan bahwa tanaman satu ini mempunyai manfaat yang luar biasa, namun sebagian orang juga masih bingung bagaimana cara mengolah daun kumis kucing dengan tepat.

Cara Merebus Kumis Kucing

Khasiat tanaman satu ini didasari oleh berbagai kandungan senyawa alami yang terdapat di dalamnya seperti flavonoid, eupatorin, glikosida, triterpenoid, fenolik, sinensetin, tanin, saponin, dan steroid.

Mengkonsumsinya dalam jumlah cukup dan tidak berlebihan diklaim dapat mengatasi sekaligus mencegah beberapa permasalahan penyakit.

Namun sebelum itu berikut cara mengolah daun kumis kucing menjadi rebusan siap minum.

Langkah merebus daun tanaman kumis kucing 

1. Siapkan daun

Yang pertama kamu harus menyiapkan daunya terlebih dahulu, kamu bisa menggunakan daun yang masih segar atau sudah dalam kondisi kering.

Jika menggunakan daun yang masih muda, maka gunakan daun kumis kucing yang pas yaitu tidak terlalu tua atau muda. Atau kira-kira bagian pucuk daun ke tiga atau ke empat.

Cukup ambil 4 sampai 8 lembar dalam sekali perebusan. Sedangkan utnuk daun yang kondisi kering maka gunakan 5 sampai 9 lembar juga bisa.

2. Rebus daun

Setelah di cuci hingga bersih, lanjut dengan perebusan dengan menggunakan panci yang telah di berikan air sebanyak 4 gelas ( 3 gelas juga bisa).

Rebus menggunakan api sedang hingga air rebusanya berkurang hingga separuh.

3. Siap di minum

Setelah mendidih dan air rebusan berkurang jauh, matikan kompor dan saring dari sisa daun atau ampasnya.

Kamu bisa menambahkan madu atau gula sebagai perasa manis jika kamu tidak menyukai rasa asli dari rebusan daun kumis kucing.

Dosis pemakaian daun kumis kucing

Berapa banyak mengkonsumsi atau meminum rebusan daun kumis kucing perhari? Kamu bisa mengkonsumsi ramuan satu ini sebanyak 2 atau 3 kali dalam sehari (sesuai kebutuhan), namun porsi yang kita buat di atas tadi untuk 2 gelas sehari.

Efek samping rebusan daun kumis kucing

Perlu kamu ketahui, walau pada dasarnya daun tanaman satu ini dapat membantu mengobati masalah seperti radang sendi, darah tinggi dan nyeri lainnya.

Namun ada baiknya untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan atau berkepanjangan.

Meminum ramuan herbal daun kumis kucing secara berkepanjangan dan tanpa ada takaran dosis pemakaian yang seseuai justru hanya akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan.

Salah satu kemungkinan besar terlalu banyak minum ramuan kumis kucing ialah keracunan, kerusakan hati, gangguan ginjal dan gangguan aliran darah.

Untuk itu, sekali-kali dalam mencoba tidak menjadi masalah, akan tetapi bijak lah dalam menggunakan ramuan herbal alami seperti satu ini.

Atau jika kamu ragu bisa konsultasi ke dokter atau ahli kesehatan lainnya, terutama jika kamu sedang dalam pengobatan, ibu hamil, mempunyai riwayat penyakit atau sejenisnya.

Sehingga dengan begitu efek samping dan bahaya dapat terhindari.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar minuman sehat.

Artike terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i