CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Menghilangkan Gatal Akibat kena Glasswool - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Menghilangkan Gatal Akibat kena Glasswool

gambar glasswool gaspul gaswol roll
Sumber gambar : standartinsulation
Healty99 - Bagaimana cara menghilangkan rasa gatal, iritasi dan perih saat terkena glasswool? Sebelumnya, glasswool (gaspul) merupakan material atau bahan yang ditujukan untuk meredam suara bising.

Glasswool terbuat dari fiberglass yang bertekstur seperti bulu domba, wool atau kapas. Akan tetapi berbeda dari kebanyakan kapas pada umumnya dimana glasswool sedikit lebih kasar, berserat dan memiliki serat fiber yang halus.

Gaspul memiliki beberapa ukuran, ketebalan dan jenis kepadatan dari material. Akan tetapi umumunya memiliki ketebalan 25 sampai 50 mm dan densitas (kerapatan) 25 sampai 75 gram untuk per cm3.

Cara Menghilangkan Glasswool yang Melekat di Kulit

Biasanya, seseorang terkena glasswool saat melakukan pergantian isi dalam knalpot, baik itu knalpot racing atau standar dengan tujuan untuk membuat suara lebih halus.

Tentunya jika kamu memegang glasswool tidak menggunakan alat pelindung seperti sarung tangan karet, serat fiber yang halus akan lengket di tangan dan jika terkena kulit yang sensitif serat tersebut bisa menusuk kulit.

Saat serat dari glasswool tadi menusuk ke kulit biasanya akan sulit dibersihkan, hal ini karena ukuranya yang sangat kecil dan halus, bahkan sangat sulit jika dilihat dengan mata telanjang.

Tidak hanya itu saja, terkena gaspul juga tidak mengenakan. Mengapa? Kulit yang terkena serpihan glasswool bisa memicu gatal, iritasi, kemerahan dan terasa seperti digigit semut atau tertusuk jarum kecil.

Masalah ini bisa bertambah parah dan sulit diatasi jika kamu mengaruk atau mengusap bagian kulit yang terkena serpihan tadi.

Namun kamu tidak perlu khawatir, adapun beberapa tips dan cara menghilangkan rasa gatal di kulit akibat terkena serpihan glasswool. Berikut diantaranya yang bisa kamu coba.

1. Jangan di usap

Saat terkena dan mulai terasa gatal sebaiknya hentikan kegiatan atau sudahi dengan cepat. 

Usahakan jangan memegang bagian tubuh lainnya seperti muka, kaki, leher ataupun baju yang kamu kenakan.

Jika sudah terasa dikulit jangan di usap atau digaruk dengan tujuan menghilangkan rasa gatal tadi.

Mengaruk hanya akan memperparah keadaan dan membuat serat fiber masuk lebih dalam.

2. Cuci dengan air mengalir

Cara selanjutnya ialah kamu bisa cuci menggunakan sabun dan air mengalir. Cukup usap sabun secara perlahan dengan tangan kemudian basuh dengan air mengalir.

Menggunakan air mengalir lebih baik ketimbang mencuci di dalam bak, ini karena serat glasswool bisa langsung mengalir dan terbuang.

Berbeda dengan mencuci di dalam bak yang mana bisa membuat serat menempel kembali, walau tidak banyak.

3. Lepas baju atau pakaian

Jika baju atau pakaian yang kamu kenakan ikut terkena, maka lepaskan secara perlahan dan pisahkan. Jangan tumpuk dengan baju kotor lainnya di bak cuci.

Kibaskan pakaian terlebih dahulu lalu cuci terpisah dengan pakaian lainnya. Harap berhati-hati saat mengibas pakaian yang terkena serat fiber glasswool.

4. Usap dengan kain kasar

Apabila kamu sudah mencuci bagian tubuh atau kulit yang terkena glasswol, namun masih terata gatal atau seperti tertusuk maka kamu bisa lakukan pengusapan dengan kain kasar.

Tipsnya, usap bagian yang terkena secara searah, jangan mengusap bolak-balik karena hal tersebut hanya akan membuat serat menancap lebih dalam.

5. Hilangkan serat yang terlihat

Jika beberapa cara di atas telah kamu lakukan namun masalah belum teratasi, maka cobalah untuk menghilangkan serat glasswool tersebut.

Caranya ialah gunakan pingset atau penjepit kecil lainnya, sinari menggunakan cahaya cukup terang bagian tubuh yang terkena serat glasswool tadi.

Kemudian perhatikan secara perlahan dan secara kasat mata serat fiber glasswoll yang masih menempel atau menusuk kulit.

Jika sudah tampak maka cabut secara perlahan, dan cari lagi dimana sisa serat yang masih menempel secara teliti.

Cara satu ini cukup mudah namun memerlukan ketelitian, kesabaran dan kejelian mata tentunya.

6. Gunakan krim khusus iristasi

Adapun cara lainnya untuk meredakan gatal atau rasa tidak nyamat saat kulit terkena glasswool, yaitu dengan menggunakan krim maupun salep khusus anti iritasi dan gatal.

Caranya, bersihkan dahulu bagian tubuh yang terkena serat, kamu bisa mencuci dengan air mengalir kemudian lap dengan kain bersih, setelah itu beri alkohol secara merata dan selanjutnya baru kamu bisa berikan salep khusus anti iritasi.

Cara Pencegahan Terkena Serat Glasswooll

Adapun beberapa cara agar tidak terkena serat fiber dari gaspul yang bisa kamu lakukan. Berikut di antaranya :

1. Gunakan pelindung

Adapun bentuk pelindung ialah dengan menggunakan sarung tangan karet atau plastik, kaca mata untuk melindungi mata dan masker.

2. Hindari tiupan angin

Baiknya jangan melakukan kegiatan penukaran glasswool diluar ruangan terbuka yang banyak hembusan angin.

Selain itu hindari juga tiupan kipas angin. Tujuanya ialah agar serat tidak terbang dan berhamburan, hal ini karena serat berukuran kecil dan sangat halus sehingga buka tidak mungkin akan tertiup angin.

3. Hindari kontak pakaian

Selanjutnya, hindari kontak pakaian yang sudah terkena serat glasswool dengan pakaian lainnya, selain itu gunakan sarung tangan saat memengang pakaian tersebut.

4. Bersihkan tempat kerja

Untuk membersihkan tempat kerja yang berurusan dengan glasswool atau fiber sebaiknya jangan di sapu atau di tiup. 

Gunakan vacuum hisap (vacuum cleaner) atau bisa juga memakai kain yang sudah dibasahi sedikit air.

5. Bersihkan diri dengan mandi

Saat setelah bekeja, ada baiknya kamu langsung membersihkan diri dengan mandi terlebih dahulu.

Hal ini bertujuan agar serpihan glasswool yang menempel ditubuh bisa segera hilang saat mandi dan tidak menyebar kemana-mana.

Nah, itulah tips dan cara menghilangkan gatal akibat kena glasswool. Kamu bisa melakukan langkah-langkah diatas dalam upaya mengatasi sekaligus pencegahan.

Note: Jika sensasi gatal, perih, kemerahan, iritasi dan terasa seperti tertusuk jarum akibat terkena glasswool membuat kamu tidak nyaman dan tidak kunjung hilang dalam beberapa hari.

Kamu bisa kunjungi dokter untuk melakukan pengecekan lebih lanjut. Biasanya dokter akan memeriksa bagian tubuh kamu yang terkena dan memberikan resep obat salep sebagai pereda.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar tips sehat.

Artikel terkait : 


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel