CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Benarkah Pohon Kelembak Bisa untuk Rokok? - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Benarkah Pohon Kelembak Bisa untuk Rokok?

gambar tanaman kelembak klembak
Sumber foto : istockphoto
Healty99 - Kelembak bisa untuk rokok, benarkah demikian? Kelembak atau klembak merupakan tumbuhan dengan nama ilmiah Rheum officinale L. yang berasal dari suku Polygonaceae.

Ini adalah tumbuhan yang sering digunakan sebagai obat dan wangi-wangian. Sedangkan bagian yang dimanfaatkan ialah ada pada akarnya. 

Penasaran? Yuk kita simak sampai selesai.

Klembak di Buat Rokok

Di beberapa daerah kawasan di Indonesia seperti Yogyakarta dan Jawa Tengah, bagian dari akar tanaman kelembek di cari dan digunakan sebagai bahan baku campuran rokok. 

Mereka mengenalnya dengan klembak menyan atau rokok siong. Walaupun begitu, rokok klembak kurang populer dan jarang di jumpai di pasaran.

Cara Membuat Rokok Klembak

Pembuatan rokok kelembak atau klembak menyan sekilas caranya sebelas dua belas dengan membuat rokok tembakau pada umumnya.

Proses diawali dengan pemanenan akar, lalu dilakukan pemeraman, perajangan dan penjemuran.

Pertama, akar yang diambil haruslah seragam, sehingga cita rasa nantinya tidak berubah-ubah. Kemudian lanjut dengan pemeraman yang memakan waktu 2 sampai 7 malam (tergantung keadaan).

Setelah itu lanjut dengan proses pemilahan akar agar bentuk dan ukuran seragam. Perajangan nantinya dapat menentukan kualitas dan lama penjemuran.

Jika proses perajangan selesai, esok pagi rokok kelembak di jemur selama sekitar 2 hari, namun dalam hal ini tergantung panas matahari, bahkan bisa memakan waktu lebih lama.

Akar klembak yang sudah kering biasanya masih dilakukan pemeraman kembali, tujuanya ialah agar cita rasa dan aroma bisa lebih menyegat, baru setelah itu dicampur dengan tembakau, sedikit menyan dan dilinting menggunakan alat.  

Untuk pembungkus roko klembak (menyan) kamu bisa menggunakan kertas rokok ataupun kulit jagung yang telah dikeringkan.

Ciri khas rokok satu ini ialah mempunyai aroma yang sangat harum, bahkan jika merokok dalam ruangan aroma harumnya akan lama menghilang.

Nah, itulah perihal mengenai pohon kelembak yang bisa dijadikan rokok.

Baca terus informasi di healty99.com seputar tips lainnya.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel