18 Manfaat Daun Bidara sekaligus Ketahui Efek Sampingnya.

Manfaat daun bidara yang harus kamu ketahui.

manfaat daun bidara untuk tubuh
Sumber foto : istockphoto.
Bidara atau widara merupakan merujuk dari pada tanaman dengan nama latin Ziziphus mauritiana, pohon peredu kecil dan menghasilkan buah yang tentu saja sudah di kenal akan khasiatnya.

Namun yang akan kita bahas di sini ialah tentang manfaat daun bidara untuk kesehatan jika di konsumsi.

Konon katanya pohon satu ini banyak ditanam di sekitar perkarangan rumah untuk mengusir mahluk halus dan penangkal balak, selain itu pohon bidara juga telah di sebutkan dalam al-quran manfaatnya.

Namun terlepat dari itu semua daun bidara memang telah banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah penyakit, baik itu dari luar maupun dari dalam tubuh.

Daun bidara mengadung beberapa senyawa seperti flavonoid, saponin, alkaloid, triterpenoid, protein, lipid serta beberapa kandungan lainya berupa betulinik, antioksidan, asam seanoti dan tannin. Untuk itu simak apa saja manfaat daun bidara untuk kesehatan.

Manfaat Daun Bidara untuk Kesehatan 

1. Dapat Menjadi Obat Luka.

Jika kamu sedang teluka kecil seperti tertusuk paku, lecet, memar dan luka gores bisa kamu obati menggunakan tanaman satu ini.

Sifat  antiinflamasi dan antibakteri yang terkandung di dalam daun bidara bisa berguna untuk mencegah infeksi kuman pada luka serta mempercepat luka menjadi kering dan sembuh.

Baca juga : 

2.  Memperlancar Sistem Pencernaan 

Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu mampu melancarkan sistem pencernaan dan mengatasi masalah seperti sakit perut, diare dan sembelit.

Caranya dengan merebus beberapa lembar daun bidara lalu kemudian airnya di minum sebanyak dua kali sehari hingga sakit perut hilang. 

3. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat.

Terdapat beberapa kandungan antioksidan di dalam daun bidara yang bisa menurunkan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida di dalam tubuh secara bertahap.

Cukup konsumsi air rebusan daun bidara seraca rutin maka kamu akan merasakan adanya penurunan kadar kolesterol dari dalam tubuh.

4. Meredakan Gejala Demam 

Daun bidara bisa juga kamu manfaatkan untuk meredekan panas tubuh akibat dari reaksi demam yang sedang terjadi.

Selain itu sifat antiinfalamasi, antiradang dan antipiretik pada daun bidara mampu melawan infeksi yang sedang menyerang tubuh baik itu karena virus, bakteri atau patogen lainya.

Manfaat daun bidara.

5. Daun Bidara Mengatasi Gangguan Lambung.


Jika kamu sedang merasakan tidak nyaman pada area perut dan lambung seperti rasa mual serta sering bersendawa cobalah untuk menggunakan ramuan tradisional dari daun pohon bidara sebagai obat alternatifnya.

Kamu hanya perlu meminum air rebusan daun bidara saja saat masalah tersebut melanda, selain itu meminum air rebusanya juga bisa berguna untuk meredakan gangguan lambung akibat dari pola makan yang beraturan.

Baca juga :

6. Atasi Masalah Rambut.

Kamu bisa menggunakan air bekas rebusan daun bidara untuk keramas atau sebagai hair tonic dalam merawat rambut, setelah itu tutup dengan handuk kering selama beberapa menit.

Lakukan paling tidak dua kali dan setelah itu bilas dengan air mengalir, menggunakan air rebusan daun bidara di ketahui dapat menjaga kekuatan rambut dan mencegah kerontokan.

Namun jangan kecewa jika tidak berhasil, pasalnya setiap orang mempunyai jenis kulit kepala yang berbeda-beda.

7. Manfaat Daun Bidara dalam Mengobati Diabetes 

Daun bidara mempunyai kandungan yang mampu menurukan jumlah gula (glukosa) yang berlebih dalam darah, sehingga bisa diklaim dapat mencegah dan mengobati penyakit diabetes dan kencing manis.

Selain itu beberapa kandungan yang bersifat antioksidan pada daun bidara juga berperan aktif dalam merangsang kerja hormon insulin di dalam tubuh.

8. Mencegah Kerusakan Gigi.

Manfaat daun bidara berikutnya yaitu bisa memperkuat serta mencegah kerusakan gigi, karena mempunyai kandungan mineral kalsium yang cukup banyak.

Selain itu kamu bisa menggunakan air rebusan daun bidara sebagai obat kumur-kumur untuk membunuh kuman dan mehilangkan bau tak sedap.

Baca juga :

9.  Membantu Dalam Detoks tubuh.

Manfaat daun bidara dapat berguna untuk membantu tubuh dalam melakukan detoksifikasi alaminya.

Cukup konsumsi air rebusan daun bidara beberapa hari maka itu sudah dapat membantu tubuh dalam mengeluarkan cairan metabolisme yang sudah tidak berguna, racun serta zat kimia yang berbahaya melalui urine dan keringat.

10. Mengatasi Wasir.

daun bidara untuk wajah
Sumber foto : Istockphoto/daun bidara.
Cobalah untuk meminum air rebusan dari daun bidara untuk mengobatai masalah wasir, kandungan dari daun tanaman bidara di klaim dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan akibat wasir.

Selain itu kamu juga bisa mencobanya untuk mencegah timbulnya wasir dan permasalahan lainya.

Baca juga :

11. Mencegah Sel Kanker Berkembang.

Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu di percaya bisa menangkal sel kanker berkembang lebih lanjut dan menceganya menjangkit jaringan sel sehat di sekitarnya.

Selain itu kandungan antioksidan pada daun bidara dapat berguna untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh agar bisa melawan penyakit kanker secara alami.

12. Menstabilkan Tekanan Darah.

Jika kamu mempunyai masalah tekanan darah yang tidak stabil cobalah untuk mengkonsumsi air rebusan daun bidara secara rutin.

Konsumsi paling tidak dua gelas sehari hingga beberapa hari kedepan, jika ada perobahan maka cara satu ini cocok dengan kamu, dan apabila tidak ada perobahan segera hentikan penggunaan daun bidara.

13. Membantu Menurunkan Berat Badan. 

Selain beberapa manfaat yang telah di sebutkan tadi, air rebusan daun bidara juga bisa bisa bermanfaat untuk mengurangi berat badan yang berlebihan, dengan cara membantu tubuh dalam membakar lemak dan karbohidrat di dalam tubuh.

Efek ini akan lebih maksimal jika kamu mengatur pola hidup dan makan-makanan yang sehat.

14. Menyehatkan Organ Jantung. 

Daun bidara ternyata bisa bermanfaat dalam menjaga organ jantung agar lebih sehat dalam memopa darah keseluruh tubuh. 

Kamu bisa mendapatkan manfaat daun bidara dengan cara mengkonsumsi air rebusanya secara teratur.

15. Mengatasi Masalah Keputihan.


Masalah satu ini kerap kali bikin para wanita merasa tidak nyaman, pasalnya keputihan yang berlebihan meindikasikan adanya masalah pada organ intim wanita.

Untuk itu cobalah menggunakan manfaat daun bidara sebagai bahan alami dalam mengatasi keputihan yang sedang terjadi, gunakan air rebusan daun untuk membersihkan area luar miss V saat mandi.

Baca juga :

16. Memperkuat tulang.

Manfaat daun bidara selanjutnya yaitu di klaim mampu memperkuat tulang karena terdapatnya kandungan kalsium di dalamnya.

Belum di ketahui pasti kebenaran akan ke efektivitasanya daun bidara dalam menjaga kesehatan tulang, terlebih lagi berapa banyak jumlah yang harus di konsumsi tubuh. 

17. Mengatasi Masalah Flu, Pilek dan Batuk. 

Kamu bisa menggunakan manfaat daun bidara sebagai obat herbal untuk meredakan penyakit flu, pilek dan batuk yang sedang kamu alami.

Caranya hanya cukup menggunakan ekstrak minyak dari daun bidara yang kemudian di campur dengan air dan di minum.

18. Mengatasi Masalah pada Kulit.

Manfaat daun bidara yang terakhir adalah bisa kamu gunakan untuk mengobati masalah pada kulit seperti jerawat dan bisul.

Kandungan antibakteri dan antiinflamasi pada daun bidara dapat berguna dalam membunuh bakteri penyebab timbulnya jerawat dan bisul.

Cara menggunakanya cukup mudah, ambil beberapa lembar daun bidara kemudian tumbuk hingga halus, setelah itu tempelkan pada area kulit yang terdapat jerawat atau bisul.

Itulah beberapa kumpulan manfaat daun bidara.

Baca juga :

Efek samping penggunaan.

Kamu bisa menggunakan khasiatnya secara keseluruhan namun jangan telalu berlebihan dalam menggunakanya, karena di takutkan menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Jika kamu ingin menggunakanya sebagai obat secara rutin ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter kepercayaan kamu, baik itu efek samping jika di gunakan bersamaan obat lainya hingga riwayat penyakit sebelumnya.

Beberapa efek samping dari mengkonsumsi daun bidara secara berlebihan memungkinkan terjadinya ganguan sistem pencernaan, rasa tidak nyaman pada perut serta gangguan cairan tubuh.

Sekian pembahasan tentang manfaat daun bidara.

Buka Komentar

0 Response to "18 Manfaat Daun Bidara sekaligus Ketahui Efek Sampingnya."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i