9 Manfaat Daun Kari dan Kandunganya untuk Kesehatan.

Ini dia manfaat daun kari.

manfaat daun kari untuk tubuh
Sumber foto : pixabay/daun kari.
Daun kari atau biasa di kenal juga dengan salam koja yaitu merujuk dari pada pohon dengan nama latin Murraya koenigii yang berasal dari India. Pemanfaatan tanaman satu ini terletak pada daunya yang kecil, manfaat daun kari biasanya dipakai sebagai campuran bumbu pada masakan.

Namun tahukah kamu selain di pakai pada campuran bumbu masakan daun kari juga banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit ringan. 

Beberapa kandungan senyawa yang terdapat pada daun kari berupa alkaloid, antioksidan, asam amino, minyak atsiri ( α-pinena, β-phellandrena, sabinena, β-pinena, β-caryophyllene, limonena, bornyl acetate, terpinen-4-ol, γ-terpinena serta α-humulena). Selain itu terdapat juga beberapa nutrisi seperti karbohidrat, kalium, fosfor, besi, vitamin C, A, B dan E.

Berikut beberapa khasiat daun kari untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui.

Manfaat daun kari untuk kesehatan.

1. Mengontrol gula darah.

Hasil dari sebuah penelitian uji coba terhadap hewan dengan memberikan ekstrak dari daun kari menunjukan hasil dimana adanya penurunan kadar gula darah yang berlebihan sehingga dapat mencegah resiko penyakit diabetes dan gangguan kesehatan lainya akibat gula berlebih.

Namun kamu jangan menggunakan tanaman daun kari secara mentah-metah (langsung) walau hasil penelitian menunjukan ke arah yang baik, akan tetapi pengujian terhadap manusia masih terus di tinjak lanjuti terlebih lagi dampak yang akan timbul kedepanya.

2. Manfaat daun kari untuk rambut.

Kamu bisa menggunakan daun kari untuk menjaga kesehatan rambut kamu loh. Terdapatnya beberapa kandungan seperti antioksidan, asam amino, protein, vitamin C dan E dan lainya yang dapat berguna untuk mencegah kerontokan rambut, mengatasi rambut kusam, kering dan bercabang.

Selain itu manfaat daun kari lainya dapat menjaga kelembapan kulit kepala, mencegah ketombe datang, menghilangkan rasa gatal serta mampu menutrisi rambut dari luar.

Baca juga :

3. Daun kari meredakan nyeri.

daun kari pereda nyeri
Terdapat beberapa senyawa penting tanaman kari yang menunjukan bahwa mampu mengurangi rasa nyeri dan peradangan pada mahluk hidup, namun sayangnya ekstrak senyawa yang terdapat pada daun kari baru di ujicobakan pada hewan tikus kecil.

Sedangkan untuk pengujian pada manusia untuk kedepanya masih perlu di pertimbangkan, terlebih lagi dari segi khasiat maupun efek sampingnya.

4. Mampu bersifat antibakteri.

Karena seringnya terjadi kasus infeksi pada manusia baik itu gejala ringan hinga berat, maka dari itu salah satu cara penanganan paling mudah yaitu dengan meningkatkan antibody itu sendiri.

Selain itu adapun cara lain dengan menggunakan beberapa ekstrak dari tanaman yang memang mengandung senyawa antiboitik, dan salah satu senyawa tersebut terdapat pada tanaman daun kari dalam bentuk minyak atsiri.

Dengan adanya kemampuan minyak atsiri pada tanaman yang mampu mencegah infeksi maka akan menjadi sebuah langkah yang besar dalam pengobatan untuk kesehatan manusia.

5. Manfaat daun kari untuk kulit.

Kegunaan selanjutnya dari daun salam koja yaitu bisa kamu gunakan untuk mengobati luka pada kulit, seperti halnya luka memar, lecet, luka tertusuk paku, bisul dan borok.

Sifat dari kandungan daun kari berupa antibakteri, antijamur dan antiradang mampu berguna untuk mencegah infeksi kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Kamu bisa menggunakan daun tanaman kari dengan cara menumbuknya hingga halus yang kemudian di tempelkan pada area kulit yang bermasalah.

6. Kefektivitas dalam membunuh sel kanker.

Keefektivitas daun kari dapat melawan sel ubnormal di dalam tubuh karena memiliki senyawa anti-kanker yang terkadung di dalamya, senyawa tersebut di klaim dapat mencegah pertumbuhan kanker payudara dan kanker serviks.

Walau mempunyai kemampuan dalam mencegah kanker namun sayangnya ekstrak dari manfaat daun kari belum sepenuhnya bisa digunakan pada manusia terlebih lagi untuk mengetahui efek samping lainya jika digunakan berdampingan dengan obat-obatan lain.

7. Diklaim dapat menjaga kesehatan jantung.

salam koja atasi hipertensi

Salah satu masalah yang sering mengancam kesehatan jantung ialah kadar kolesterol jahat yang berlebihan di dalam tubuh, lemak trigliserida dan tentu saja penyakit gula darah.

Untuk itu hasil dari sebuah penelitian mengungkapkan bahwasanya ekstrak dari daun kari mempunyai kemampuan dalam mengurangi kadar lemak jahat (trigliserida) pada saluran pembuluh darah secara siknifikan, sehingga resiko penyumbatan aliran darah dapat terhindarkan.

Namun sayangya lagi-lagi penelitian tersebut masih menguji cobakan pada hewan tikus.

Baca juga :

8. Manfaat daun kari untuk kesehatan tubuh.

Kamu bisa menggunakan khasiat daun kari untuk menjaga kesehatan tubuh dari berbagai serangan penyakit loh. Terdapatnya beberapa senyawa seperti antioksidan, vitamin, kalium, asam amino serta kandungan minyak atsiri yang dapat berguna untuk tubuh.

Selain itu dengan menggunakan daun kari pada makanan diketahui pada mencegah paparan radikal bebas yang berasal dari lingkungan, mencegah masalah pada area pencernaan serta meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terinfeksi penyakit.

9. Menurunkan berat badan.

Manfaat daun kari selanjutnya di klaim dapat berpotensi untuk menurunkan berat badan yang berlebihan dengan cara mengurangi penyerapan lemak dari makanan serta membantu tubuh dalam memproses lemak menjadi energi.

Namun sayangnya belum di ketahui pasti berapa jumlah dosis pemakaian daun kari untuk menurunkan berat badan yang berlebih, pasalnya jika tanpa ukuran dalam penggunaan di takutkan dapat memberikan efek samping yang lain untuk tubuh.

Nah itulah beberapa manfaat dari daun kari untuk kesehatan.

Efek samping daun kari.

Untuk efek samping dari penggunaan daun tanaman kari belum di ketahui akan dampak yang di berikan sehingga di sarankan jangan terlalu berlebihan dalam pengguaan dalam tubuh.

Akan tetapi berdasarkan kandungan senyawa yang terdapat di dalamnya, kemungkinan sebagian besar dapat menyebabkan reaksi sakit perut, mual dan gangguan pencernaan. Selain itu ada baiknya kamu konsultasikan ke dokter terhadap penggunaan daun kari bersamaan obat-obatan lain serta riwayat penyakit yang sedang kamu alami.

Cukup sampai disini pembahasan manfaat daun kari.

Buka Komentar

0 Response to "9 Manfaat Daun Kari dan Kandunganya untuk Kesehatan."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i