CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 15 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu! - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

15 Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu!

Manfaat Biji Mahoni untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu
manfaat biji mahoni

Mahoni merupakan pohon dengan nama ilmiah Swietenia macrophylla berbatang besar, rimbun dan tinggi, umunya tanaman satu ini di manfaatkan bagian batang dan biji buahnya. Batangnya yang keras dan kuat kebanyakan di gunakan sebagai bahan baku bangunan dan funiture, sedangkan bagian bijinya di manfaatkan sebagai obat tradisional. Tak banyak yang mengetahui bahwa biji dari pohon mahoni mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan, maka dari simak terus di bawah ini apa saja manfaat biji mahoni.

Buah mahoni yang masih muda umunya berbentuk lonjong atau oval, dan akan jatuh saat sudah tua (mengering), di dalam buahnya terdapat bagian berlapis-lapis berwarna coklat yang merupakan biji dari tanaman mahoni sendiri, biji utamanya di lapisi semacam selimut yang mirip dengan busa. 

Untuk rasa jangan di tanya, biji mahoni yang sudah mengering mempunyai rasa pahit dan getir yang luar biasa, bahkan rasa pahitnya mengalahkan dari tanaman brotowali dan daun pepaya.

Manfaat biji mahoni untuk kesehatan.

1. Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh.

Jika kamu mempunyai masalah gula darah yang tinggi, maka cobalah untuk mengkonsumsi biji mahoni secara rutin paling tidaknya sehari 1 kali. Kandungan senyawa yang ada di dalam biji mahoni di ketahui mampu merangsang produksi insulin untuk mengatur gula atau gloukosa di dalam tubuh menjadi energi.

Tak hanya sampai di situ kandungan antioksidan seperti saponin, tanin dan flavonoid yang ada di dalamnya juga berperan menurunkan kadar gula di dalam tubuh secara bertahap, sehingga dapat mencegah yang namanya penyakit diabetes. 

Kamu yang sehat juga dapat mengkonsumsinya loh namun jangan terlalu berlebihan. 

2. Mencegah dan meredakan demam.

Demam merupakan suatu masalah di mana naiknya suhu tubuh dari batas normal pada umunya, hal ini dapat di sebabkan berbagai hal namun yang paling utama adalah adanya infeksi kuman, bakteri maupun patogen yang masuk ke dalam tubuh, namun adapun beberapanya dapat di sebabkan oleh jenis obat-obatan, vaksin.

Untuk itu buah atau biji mahoni sendiri mempunyai sifat alami yaitu antibakteri, antiinflamasi, antiradang serta antiparasit, yang mana dalam hal ini bisa menjadi obat untuk penangan masalah demam yang di akibatkan oleh infeksi kuman, bakteri dan virus. 

Jika sewaktu-waktu tubuh kamu mulai terasa gejala demam atau meriang cobalah konsumsi biji mahoni lebih awal agar manfaat yang di dapat lebih cepat bereaksi. 

Baca daftar tanaman obat lainya untuk atasi demam dan malaria disini.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat biji mahoni selanjutnya yaitu mampu meningkatkan daya tahan tubuh kamu. Hal ini bukan isapan belaka karena biji mahoni sendiri telah kita ketahui mengandung tinggi akan senyawa antioksidan berupa saponin, flavonoid dan tanin. 

Tiga senyawa tersebut merupakan bagian dari antioksidan yang di ketahui mampu melindungi tubuh dari namanya serangan penyakit baik itu penyakit ringan ataupun jangka panjang.

Bagi kamu yang ingin mengkonsumsi biji mahoni untuk meningkatkan daya tahan tubuh di sarankan jangan terlalu berlebihan, cukup mengkonsumsinya saat di rasa memang membutuhkan contohnya di saat musim penghujan dan aktivitas yang berlebihan, dimana hal tersebut memabg tubuh kamu membutuhkan daya tahan yang kuat agar tidah mudah drop.

4. Mengatasi masalah sembelit.

biji mahoni atasi sembelit
Sembelit merupakan masalah pencernaan dimana terjadinya penumpukan feses pada bagian usus besar, yang mana dari penumpukan tersebut lama kelamaan akan mengeras dan membuatnya sulit untuk keluar sehingga dapat membuat rasa tidak nyaman pada area perut. 

Penyebabnya pun beragam mulai dari jarangnya mengkonsumsi sayuran hijau, buah-buahan dan kurangnya konsumsi air. 

Nah kalau sudah begitu cobalah untuk menelan satu biji mahoni untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Konsumsi satu kali perhari hingga masalah sembelit sudah mulai lancar, namun ada baiknya juga kamu mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran sebagai pendukung untuk membersihkan sisa-sisa feses yang menumpuk di saluran pencernaan.

5. Manfaat biji mahoni untuk mencegah dan mengobati malaria.

Malaria sendiri merupakan masalah penyakit yang di sebabkan oleh parasit Plasmodium yang di tularkan melalui gigitan nyamuk. 

Prasit tersebut akan memasuki jaringan tubuh dan akan terbawa oleh aliran darah hingga ke bagian organ hati dan akan berkembang biak di sana.

Lantas bagaimana biji mahoni bisa mencegah penyakit malaria? Bagian dari biji alias buah mahoni mengandung senyawa zat Quinine yaitu senyawa alkaloid kuat bersifat analgesik, antimalaria, antiinflamasi, antiperik dan antiradang.

Nah Quinine sendiri dapat menjadi obat sekaligus mencegah berkembang biak segala parasit berbahaya yang ada di dalam tubuh, salah satunya parasit Plasmodium penyebab malaria. 

6. Meredakan nyeri saat haid.

Nah, yang satu ini sangat bermanfaat bagi para wanita. Nyeri saat masa haid sedang berlangsung terkadang sangat mengganggu dan beberapa dari wanita ada yang tidak tahan sehingga terkadang aktifitas harian menjadi tertunda. 

Untuk mengurangi rasa nyeri tersebut ada baiknya kamu jangan terlalu terburu-buru mengkonsumsi obat-obatan instan.

Jika di tempat kamu terdapat banyak tanaman mahoni cobalah mengambil bijinya untuk di konsumsi, biji mahoni sendiri di ketahui cukup ampuh untuk mengurangi rasa nyeri saat sedang haid. 

Konsumsi 1 kali sehari sebelum masa haid tiba hingga dua hari kedepan.

7. Meningkatkan nafsu makan.

Apa kamu termasuk orang yang mempunyai nafsu makan yang kurang? Jika iya cobalah untuk mengkonsumsi biji dari buah mahoni. 

Umunya orang-orang akan menggunakan rempah temulawak untuk meningkatkan nafsu makan, namun jika kamu tidak mempunyai tanaman tesebut bisa mengantinya dengan biji mahoni.

Dengan meningkatnya nafsu makan maka berat badan kamu juga bisa bertambah dan sesuai dengan yang kamu inginkan.

8. Mengobati diabetes.

Manfaat biji mahoni mengatasi diabetes
Sumber foto : pixabay.
Sebelumnya diatas memang biji mahoni mampu mengontrol gula darah di dalam tubuh sebagai pencegahan agar tidak terkena penyakit diabetes, namun bagi penderita diabetes akut juga dapat mengkonsumsinya sebagai obat alami untuk mengobati diabetes secara bertahap.

Namun hal ini ada baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau pusat kesehatan terhadap penggunaanya terlebih lagi jika kamu mempunyai riwayat penyakit lain.

9. Melancarkan peredaran darah.

Manfaat biji mahoni selanjutnya yaitu di ketahui dapat melancarkan peredaran darah keseluruh tubuh. Hal tersebut di karenkan terdapatnya senyawa flavonoid yang merupakan salah satu antioksidan yang mampu membersihkan pembuluh darah dari penumpukan plak-plak dan kolesterol jahat.

Dengan begitu maka beberapa masalah seperti hipertensi (tekanan darah tinggi), serangan jantung dan stroke dapat lebih jauh terhindar tentunya.

10. Mencegah peradangan.

Seperti yang kita sudah ketahui di atas biji mahoni mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan jika di konsumsi secara benar dan tidak berlebihan, sifatnya yang antiinflamasi, antiradang, antiperik dan antiparasit mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit yang salah satunya menyebabkan peradangan baik di luar dan di dalam tubuh.

Gimana? Pahit-pahit gini mempunyai manfaat yang luar biasa loh, tertarik mencobanya?

Baca juga :

11. Mengontrol berat badan.

Tak hanya menambah nafsu makan, biji mahoni juga mampu mengontrol berat badan kamu loh terlebih lagi jika kamu ingin mendapatkan berat badan yang ideal. 

Heran? Beberapa kandungan senyawa antioksidan dan lainya pada biji mahoni di ketahui dapat mengurangi lemak yang menumpuk di dalam tubuh dengan cara mengoksidasikan atau membakar lemak secara bertahap serta menggunakanya sebagai energi.

Kamu dapat menggunakan kedua manfaatnya sekaligus, alihkan nafsu makan kamu ke makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan dan kacang-kacangan kemudian manfaat satunya lagi di lakukan dengan sambil berolahraga secara rutin dan teratur. 

Dengan begitu berat badan kamu akan turun secara cepat.

12. Atasi alergi.

Manfaat biji mahoni selanjutnya yaitu dapat menjadi obat untuk mengatasi alergi, beberapa alergi yang di sebabkan oleh kuman, bakteri, virus dan makanan di ketahui dapat dikurangi gejalanya dengan mengkonsumsi biji mahoni.

Di ketahui kandungan saponin di dalamnya mampu bersifat antihistamin yaitu kemampuan dalam mengurangi reaksi alergi pada kulit. 

Namun jika kamu ragu terhadap alergi apa yang kamu alami sebaiknya jangan di konsumsi dan berilah penanganan terbaik dengan ke dokter spesialis.

13. Mencegah penyakit kardiovaskular.

Sebuah study penelitian dari Journal of Translational Medicine mengemukakan bahwa orang yang mengkonsumsi flavonoid dalam jumlah yang di butuhkan mampu mengurangi resiko terkena masalah penyakit kardiovaskular lebih jauh. 

Nah, senyawa flavonoid sendiri juga terdapat pada bji mahoni loh.

Cara kerjanya yaitu dengan menghambat penyerapan lemak jenuh dari makanan dan mengontrol jumlah kolesterol jenis LDL (kolesterol jahat) di dalam tubuh.

14. Alternatif sumber antioksidan.

Biji mahoni dapat kamu gunakan untuk suplemen sumber antioksidan untuk menjaga kesehatan di dalam tubuh, namun tetap saja mengkonsumsi biji mahoni secara berlebihan kemungkinan akan berdampak buruk untuk kesehatan di kemudian hari.

Sebenarnya kamu bisa mendapatkan asupan antioksidan pada makanan lain seperti buah-buahan dan sayuran hijau, namun jika kamu mau menggunakan biji mahoni sebagai asupan lainya tidak jadi masalah.

15. Manfaat biji mahoni menangkal radikal bebas.

Seperti yang kita ketahui senyawa antioksidan dalam jumlah yang dibutuhkan dapat menjadi pelindung untuk tubuh salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah paparan radikal bebas yang berasal dari lingkungan dan menangkal serangan penyakit harian serta beberapa penyakit kardiovaskular lainya,

Itulah beberapa manfaat biji mahoni yang harus kamu ketahui.

Secara garis besar penelitian terhadap biji atau buah mahoni sendiri masih perlu diketahui lanjut, terlebih lagi terhadap dampak yang di berikan oleh tubuh. 

Namun penggunaanya sudah sejak lama sebagai obat tradisional dalam mengatasi beragam masalah penyakit sehingga terkadang hingga kini masih digunakan.

Yang perlu di perhatikan ialah jangan terlalu berlebihan dalam menggunakanya, walaupun mempunyai manfaat yang super bukan berarti tidak mempunyai efek samping.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel