11 Manfaat Daun Sambiloto dan Efek Sampingnya untuk tubuh.

Simak manfaat daun sambiloto dan efek sampingnya.

khasiat dari tanaman sambiloto
Sumber foto : iStockphoto.
Andrographis paniculata atau biasa di sebut dengan sambiloto merupakan tumbuhan obat yang telah digunakan sejak lama, di ketahui sambiloto berasal dari kawasan Asia tropis seperti India, Sri langka dan termasuk Indonesia. Simak manfaat daun sambiloto.

Nah bagi kamu yang penah mengkonsumsi tanaman satu ini pasti sudah tau rasanya bukan? Tanaman sambiloto memang mempunyai rasa yang cukup pahit di lidah, namun jangan salah di balik rasa pahitnya daun sambiloto mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan.

Daun sambiloto mempunyai beberapa senyawa yang dapat berguna untuk tubuh diantaranya antioksidan, alkaloid, saponin, tanin dan flavonoid, serta terdapat juga beberapa senyawa lain seperti panikulin, kalmegin, lakton dan hablur kuning.

Untuk itu berikut beberapa manfaat daun tanaman sambiloto untuk kesehatan yang harus kamu ketahui.

Manfaat daun sambiloto.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh.

Mengkonsumsi daun sambiloto secara rutin diketahui dapat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh kamu lebih kuat terhadap serangan penyakit ataupun infeksi.

Dengan meningkatnya sistem pertahanan tubuh (imun) maka beberapa serangan penyakit infeksi yang di akibatakan oleh virus, bakteri dan paktogen lainya dapat dengan mudah teratasi.

2. Baik untuk pencernaan.

Hasil dari pada sebuah penelitian yang memahami manfaat daun sambiloto untuk area pencernaan di ketahui dapat mencegah terjadinya komplikasi pada area usus.

Tak hanya itu tim peneliti tersebut juga mengemukakan bahwa dengan mengkonsumsi daun sambiloto sebagai obat selama delapan minggu memberi dampak positif terhadap penyakit radang usus dan infeksi, dimana dapat mengurangi tingkat keparahanya.

Baca juga :

3. Mengurangi gejala flu dan pilek.

sambiloto obat pilek dan flu
Sumber foto : iStockphoto.
Manfaat daun sambiloto berikutnya yaitu bisa kamu gunakan sebagai obat untuk meredakan gejala flu dan pilek yang sedang melanda.

Cara menggukanya kamu bisa merebus daun sambiloto dengan di tambah potongan jahe merah yang kemudian di minum 3 kali sehari hingga flu dan pilek berkurang.

4. Melancarkan saluran kecing.

Daun sambiloto dapat berkerja sebagai obat diuretika yaitu mampu membuang kelebihan kadar garam dan cairan di dalam tubuh bersamaan dengan urine.

Sehingga dengan mencegah terjadinya penumpukan mineral garam, resiko batu ginjal dan infeksi kandung kemih dapat di cegah lebih awal.

Tak hanya itu saja mengkonsumsi air rebusan daun sambiloto juga mampu membuang racun dan zat-zat kimia yang tidak diperlukan oleh tubuh.

5. Manfaat daun sambiloto atasi demam.

Terdapat beberapa sifat senyawa yang terkandung di dalam tanaman sambiloto mulai dari antipiretika, antiinflamasi, antiradang serta antibakteri, sehingga dapat memungkinkan untuk mencegah infeksi yang sedang terjadi di dalam tubuh dan menurunkan suhu badan hingga kembali normal.

Kamu bisa mendapatkan khasiat tanaman satu ini dengan cara merebus daun sambiloto bersamaan dengan daun pepaya yang kemudian airnya di konsumsi secara rutin 3 kali sehari hingga demam sembuh.

Memang obat ini akan terasa pahit namun memiliki khasiat penawar panas yang ampuh untuk mengatasi demam.

Baca juga :

6. Obat luka.

khasiat sambiloto mengobati luka

Kamu bisa memanfaatkan tanaman satu ini untuk mencegah terjadinya infeksi pada luka kulit loh, seperti luka tertusuk paku, luka lecet dan memar.

Caranya cukup ambil beberapa lembar daun sambiloto kemudian remas hingga halus kemudian tempelkan pada area luka.

7. Sambiloto menurunkan kadar gula dan kencing manis.

Gula (glukosa) memang sangat di butuhkan oleh tubuh sebagai sumber energi dan kegunaan lainya, tanpa gula organ-organ tubuh tidak akan bekerja dengan semestinya terutama otak.

Namun kelebihan gula juga akan berdampak buruk untuk kesehatan terlebih lagi jumlah asupannya yang yang melebihi dari batas normal sehingga bisa memicu masalah penyakit diabetes dan kencing manis.

Untuk itu kamu bisa menggunakan manfaat daun sambiloto dalam mengontrol gula darah yang berlebihan, mengkonsumsi rebusan sambiloto mampu memberikan kadar penurunan gula darah yang hampir sebanding dengan pemberian obat glibenclamid.

8. Mencegah penyakit malaria.

Khasiat berikutnya yaitu mampu mencegah serangan penyakit malaria yang di bawa oleh nyamuk.

Beberapa kandungan seperti antioksidan, alkaloid, flavonoid serta sifat antiradang dan aintiinflamasi dapat berguna untuk mencegah penyebaran parasit Plasmodium ke seluruh tubuh dan mengurangi dampak dari peradangannya.

Baca juga : 

9. Daun sambiloto mengurangi nyeri sendi.

Menurut sebuah penelitian bahwa dengan mengkonsumsi air rebusan daun sambiloto di klaim dapat mengurangi rasa nyeri pada area sendi dan kaku terutama pada lansia.

Namun untuk nyeri sendi di akibatkan oleh asam urat belum di ketahui pasti apakah dapat diatasi dengan tanaman satu ini, pasalnya asam urat timbul karena kelebihan zat purin di dalam tubuh.

10. Mengatasi sakit tenggorokan.

Kamu sering mengalami sakit tenggorokan, batuk dan panas dalam? Coba obat tradisional dari daun sambiloto, caranya ambil beberapa tangkai tanaman sambiloto kemudian di tumbuk halus, setelah itu beri sedikit air kemudian saring.

Cukup dapatkan kira-kira 1/4 gelas air perasan daun sambiloto lalu kemudian di konsumsi sehari sekali hingga sakit tenggorokan hilang.

Ramuan ini juga di klaim dapat mencegah penyakit amandel, mengatasi masalah pernapasan dan radang ternggorokan loh.

11. Manfaat daun sambiloto dalam menurunkan tekanan darah.

Daun sambiloto menurunkan tekanan darah.

Terdapatnya beberapa senyawa penting pada tanamans sambiloto seperti kalium dan antioksidan yang dapat berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah yang berlebihan.

Namun tidak disarankan untuk mengkonsumsinya secara berlebihan karena bisa memicu permasalahan lain.

Kamu bisa mendapakan khasiatnya dengan mengkonsumsinya sebagai lalapan saat makan ataupun dengan meminum air rebusanya secara teratur.

Nah itulah beberpa manfaat daun sambiloto untuk kesehatan.

Efek samping daun sambiloto.

Efek samping akan dapat terjadi apabila kamu menggunakanya dengan cara yang berlebihan serta tanpa adanya takaran jumlah.

Beberapa efek samping ringan bisa berupa diare, nafsu makan berkurang, muntah, sakit perut, sakit kepala, dan kelelahan.

Penggunaan dalam dosis besar kemungkinan dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada area kelenjar getah bening, memicu alergi serta gangguan organ hati.

Walau mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan namun untuk penggunaan jangka panjang ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter kepercayaan kamu, terlebih lagi terhadap efek samping penggunaanya dengan bersamaan obat lainya ataupun mempunyai riwayat penyakit yang sedang di alami.

Cukup sampai disini pembahasan tentang manfaat daun sambiloto.

Semoga bermanfaat.

Buka Komentar

0 Response to "11 Manfaat Daun Sambiloto dan Efek Sampingnya untuk tubuh."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i