Cara Mengatasi Sembelit dengan Mudah.

Cara mengatasi sembelit dan mencegahnya.

cara mudah mengatasi sembelit
sumber foto : pixabay/drink water
Sembelit merupakan salah satu masalah pada sistem pencernaan atau di kenal dengan konstipasi. Tepatnya merujuk pada seseorang yang mengalami masalah saat buang air besar di akibatkan feses atau kotoran yang mengeras. Simak cara mengatasi sembelit.

Penyebab utama mudahnya seseorang mengalami sembelit ialah frekuensi BAB yang selama 1 minggu hanya 3 x atau bahkan kurang, dengan menahan buang air besar maka resiko penyakit sembelit sangat mudah terjadi. Jika sudah begitu maka kamu akan membutuhkan waktu di wc lebih lama serta kemungkinan akan merasa nyeri saat buang kotoran.

Tak hanya itu saja, terdapat berbagai penyebab lainya seseorang bisa mengalami masalah sembelit atau susah buang air besar contohnya.

1. Kurangya meminum air putih.

Air putih tak hanya di gunakan untuk mengembalikan cairan tubuh saja, air putih juga perperan dalam mencegah pengerasan feses pada area usus. Hal tersebut karena usus juga menyerap cairan pada pencernaan untuk di gunakan kembali kedalam tubuh, sehingga jika kamu kurang mengkonsumsi air maka akan sangat mudah untuk menalami sembelit.

2. Kurangnya mengkonsumsi makanan berserat.

Serat sangat penting di dalam sistem pencernaan, selain untuk membersihkan usus serat juga dapat berguna untuk mejaga agar feses tidak mengeras.

3. Menahan BAB.

Sebaiknya BAB jangan di tahan terlalu lama bahkan menahanya hingga esok, hal tersbut lah yang membuat penumpukan feses terjadi pada usus besar dan membuatnya memadat sehingga akan sulit untuk di keluarkan. Ada baiknya kamu melakukan buang air besar setiap hari saat pagi.

4. Duduk terlalu lama.

Duduk yang terlalu lama atau atau kurangnya bergerak dapat memicu terjadinya pengerasan feses pada area usus. 

5. Adanya masalah pada saluran pencernaan.

Beberapa masalah mungkin terjadi pada saluran pencernaan yang memungkinkan terjadinya sembelit, salah satunya dapat berupa ambeien dan kanker usus besar.

6. Pengaruh obat.

Terdapat beberapa jenis obat yang di konsumsi memungkinkan terjadi masalah sembelit pada seseorang.

7. Makan-makanan yang tidak sehat.

Pengaruh masalah sembelit pun dapat terjadi karena makanan, contohnya seperti makanan kering, gorengan dan makanan siap saji.

Nah itulah beberapa penyebab kamu bisa mengalami yang namanya sembelit atau susah buang air besar. Lantas bagaimana cara mengatasi sembelit?

Baca juga :

Bagaimana cara mengatasi sembelit?

Walau penyebab terjadinya sembeli cukup banyak ternyata kamu bisa mengatasinya dengan mudah loh. Berikut beberapa cara mengatasi sembelit.

Beberapa cara mengatasi sembelit yang sedang terjadi.

1. Perbanyak konsumsi air putih.

Hal yang paling mudah dan banyak melimpah ialah perbanyak konsumsi air putih. Fungsi dan peranan air putih di dalam tubuh sangat penting, selain menghilangkan dahaga, beberapa peranan air putih ialah menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, meningkatkan daya tahan, melancarkan saluran kecing, membuang racun dan zat-zat berbahaya, mencegah penyakit dan tentu saja melancarkan pencernaan.

Jika kamu kurang dalam mengkonsumsi air putih maka kamu sangat mudah mengalami masalah sembelit, hal ini di karenakan usus akan menyerap cairan di saluran pencernaan untuk di gunakan kembali ke dalam tubuh, sehingga hal tersebut akan membuat feses menjadi lebih mengeras.

2. Cara mengatasi sembelit dengan konsumsi sayuran hijau.

Untuk selanjutnya cara mengatasi sembelit sekaligus mencegahnya ialah dengan perbanyak konsumsi sayuran. Beberapa sayuran hijau seperti sawi, selada, terong dan bayam sangat membantu dalam melancarkan pencernaan.

Hal tersebut dikarenakan kandungan seratnya yang cukup tinggi sehingga mampu mencegah terjadinya pengerasan feses. Tak hanya itu saja serat pada makanan juga mampu membersihkan area usus, mencegah penyakit kanker, mencegah infeksi usus, mengurangi penyerapan lemak pada pencernaan serta mampu melindungi usus dari goresan

3. Cara mengatasi sembelit dengan konsumsi buah-buahan.

Cara mengatasi sembelit selanjutnya yaitu dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti alpokat, jambu biji, pir, kiwi dan pepaya. Buah-buahan tersebut di klaim dapat membantu kamu lebih cepat dalam memproses pembuangan kotoran pada pencernaan.

Jika kamu mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi cobalah untuk mengkonsumsi salah satu buah tersebut dan dalam waktu paling lama 6 jam kamu akan buang air besar.

4. Banyak bergerak dan lakukan sedikit olahraga.

cara mengatasi sembelit dengan olahraga
sumber foto : pixabay/run
Jika kamu bekerja di kantor dengan waktu duduk yang cukup lama, cobalah untuk bergerak sejenak paling tidak mengelilingi ruangan sekitar atau dengan melakukan lari-lari kecil.

Hal tersebut di lakukan agar pencernaan kamu berjalan semestinya di dalam usus dan tak hanya itu saja dengan sediki olah raga akan membuat kontraksi pada perut maupun usus yang mana berguna untuk melancarkan pergerakan feses.

5. Cara mengatasi sembelit dengan konsumsi olive oil.

Cobalah untuk mengkonsumsi olive oil untuk mencegah sembelit, olive oil di percaya membantu kamu dalam melancarkan pencernaan sekaligus melindungi usus dari gesekan. Tak hanya itu saja dengan mengkonsumsi olive oil kamu juga akan medapatkan khasiatnya loh.

Jika kamu tidak mempunyai olive oil kamu dapat mengantinya dengan minyak kelapa murni, minyak wijen, minyak biji bunga matahari atau pun tea tree oil.

Itulah beberapa cara mengatasi sembelit atau susah BAB dengan mudah, selain itu ada pun asupan lain yang di sarankan sebagai pencegahan masalah sembelit yaitu mengkonsumsi jus buah dan kacang-kacangan.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i