Simak Manfaat dari Daun Kunyit dan Efek Sampinya bagi Tubuh.

Simak Ini dia manfaat daun kunyit dan efek sampingnya yang harus kamu tahu.

Manfaat daun kunyit untuk tubuh
Kunyit atau kunir (Curcuma longa) merupakan termasuk kedalam tanaman rempah-rempah herbal yang berasal dari kawasan Asia Tenggara. Pemanfaatan tanaman kunyit banyak pakai dalam bumbu masakan, bahan baku obat-obatan, industri kecantikan hingga ramuan tradisional. Namun yang kita bahas disini bukan dari pada bagian rimpang kunyit itu sendiri, melainkan manfaat daun kunyit serta kegunaanya.

Memang pemanfaatan daun kunyit tak sepopuler bagian akar, daunya hanya biasa digunakan sebagai bumbu penyedap masakan saja, namun tahukah kamu bahwa daun kunyit juga menyimpan khasiat yang baik untuk kesehatan, maka dari itu simak terus hingga selesai pembahasanya.

Daun kunyit diketahui mengandung senyawa seperti saponin, flavonoid, curcumin serta kemampuan dalam bersifat sifat antiinflamasi, antiradang, antibakteri serta antivirus.

Untuk itu simak apa saja manfaat daun kunyit untuk kesehatan.

1.Bumbu Masakan.

Salah satu kegunaan atau manfaat daun kunyit yang sering ialah campuran bumbu penyedap masakan.

Beberapa masakan di Indonesia terutama tradisional memang sering menggunakan daun tanaman satu ini sebagai penyedap, penggunaan daun kunyit di klami mampu memberi rasa tersendiri pada makanan.

Sebagai contoh beberapa olahan makanan yang sering menggunakan daun tanaman kunyit ialah gulai, rendang daging, kalio, kare, nasi minyak, pepes ikan dan masih ada banyak lagi.

Baca juga :

2. Meningkatkan Kesehatan.

Manfaat daun kunyit selanjutnya yaitu mampu menjaga kesehatan tubuh. Seperti rimpangya yang banyak memberi khasiat untuk kesehatan sehingga bukan tidak mungkin bahwa daunya juga memberi pengaruh yang baik untuk tubuh.

Daun kunyit diketahui mampu bersifat antioksidan di dalam tubuh yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah beberapa penyakit ringan serta memperbaiki jaringan sel dalam tubuh yang rusak.

Walau kefektivitasnya tidak seampuh rimpang akarnya namun tetap saja akan bermanfaat untuk kesehatan.

Yang perlu kamu ingat ialah tidak disarankan untuk mengkonsumsi daun kunyit secara langsung mentah-mentah karena bisa memicu beberapa efek samping kesehatan.

3. Mencegah Penyakit Diabetes.

Menurut sebuah studi yang menguji ekstrak dari daun kunyit di ketahui mempunyai kemampuan dalam menurunkan kadar gula darah dalam tubuh secara bertahap.

Namun sayangnya hasil pengujian tersebut baru digunakan pada sampel hewan sebagai bahan percobaanya, sedangkan pengujian terhadap manusia belum di ketahui pasti sehingga hal ini masih perlu penelitian lebih terutama kefektifitasanya terhadap tubuh manusia. 

4. Mencegah Peradangan.

Menurut pengujian dari University of Arizona dan dipublikasikan dalam Journal of Natural Production, manfaat daun kunyit dalam mengatasi peradangan berasal dari kandungan kurkumin di dalamnya. 

Walau jumlah kandunganya tidak sebanyak pada akar kunyit namun daunya mampu memberi efek yang sama untuk kesehatan.

Senyawa kurkumin sendiri mampu bersifat antiradang, antiinflamasi, antikanker dan antioksidan di dalam tubuh untuk itu di ketahui mempunyai kemampuan dalam meringankan gejala peradangan seperti nyeri sendi, osteoarthritis dan rheumatoid serta beberapa peradanga lainya termasuk pada area pencernaan.

Namun demikian, penggunaanya yang belum diketahui pasti, terlebih lagi berapa banyak dosis yang harus di gunakan sehingga masih perlu pertimbangan.

Baca juga :

5. Mengobati luka.

Manfaat daun kunyit untuk mengobati luka itu karena terdapatnya sifat antibakteri pada daun yang berguna untuk mencegah terjadinya infeksi pada kulit.

Beberapa luka kecil seperti memar, lecet dan luka tertusuk paku bisa kamu obati dengan daun kunyit sebagai alternatifnya.

Cara penggunaanya cukup mudah yaitu ambil beberapa lembar daun kunyit muda kemudian remas hingga hancur dan setelah itu usapkan pada area kulit yang terluka.

6. Mengencerkan Darah.

Daun kunyit mampu berguna untuk mengencerkan darah dalam tubuh, khasiat yang sama dari mengkonsumsi bagian rimpang akarnya.

Tentu saja hal ini bermanfaat untuk mencegah mengumpalnya sel darah merah, mencegah penyempitan pembuluh darah serta mencegah penyakit berbahaya lainya seperti hipertensi, ganguan jantung dan stroke.

Namun yang jadi permasalahanya ialah, penggunan daun yang tak semudah dari rimpang akarnya sehingga kebanyakan orang lebih memilih memakai akar untuk mendapatkan manfaatnya, dan terlebih lagi keampuhan daun kunyit terbilang juga kalah dari akarnya.

Selain itu penggunaan daun kunyit secara berlebihan tanpa adanya aturan pakai justru hanya akan memberikan efek samping.

7. Manfaat Daun Kunyit Mengatasi Bisul.

Manfaat berikutnya yaitu mampu mengatasi masalah bisul pada kulit. Beberapa sebagian orang masih ada yang menggunakan daun tanaman satu ini untuk mengobati masalah bisul pada kulit.

Caranya siapkan beberapa lembar daun kunyit, potongan jahe dan laos sedikit setelah itu tumbuk hingga hancur. Kemudian tempelkan pada area kulit yang terdapat bisul setelah itu tutup kembali dengan menggunakan daun kunyit.

Beberapa kandungan dari bahan rempah-rempah seperti minyak atsiri yang bersifat antiradang, antibakteri, antiinflamasi mampu berguna untuk membunuh kuman penyebab bisul serta mempercepat penyembuhanya.

Nah itulah beberapa manfaat daun kunyit untuk kesehatan dan lainya.

Efek Samping Penggunaan Daun Kunyit.

Walau mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan bukan menutup kemungkinan bahwa menggunakan daun satu ini tidak mempunyai efek samping, terlebih lagi penggunaanya yang terlalu berlebihan.

Beberapa efek samping dari penggunaan daun kunyit dalam tubuh secara berlebihan memungkinan terjadinya iritasi lambung, gangguan pencernaan, mual dan sakit kepala. 

Selain itu adapun penggunaanya yang dilarang bagi wanita hamil dan sedang akan datang haid karena memungkinkan terjadinya resiko kram berlebihan.

Namun analisis tersebut hanya berdasarkan kandungan yang terdapat di dalamnya, sebagai pengguna yang bijak ada baiknya kamu mempertimbangkan pemakaianya terlebih lagi untuk penggunaan secara berkala. 

Jika kamu masih penasaran cobalah untuk konsultasikan terlebih dahulu ke dokter atau ahli farmasi mengenai kandungan kimia pada tanaman.

Nah cukup sampai disini pembahasan tentang kegunaan dan manfaat daun kunyit.

Semoga menambah pengetahuan kamu.

Buka Komentar

0 Response to "Simak Manfaat dari Daun Kunyit dan Efek Sampinya bagi Tubuh."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i