6 Manfaat dan Efek Samping Daun Jeruk Purut yang Harus Kamu Tahu.

Ketahui manfaat dan efek samping daun jeruk purut untuk tubuh.

manfaat daun jeruk purut
Jeruk purut adalah salah satu jenis tanaman jeruk yang daun dan buahnya paling sering digunakan sebagai bumbu masakan, namun walaupun penggunaanya sebagai bumbu masakan disisi lain tanaman satu ini juga dapat bermanfaat untuk tubuh. Maka dari itu kamu harus simak tentang manfaat dan efek samping daun jeruk purut bagi kesehatan.

Dari analisis fitokimia daun jeruk purut mengandung beberapa senyawa seperti polifenol, flavonoid, saponin, alkaloid dan tentu saja jandungan minyak atsirinya yang kuat.

Selain itu kandungan minyak atsiri dalam daun jeruk juga bersifat antibakteri dan antiserangga yang tentunya berguna untuk tubuh.

Penggunaanya pada masakan karena mampu menciptakan rasa tersendiri, namun tidak semua makanan yang bisa di beri bahan bumbu satu ini. Nah dari pada berlama-lama berukut beberapa manfaatnya untuk kesehatan.

Manfaat daun jeruk purut bagi kesehatan.

1. Mencegah Permasalahan Pencernaan.

Kandungan minyak atsiri pada daun jeruk purut berupa citronelal, citronelol, nerol dan limonena mempunyai ke efektivitas dalam membunuh bakteri dan mencegah terjadinya infeksi.

Termasuk berkemampuan dalam membunuh bakteri E.Coli dan S. Aureus penyebab masalah yang sering terjadi pada saluran pencernaan seperti diare dan sakit perut. 

Namun kamu jangan memakan daun jeruk purut secara langsung, karena hal tersebut bisa menyebabkan beberapa efek samping.

Baca juga :

2. Mencegah Peradangan Pada Kulit.

Beberapa peradangan pada kulit seperti jerawat dan bisul bisa kamu obatin dengan menggunakan daun jeruk purut sebagai alternatifnya.

Sifat anti bakteri pada daun memungkinkan dapat membunuh kuman penyebab jerawat dan bisul pada kulit.

Cara menggunakanya cukup ambil beberapa lembar daun kemudian tumbuk hingga halus dan tempelkan pada area kulit yang bermasalah.

Namun sedikit berhati-hati terutama yang mempunyai kulit sensitif kemungkinan bisa menyebabkan iritasi dan kemerahan.

3. Menjaga kesehatan gusi 

jeruk purut mengatasi masalah pencernaan

Daun jeruk purut kini banyak di ekstrak menjadi serbuk yang tentunya hal ini membuat kemudahan dalam segi pemakaian dan konsumsi.

Termasuk pemakaian dalam menjaga kesehatan rongga mulut, daun satu ini dipercaya mampu mengurangi jumlah penumpukan bakteri pada rongga mulut yang bisa menimbulkan berbagai masalah seperti gusi meradang, sakit gigi serta sariawan.

Untuk itu tidak ada salahnya menggunakan ektrak daun atau daun jeruk purut segar sebagai obat kumur dalam menjaga kesehatan mulut terutama gusi.

4. Mengusir serangga.

Beberapa serangga memang menjadi sumber pembawa penyakit untuk manusia, penggunaan racun serangga terkadang juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Nah untuk itu kamu bisa menggunakan cara yang lebih alami dalam mengusir serangga menggunakan daun jeruk.

Terdapatnya kandungan minyak atsiri pada daun jeruk purut yang memang tidak di sukai serangga seperti nyamuk dan kecoa, tentunya hal ini bisa kamu manfaatkan.

Kamu bisa menggunakan ekstrak dari minyak atsiri daun jeruk purut atau menggunakan daun jeruk purut segar yang direbus kemudian diletakan pada sudut ruangan.

Sehingga aroma jeruk akan keluar dan hal tersebut tidak di sukai serangga.

Baca juga :

5. Merawat rambut.

Manfaat daun jeruk purut selanjutnya yaitu bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut, walau belum terbukti secara ilmiah namun penggunaan daun jeruk satu ini telah banyak di lakukan beberapa masyarakat sebagai ramuan tradisional.

Daun jeruk purut dikalim mampu mengatasi masalah ketombe, bau pada rambut serta menghilangkan rasa gatal pada area kepala.

6. Diklaim Mencegah Penuaan Dini.

efek samping daun jeruk purut
Sumber foto : pixabay.
Daun jeruk purut diklaim mampu mencegah terjadinya penuaan pada seseorang, hal tersebut di dasari dengan terdapatnya kandungan senyawa yang bersifat antioksidan di dalam tubuh.

Manfaat antioksidan untuk tubuh yaitu mencegah terjadinya kerusakan jaringan sel agar tidak lebih parah, mencegah paparan radikal bebas, meningkatkan sistem imun dan mencegah serangan berbagai penyakit.

Antioksidan mampu mencegah penuaan dini karena kemampuanya dalam meregenerasi sel-sel baru pada lapisan kulis sehingga bisa membuat kulit kamu tampak lebih muda dan sehat.

Namun pembuktian terhadap daun jeruk purut mampun mencegah penuaan dini belum di ketahui ke ampuhanya, terlebih lagi seberapa banyak yang harus digunakan.

Nah itulah beberapa manfaat daun jeruk purut yang bisa kamu gunakan untuk kesehatan.

Namun yang perlu kamu khawatirkan ialah penggunaanya yang jangan sembarangan terlebih lagi untuk konsumsi secara mentah.

Pasalnya daun jeruk mengandung tinggi akan kandungan minyak atsiri yang tentunya jika dalam jumlah banyak terkonsumsi bisa menimbulkan efek samping. 

Untuk itu ada baiknya kamu konsultasikan terlebih dahulu ke ahli farmasi atau dokter terhadap penggunaan untuk secara rutin.

Efek Samping dari Daun Jeruk Purut.

Ada pun beberapa efek samping yang akan mungkin timbul jika terlalu banyak memakainya terlebih lagi penggunaan secara langsung diantaranya.

  • Gangguan pencernaan.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Pusing.
  • Serta alergi.

Jika terdapat tanda-tanda seperti diatas ada baiknya beri tindakan medis dengan membawanya ke pusat kesehatan serta perbanyak konsumsi air putih.

Cukup di sini dahulu pembahasan tentang manfaat dan efek samping daun jeruk purut untuk kesehatan.

Semoga menambah pengetahuan kamu terhadap penggunaan obat-obatan tradisional dari tanaman.

Buka Komentar

0 Response to "6 Manfaat dan Efek Samping Daun Jeruk Purut yang Harus Kamu Tahu."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i