5 Cara Menjaga Kesehatan Saat Banjir Tiba.

menjaga kesehatan saat banjir tiba.
Sumber foto : pixabay/ menjaga kesehatan saat banjir.
Naiknya permukaan air sehingga membuat beberapa bagian kawasan yang rendah mudah terendam, terlebih lagi dengan ditambahnya curah hujan yang tak henti-henti di berbagai tempat sehingga menambah buruk keadaan, jika sudah begitu banjir pun bisa jadi tak terelakan.

Banjir merupakan bencana alam yang tidak dapat di hindari terlebih lagi datangya dadakan, sehingga terkadang membawa kesan tidak menyenangkan pasalnya mulai dari mengganggu aktifitas sehari-hari, merendam semua perabotan, kendaraan, elekteonik dan mengenangi sampai ke dalam rumah.

Namun tak cukup sampai di situ saja, banjir tak hanya sekedar air saja. Banjir juga membawa sampah plastik, limbah kotoran hewan dan masih banyak lagi. 

Tentu saja hal tersebut dapat mengancam kesehatan karena membawa banyak sumber penyakit seperti kuman, virus, bakteri dan hewan seperti tikus.

Dan salah satu penyakit yang sering terjadi saat banjir ialah gatal-gatal, diare serta demam. Nah untuk itu salah satu yang bisa kamu lakukan adalah menjaga daya tahan tubuh agar tepat sehat dan fit sehingga tidak mudah sakit.

Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat banjir diantaranya.

1. Jaga Selalu Kebersihan.

Jaga kebersihan saat banjir tak selalu membersihkan rumah dari kotoran sampah yang menggenang, namun kamu juga harus memperhatikan kebersihan tubuh yaitu selalu mencuci tangan dan kaki hingga bersih terlebih lagi saat makan.

Selain itu adapun untuk mencuci kembali prabotan alat rumah tangga yang tergenang banjir, sehingga dengan begitu masalah sakit perut dan diare tidak akan menyerang kamu.

Baca juga :

2. Hindari Genangan Air.

Ada baiknya untuk menghindari genangan air banjir, pasalnya banjir menjadi sumber tempat kuman, bakteri, virus dan penyakit berkembang biak. Tentunya hal ini bisa menyebabkan infeksi pada tubuh dan membuat kamu sakit.

Namun jika hal tersebut memungkinkan kamu harus melewati banjir gunakan selalu sepatu boots, jika terdapat luka pada kulit sebaiknya ditutup karena dapat menyebabkan infeksi serta jangan terlalu berlama-lama di dalam air.

Jika sudah melewati banjir segera membersihkan diri atau mandi dengan sabun hingga bersih, jangan biarkan tubuh mengering dengan sendirinya.

3. Waspadai Gigitan Nyamuk.

Banjir merupakan tempat dimana nyamuk berkembang biak dengan cepat. Untuk itu ada baiknya kamu lebih waspada karena nyamuk membawa sumber penyakit mulai dari malaria, demam dan DBD.

Salah satu pencegahan yang bisa kamu lakukan ialah dengan selalu menggunakan pakaian panjang dan tertutup hindari yang berwarna gelap, gunakan lotion nyamuk atau obat nyamuk, tutup rapat-rapat jendela dan pintu rumah.

Selain itu selalu perhatikan sekitar lingkungan sekitar dengan membuang semua tempat yang memungkinkan menjadi genangan air, kuras bak mandi serta membuang sampah-sampah yang berserakan.

4. Makan-makanan yang Sehat dan Teratur.

Makanlah dengan asupan nutrisi yang seimbang dan jangan menunda-nunda hingga melewatkan waktu jam makan. Pasalnya dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi akan gizi mampu menjaga tubuh kamu agar lebih sehat dan mempunyai daya tahan tubuh yang kuat.

Selain itu hindari jajan sembarangan dan tidak untuk mengkonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi banjir atau kotor, hindari menyimpan makanan yang berlebihan serta menutup makanan dari hewan sperti lalat dan cicak karena hal itu akan menjadi sumber penyakit.

5. Sempatkan untuk Olahraga.

Jika kamu punya waktu luang sempatkan untuk olahraga seperti senam atau lari-lari kecil di sekitar komplek lingkungan, hal ini berguna untuk mejaga kebugaran tubuh.

Tak hanya itu saja perhatikan juga jam tidur kamu, karena kekurangan tidur bisa menurunkan daya tahan fisik.

Nah itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan saat banjir tiba untuk menjaga kesehatan dan terhindar dari segala penyakit.

Selain itu adapun kamu bisa meminum minuman sehat dari bahan tanaman herbal, hal ini berguna untuk asupan lain dalam meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh. Cukup sampai disini pembahasanya semoga bermanfaat.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i