Simak 18 Manfaat Daun Katuk yang Harus Kamu Ketahui.

Simak apa saja manfaat daun katuk untuk kesehatan.

manfaat daun katuk untuk kesehatan
Sumber foto : pixabay.
Katuk atau cekur manis merupakan merujuk dari pada tanaman dengan nama latin Sauropus androgynus yang sangat bermanfaat bagi manusia. Tanaman satu ini dimanfaatkan bagian daunya sebagai obat hingga sayuran konsumsi.

Untuk itu jika bagi kamu yang sering mengkonsumsi daun satu ini simak apa saja manfaat daun katuk yang akan kamu dapatkan.

Namun sebelum kamu mengetahui manfaat daun katuk ada baiknya ketahui kandungan nutrisi di dalamnya, daun katuk mempunyai kandungan nutrisi berupa energi, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, vitamin A, vitamin C, vitamin B1, protein, serat, folat, zinc, kalium, magnesium dan zat besi.

Selain itu terdapat juga senyawa antioksidan seperti polifenol, lutein, flavonoid dan zeaxanthin.

Berikut beberapa manfaat daun katuk jika dikonsumsi berdasarkan kandungan nutrisinya.

Manfaat daun katuk untuk tubuh.

1. Mempelancar Saluran Pencernaan.

Daun katuk mengandung kaya akan serat pangan yang baik terutama berguna dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Untuk itu fungsi serat sendiri dalam tubuh ialah memperlancar saluran pencernaan, mencegah sembelit dan sakit perut, mengurangi penyerapan lemak pada makanan, mengurangi berat badan hingga menjaga kesehatan usus.

2. Menjaga Kekuatan Gigi.

Manfaat daun katuk yang kedua yaitu mampu memperkuat gigi agar tidak mudah goyang.

Perlu kamu ketahui bahwasanya daun hijau satu ini mengandung mineral kalsium yang cukup tinggi dan bisa menjadi asupan alternatif kalsium pada makanan lainya.

Terdapatnya mineral kalsium pada daun katuk sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin bisa menjaga kesehtan gigi dan tulang kamu.

Baca juga :

3. Membantu Meningkatkan Produksi ASI.

Manfaat daun katuk untuk meningkatkan produk ASI pada ibu hamil sudah diketahui sejak dahulu dan hingga kini masih sering digunakan.

Hal tersebut dikarenakan tanaman satu ini mengandung sejumlah gizi penting seperti asam amino, zat besi, vitamin B, C, protein, lemak, fosfor serta kandugan kimia sterol inhalasi yang mampu merangsang produksi ASI lebih banyak.

Untuk itu bagi para ibu-ibu yang sedang menyusui ada baiknya rutin mengkonsumsi daun katuk.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan.

Nah untuk kamu yang sedang ingin menurunkan jumlah berat badan atau ingin mendapatkan badan yang ideal mungkin harus memasukan daun katuk sebagai asupan makan sehat harian kamu.

Mengkonsumsi daun katuk dalam jumlah cukup dan teratur mampu mengurangi penyerapan lemak makanan dan gula yang berlebihan ke dalam tubuh, serta dapat berguna untuk mencegah terjadinya penumpukan feses atau kotoran pada saluran cerna.

Dengan begitu akan berdampak positif kepada berat badan kamu yang ditandainya berkurang secara perlahan.

5. Menjaga Kesehatan Mata.

Manfaat daun katuk selanjutnya yaitu mampu meningkatkan kemampuan penglihatan seseorang. 

Hal tersebut bukan tanpa sebab pasalnya tanaman satu ini mengandung vitamin A yang baik untuk mata.

Vitamin A pada daun katuk berguna untuk memperbaiki sel-sel mata yang berfungsi dalam menangkap pantulan cahaya dan bayangan benda di sekitarnya, selain itu mampu meningkatkan pigmen di retina mata yang akan berdapak pula pada membaiknya penglihatan.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Mengkonsumsi daun katuk sebagai sayuran mampu meningkatkan daya tahan tubuh kamu menjadi lebih sehat dan aktif.

Terdapatnya kandungan yang bersifat antioksidan pada daun serta vitamin C yang berguna untuk menjaga tubuh agar tidak mudah sakit, serta menangkal beberapa penyakit ringan.

Baca juga :

7. Meningkatkan Vitalitas Pria.

manfaat daun katuk untuk diabetes
Sumber foto : pixabay.
Selain mampu memproduksi ASI, manfaat daun katuk juga dikenal mampu meningkatkan vitalitas bagi pria. 

Penggunaan manfaat tanaman satu ini sering dilakukan oleh beberapa masyarakat Indonesia sebagai cara tradisional dan alami.

Namun penelitian terhadap kemampuan daun katuk dapat meningkatkan vitalitas pria belum diketahui pasti akan kebenaranya dan masih perlu di tindak lanjuti.

8. Mencegah Penyakit Gula Darah.

Kamu bisa menggunakan tanaman satu ini untuk menurunkan kadar gula darah yang berlebihan dalam tubuh loh.

Cukup konsumsi secara tertaur sebagai makanan, maka kamu akan mendapatkan manfaatnya, ya walaupun tak seampuh obat-obatan instan dan beberapa tanaman herbal lainya, namun kamu bisa menggunakanya sebagai pencegahan penyakit diabetes.

9. Mengobati Luka.

Manfaat daun katuk selanjutnya yaitu bisa kamu gunakan utuk mengobati luka pada kulit.

Luka seperti memar, lecet dan luka tertusuk paku bisa kamu obati dengan daun tanaman satu ini.

Maksud diobati disini ialah mencegah terjadinya infeksi akibat kuman, sehingga dapat membuat luka menjadi cepat kering.

10. Asupan Zat Besi.

Kekurangan zat besi dalam tubuh tentu akan berdapak kepada masalah kesehatan lainya, dan akan menimbulkan gejala seperti pusing berkunang-kunang, irama jantung tidak stabil, kulit pucat serta sesak nafas.

Maka dari itu kamu bisa menggunakan manfaat daun katuk untuk meningkatkan kadar zat besi dalam darah, pasalnya tanaman satu ini memang mengandung beberapa mineral penting dan tentu saja sumber zat besi yang baik untuk tubuh.

11. Mencegah Infeksi Dalam tubuh.

Mengkonsumsi daun katuk secara rutin dapat berguna untuk mencegah terjadinya infeksi dalam tubuh, baik itu karena virus ataupun bakteri.

Sehingga secara tidak langsung hal ini berguna untuk meningkatkan sistem pertahanan tubuh kamu menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit.

Baca juga :

12. Manfaat Daun Katuk Meningkatkan Sperma Pria.

manfaat daun katuk untuk rambut

Kandungan nutrisi pada daun katuk di klaim mampu berguna dalam meningkatakan kualitas produksi sperma pria yang berdampak ke peluang berhasilnya pembuahan sel telur.

Namun hal ini masih menjadi berita simpang-siur terhadap kebenaranya, dan belum ada pembuktianya. 

Akan tetapi kamu bisa menggunakanya sebagai percobaan untuk medapatkan peluang keberhasilan.

Manfaat daun katuk untuk tulang.

13. Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot.

Daun katuk mengandung beberapa mineral seperti kalsium, magnesium, vitamin C, kalium, zat besi dan fosfor yang berguna untuk menjaga kekuatan tulang dan otot.

Dengan mengkonsumsi asupan makanan yang banyak mengandung mineral tersebut diketahui mampu mencegah resiko terjadinya cidera otot, sendi dan tulang saat berkerja.

14. Daun Katuk Mengobati Sariawan.

Manfaat daun katuk dalam mengobati sariawan ialah karena mempunyai kemampuan dalam meregenerasi sel yang rusak di tubuh, terutama luka kulit dan sariwan.

Cobalah untuk makan daun katuk rebus atau sebagai lalapan saat makan.

15. Mencegah Penyakit Anemia.

Daun katuk mampu mencegah terjadinya anemia secara berlebihan pada seseorang dengan cara merangsang pembentukan sel darah merah baru.

Selain itu kandungan zat besi pada daun juga dapat menjadi asupan penambah darah, untuk itu sangat di sarankan bagi wanita yang sedang menjalankan masa haid atau yang mau melahirkan perbanyak makan daun katuk untuk mencegah kekurangan darah.

16. Mencegah Osteoporosis.

Mengkonsumsi daun katuk secara runtin mampu mencegah masalah osteoporosis pada tulang.

Hal ini karena asupan mineral dan nutrisi pada daun tanaman katuk mampu mengembalikan jaringan tulang yang telah hilang dan mencegah terjadinya pengapuran sendi.

Sangat cocok untuk para lansia yang sering mengalami sakit tulang dan sendi.

Baca juga :

17. Daun Katuk Mencegah Penyakit Kolesterol.

Daun katuk mempunyai kemampuan dalam mencegah penyerapan sejumlah kolesterol yang masuk kedalam tubuh secara berlebihan, terutama koleterol jahat dan lemak jenuh pada makanan.

Hal tersebut karena daun katuk mengandung serat yang dapat membantu memperoses makanan lebih cepat pada saluran pencernaan sehingga usus tidak mempunyai waktu yang cukup banyak untuk menyerap lemak makanan.

18. Manfaat Daun Katuk Untuk Rambut.

Tahu kah kamu kalo daun satu ini juga bisa di gunakan untuk mejaga kesehatan rambut.

Daun katuk diketahui dapat berguna dalam melebatkan rambut, menghitamkan, mencegah rambut bercabang serta menutrisi dari luar. 

Cara menggunakanya cukup tumbuk daun katuk hingga halus kemudian usapkan pada rambut sebagai keramas, tunggu beberapa menit hingga kering lalu bilas dengan air mengalir.

Selain itu cara ini juga aman digunakan pada anak kecil yang pertumbuhan rambutnya kurang lebat.

Nah itulah beberapa kumpulan tentang manfaat daun katuk untuk kesehatan.

Informasi tentang tanaman herbal dedaunan lainya bisa kamu cari di healty99.com.

semoga bermanfaat.

Buka Komentar

0 Response to "Simak 18 Manfaat Daun Katuk yang Harus Kamu Ketahui."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i