Fakta Daun Kemangi Yang Mempunyai Manfaat Baik Untuk Kesehatan.


Kemangi
Foto : fixabay

Kemangi

Kemangi merupakan tumbuhan yang di tanam untuk di manfaatkan bagian daunya sebagai lalapan dan penyedap masakan. Dengan nama ilmiah Ocimum Africanun yang di ketahui hasil persilangan antar jenis tumbuhan selasih Ocimum Basilicum dan O. Amercanum. 

Aroma wangi yang khas dari daun kemangi berasal dari senyawa Sitral yang terkandung di dalamnya, senyawa tersebut akan lebih kuat keluar saat kamu memetik daunya, karena itulah membuat beberapa orang engan untuk mengkonsumsinya karena rasa dan aromanya saat di telan. 

Kemangi termasuk kategori tumbuhan semak rimbun yang mudah tumbuh pada kawasan yang beriklim tropis seperti Indonesia, Asia Tenggara dan beberapa kawasan Amerika. Di Indonesia sendiri kebanyakan  daun kemangi di gunakan  dalam olahan masakan, lalapan dan obat tradisional. Contoh masakan Indonesia yang kerap munggunakan kemangi yaitu gulai ikan, asam pade, sambal dan beberapa masakan tradisional. Perlu kamu ketahui di balik aroma dan rasanya yg kuat,  daun kemangi mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat kemangi untuk tubuh.

Di kutip dari SehatQ.com berikut beberapa manfaat daun kemangi untuk kesehatan.

1. Dipercaya dapat mencegah kanker.

Manfaat yang pertama di ketahui yaitu daun kemangi dipercaya dapat mencegah pertumbuhan sel kanker, hal tersebut di sebabkan karena terdapat senyawa Fitokimia yang terkandung di dalamnya. Beberapa jenis kanker diketahui seperti kanker hati, kulit, paru-paru dan usus kemungkinan dapat di atasi dengan daun kemangi.

Meskipun begitu dalam hal ini penelitian terhadap daun kemangi masih terus perlu ditinjak lanjuti dan masih terus di riset terhadap dampak yang di berikan ketubuh.

2. Mencegah paparan radikal bebas.

Sebuah penelitian yang menguji cobakan pada hewan dengan memberi makanan berupa daun kemangi secara teratur, telah menimbulkan dampak yang positif, yaitu dengan di tandainya penurunan kadar gula darah dan peningkatan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.

Dan hal ini dampak yang di berikanpun sama terjadi pada manusia, di mana mampu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit termasuk masalah yang dipicu oleh radikal bebas.

3. Sumber zat besi.

Manfaat selanjutnya yaitu daun kemangi dapat menjadi sumber alternatif penganti zat besi di dalam tubuh. Kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan seseorang mudah lelah, sakit kepala, detak jantung terasa cepat, sesak nafas dan wajah menjadi pucat.

Selain itu perlu kamu ketahui khususnya perempuan bahwa daun kemangi sangat cocok buat kamu yang sedang mengalami masa haid atau saat datang bulan, karena dapat mengantikan zat besi yang terbuang oleh tubuh.

4. Mengurangi kerusakan sel. 

Kerusakan sel tubuh akibat lingkungan sekitar dapat menyebabkan penuaan dini pada seseorang lebih cepat dan menimbulkan beberapa masalah kulit.

Namun tenang kandungan nutrisi dan Vitamin yang ada pada daun kemangi dapat membantu tubuh kamu dalam meregenerasi sel-sel yang rusak secara perlahan. Dengan begitu masalah penuaan dini sepeti kulit kerut dan tampak lebih tua dapat di cegah sebelum waktunya.

5. Mencegah peradangan dan infeksi.

Efektifitas daun kemangi dalam mencegah dan menangani peradangan maupun infeksi terbilang cukup ampuh. Hal ini di ketahui berdasarkan sebuah penelitian yang mengekstrak senyawa dari daun kemangi sangat berpengaruh pada tubuh manusia. Di ketahui sekitar 70 persen peradangan dalam tubuh juga dapat di minimalisir dengan menggunakan daun ini dalam waktu 24 jam setelah mengkonsumsinya.

Selain itu daun kemangi juga dapat menjadi obat untuk luka pada kulit dan mampu mengeringkanya dengan cepat sekaligus mencegah infeksi dari kuman yang akan masuk ke luka.

6. Menghilangkan aroma tak sedap pada mulut.

Manfaat selanjutnya yaitu ternyata daun kemangi dapat mengatasi masalah bau tak sedap pada mulut akibat dari mengkonsumsi makanan. 

Beberapa orang mengatakan bahwa selain enak untuk lalapan, daun kemangi juga bermanfaat untuk mengurangi bau amis pada saat makan.

Beberapa bau masakan seperti ikan, jengkol dan petai diketahui dapat di kurangi mengkonsumsi secara bersamaan saat makan.

7. Menurunkan gula darah.

Sebuah studi mengatakan ekstrak dari daun kemangi dipercaya dapat mencegah dan mengobati penyakit jangka panjang akibat gula darah dalam tubuh yang tinggi.

Namun dalam hal ini masih terus masih terus diteliti dan ditinjak lanjuti kebenaranya dari daun kemangi.

8. Merilekskan pikiran.

Kamu dapat menggunakan aromanya yang kuat dari daun kemangi untuk meredakan kecemasan, stres dan saat sakit kepala. Dengan begitu kemungkinan dapat membuat pikiran kamu menjadi segar dan rileks sehingga dapat lebih berkonsentrasi.

Tapi dalam hal ini tidak semua orang dapat berhasil dalam penggunaanya, terlebih lagi yang tidak terlalu menyukai bebauan.

9. Baik untuk pencernaan.

Manfaat yang terakhir yaitu baik untuk sistem pencernaan. Serat yang terkandung pada daun kemangi di ketahui bagus untuk sitem pencernaan usus dan lambung, melancarkan feses dan mencegah infeksi.

Tahu kah kamu bahwa daun kemangi dipercaya juga dapat mengatasi masalah cacing pada usus loh.

Masih engan mengkonsumsi daun kemangi?

Kandungan daun kemangi.

Di ketahui dalam 100 gram dau kemangi segar mengandung sejumlah nutrisi diantaranya seperti.

1. Energi 22 kal.
2. Protein 3.15 gr.
3. Vitamin C 10 miligram.
4. Serat 1.6 gr.
5. Vitamin B6 0.5 miligram.
6. Vitamin E 0.8 gr.
7. Zat besi 3.17 miligram.
8. Kalsium 177 miligram.
9. Kalium 295 miligram.
10. Fosfor 56 miligram.
11. Zink 0.8 miligram.
12. Lemak 0.64 gr.
13. Air 92 gr.
14. Karbohidrat 2.65 gr.
15. Folat 68 miligram.

Selain itu terdapat juga kandungan Vitamin K dan beberapa mineral penting lainya dalam jumlah sedikit yang bagus untuk kesehatan.

Itula beberapa fakta tentang manfaat dan kandungan dari daun kemangi yang baik untuk kesehatan tubuh bagi penikmatnya.

Buka Komentar

0 Response to "Fakta Daun Kemangi Yang Mempunyai Manfaat Baik Untuk Kesehatan."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i