Jangan Hanya Makan, Ketahui Juga Manfaat Kesehatan Dari Mentimun Untuk Luar Dan Dalam Tubuh.

Timun
Foto fixabay

Mentimun, timun

Buah satu ini tak asing lagi untuk di dengar dan sangat mudah untuk di jumpai. Timun merupakan tumbuhan dari suku labu-labuan, yang ditanam (budidayakan) untuk di manfaatkan bagian buahnya. Di panen saat masih muda sebagai bahan sayur masakan, olahan minuman atau di makan mentah yang tentunya hal tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh.

Tahukah kamu bahwa semua jenis tumbuhan dari suku labu-labuan tumbuh di atas permukaan tanah dan merambat pada ranting atau dahan pepohonan. Pada tanaman terdapat bulu-bulu halus yang menyelimuti bagian batang, daun dan buahnya. Bulu tersebut tentunya tidak berbahaya, namun yang tidak biasa mungkin akan merasa gatal pada area kulit. 

Beberapa olahan dari buah timun dapat berupa timun sayur kuning, sirup serutan timun, campuran salad atau hanya untuk lalapan. Teksturnya yang renyah dan mengandung bayak air sehingga banyak yang menyukainya walau rasanya hambar.

Kandungan mentimun.

Terdapat beberapa beberapa nutris baik mineral dan Vitamin diantaranya seperti Vitamin A, B, dan C, mineral Kalium, Magnesium, Mangan, Silika dan Air. Selain itu buah timun mempunya sifat Diuretik , yang bekerja dengan menyerap kandungan garam natrium dan klorida yang berlebihan pada tubuh dan membuangnya bersamaan dengan keluarnya urine.

Manfaat mentimun untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat baik untuk kesehatan yang di dapat dari rutin mengkonsumsi buah timun diantaranya.

1. Menjaga kesehatan ginjal.

Timun mengandung mineral penting dan rendah kalori, yang mana dapat membantu ginjal lebih mudah dalam membuang sisa-sisa metabolisme yang sudah tidak di butuhkan lagi oleh tubuh melalui saluran kencing.

Selain itu rutin menkonsumsi jus mentimun segar juga baik untuk mencegah dehidrasi dan menjaga cairan tubuh agar tetap seimbang.

2. Menyehatkan tulang.

Manfaat selanjutnya yaitu dapat memperkuat dan menyehatkan tulang. Timun mengandung Vitamin K dan beberapa mineral yang tentunya berguna untuk menyusun kembali sel-sel pembentuk tulang sekaligus memperkuatnya, sehingga dapat mencegah resiko seseorang mengalami sakit sendi dan patah tulang.

Cukup mengkonsumsinya secara langsung atau menjadikan jus segar kamu sudah mendapatkan nutrisinya secara lengkap.

3. Menjaga cairan tubuh. 

Tahukah kamu bahwa buah mentimun mengandung sekitar 95 persen air, Yang mana dapat menjadi sumber alternatif untuk pengganti sementara cairan tubuh yang hilang jika kamu sulit untuk mendapatkan air mineral.

Selain itu jika kamu bosan dengan meminum air mineral dalam program diet cobalah untuk mengemil potongan buah mentimun saat santai, dengan begitu perut terasa kenyang dan tercegah dari dehidrasi.

4. Mengatasi masalah pencernaan.

Timun kaya akan kandungan serat dan airnya, dimana hal tersebut membuatnya mudah di cerna dan baik untuk pencernaan. 

Di ketahui beberapa masalah pencernaan seperti sembelit, perut panas, susah diare dan perih di lambung akibat makanan pedas dapat di cegah dengan mengkomsumsi buah timun segar.

5. Membantu mengeluarkan racun.

Manfaat selanjutnya yaitu dapat mengeluarkan racun di dalam tubuh. Karena sifatnya yang diuretik dan dapat memicu produksi air seni, sehingga timun dapat membersihkan dan membuang kotoran, racun dan zat metabolisme yang sudah tidak lagi di butuhkan oleh tubuh bersamaan dengan urine. 

Atau dalam hal lain biasa di sebut dengan detoksifikasi tubuh yaitu proses pembuangan zat-zat yang tidak lagi dibutuhkan oleh tubuh.

6. Bagus untuk ibu hamil. 

Terdapat kandungan Vitamin C, B1, B2, B3, zat besi, asam folat dan seng pada buah mentimun. Nutrisi-nutrisi tersebut di ketahui dapat membantu perkembangan janin saat di dalam kandungan.

Selain itu buah mentimun juga di percaya dapat mengurangi masalah selulit pada perut yang merupakan dampak dari kehamilan.

7. Membantu menurunkan berat badan.

Bagi kamu yang sedang menjalankan program diet atau sedang menurunkan berat badan berati kamu harus memasukan timun sebagai daftar asupan kamu.

Mentimun dapat menjadi sumber asupan kamu sebagai makanan sehat bernutrisi, kandungan kalorinya yang rendah dan tinggi akan air serta seratnya, sehingga dapat membantu kamu lebih cepat untuk menurunkan berat badan.

Cobalah untuk menganti air minum botol kamu dengan jus timun dan mengkonsumsi potongan buah timun sebagai cemilan, maka lambat laun berat badan kamu akan mulai berkurang secara perlahan.

8. Mencegah pertumbuhan sel berbahaya.

Mentimun di ketahui mengandung senyawa Lignan dan Cucurbitacin yang mana sangat berguna dalam mencegah pertumbuhan sel kanker dan beberapa penyakit berbahaya lainya.

Ayo mulai sekarang rubah polah hidup menjadi sehat agar terhindar dari segala penyakit.

9. Menstabilkan tekanan darah.

Selanjutnya manfaat dari mentimun yaitu dapat menstabilkan tekanan darah menjadi normal. Di ketahui beberapa masalah kekurangan darah meliputi seperti letih dan lesu, mudah pegal-pegal serta mudah mengantuk, dapat di atasi dengan rutin mengkonsumsi timun loh.

10. Menangkal radikal bebas.

Buah timun segar di ketahui jika di konsumsi rutin dapat mencegah dari paparan radikal bebas yang akan masuk kedalam tubuh.

Seperti yang kita ketahui radikal bebas merupakan penyebap atau pemicunya beberapa penyakit berbahaya seperti alzeimer, penyakit jantung, diabetes dan kanker.

Manfaat timun untuk kulit.

Tak hanya selalu di konsumsi, buah timun juga dapat digunakan dari luar tubuh contohnya untuk perawatan kulit. Kandungan nutrusi Vitamin dan mineral yang ada pada mentimun dapat di gunakan untuk menutrisi kulit secara langsung dari luar, dengan begitu beberapa masalah pada kulit dapat di cegah dan di perbaiki dengan mudah tanpa meminum obat-obatan.

Kamu dapat mengunakan timun sebagai masker dengan cara memarutnya sampai halus kemudian mengosoknya pada permukaan kulit.

Berikut manfaat dari buah mentimun untuk kulit di antaranya.

1. Menghilangkan warna hitam pada area sekitar mata atau biasa di sebut dengan mata panda. Caranya iris setebal 0.5 cm mentimun dan letakan pada kelopak mata, lakukan berulang setiap hari hingga warna hitam menjadi pudar. 

Dalam hal ini kurangi begadang tengah malam ya.

2. Mengatasi peradangan pada area kulit seperti jerawat, bengkak dan kulit terasa panas.

3. Menyegarkan kulit karena mengandung banyak air.

4. Meredakan sakit di sekitaran mata ( cocok buat kamu yang sakit atau terasa panas di sekitaran mata akibat dari mengelas atau terkena silau cahaya matahari ).

5. Mencerahkan kulit yang hitam dan mengurangi flek-fek yang menempel.

6. Membantu meregenerasi sel-sel kulit wajah yang rusak.

7. Mencegah kerutan berebihan pada kulit wajah.

Mungkin cukup sampai di sisni dan itulah beberapa manfaat dari buah timun untuk kesehatan tubuh baik dari luar maupun dari dalam.

Buka Komentar

0 Response to "Jangan Hanya Makan, Ketahui Juga Manfaat Kesehatan Dari Mentimun Untuk Luar Dan Dalam Tubuh."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i