Berikut Ini 23 Daftar Lalapan Yang kerap Dikonsumsi Banyak Orang.

 
Daftar lalapan

Lalapan.

Jika mendengar kata tersebut apa yang terpikirkan di benak kamu? Sayuran, kol atau pete? Yap, beberapa hal tersebut memang termasuk bagian dari bahan makanan yang dapat di jadikan lalapan.

Lalapan merupakan kudapan samping dapat berupa buah, biji atau dedaunan dari beberapa jenis tumbuh-tumbuhan, baik di santap selagi segar, di rebus atau di goreng hal tersebut tidak menjadi masalah selagi rasa dan tekstur dari lalapan tidak banyak berubah.

Umumya lalapan di konsumsi sebagai pendamping saat menyantap makanan, contohnya seperti saat makan pecel lele, olahan sambal, makanan bersantan, salad dan beberapa kudapan lainya. Lalapan sendiri dapat berguna sebagai pencuci mulut, penetral makanan pedas atau berminyak, meningkatkan rasa dan aroma pada makanan ataupun hanya mengkonsumsinya secara rutin untuk gaya hidup sehat.

Mengkomsumsi lalapan segar memang baik untuk kesehatan jika di lakukan dengan benar dan tidak berlebihan. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan kandungan nutrisinya secara maksimal, selain itu patut diketahui juga bahwa lalapan sangat bagus untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan.

Nah simak di bawah ini 23 lalapan yang kerap di konsumsi dan manfaatnya.

1. Timun.

Timun merupakan jenis buah yang mudah di jumpai dan sering di hidankan pada rumah makan dan acara-acara sebagai olahan makanan, lalapan dan minuman. Teksturnya yang renyah dan banyak mengandung air, sehingga menjadi lalapan yang paling banyak di gemari.

Baca juga : Khasiat timun yang patut kamu ketahui.

Timun sangat cocok di gunakan sebagai lalapan saat mengkonsumsi kudapan yang berlemak dan pedas karena mampu menetralkan sekaligus mendinginkan pencernaan. Di ketahui juga buah yang merupakan labu ini sangat bagus untuk kesehatan tubuh seperti melancarkan pencernaan, mencegah kenaikan berat badan, mendinginkan perut dan mencegah dehidrasi.

Di lansir dari HealthLine timun di ketahui juga dapat mengatasi dan mencegah masalah kolesterol, darah tinggi, penyakit jantung dan mengurangi resiko terkena kanker.

2. Kemangi. 

Kemangi merupakan dedaduan yang kerap di jadikan lalapan dan di konsumsi selagi segar bersamaan dengan sambal terasi dan sambal asam manis, karena memang dasarnya kemangi enak bila di campur dengan aneka sambal.

Dedaunan satu ini mempunyai aroma segar yang khas saat di petik dari tangkai pohonya, banyak pecinta lalapan mengkonsumsi kemangi untuk mengurangi rasa amis dan bau di mulut pada saat menyantap makanan.

Baca juga : Manfaat lengkap dari daun kemangi untuk kesehatan.

Tahukah kamu dengan mengkonsumsi daun kemangi juga dapat memberi manfaat yang baik bagi tubuh di antaranya yaitu mengobati sariawan, mengurangi bau badan, menghilangkan bau tak sedap pada mulut, mengatasi masalah pencernaan dan mencegah infeksi.

3. Kol atau kubis.

Selanjutnya ada lalapan kol atau kubis, kol merupakan sayuran dedaunan yang bentuknya mengepal atau menumpuk serta banyak mengandung Vitamin C dan K. 

Umunya kol di jadikan lalapan dengan di santap langsung selagi segar atau di goreng sebentar. Tekturnya yang renyah dan enak membuat banyak yang menyukai sebagai lalapan selain timun.

Di kutip dari Healthline sayur kol dapat mengatasi beberapa masalah pencernaan dan mencegah peradangan pada usus.

Baca juga : Awas, bahaya di balik kol yang di goreng.

4. Leunca.

Leunca, rimbang atau cempokak merupakan tumbuh-tumbuhan yang berasal dari suku terung-terungan biasa di konsumsi untuk lalapan atau di campur ke aneka masakan seperti nasi goreng, oncom dan sambal.

Walaupun kecil dan mempunyai rasa pahit namum leunca dan rimbang mempunyai manfaat kesehatan yang luar biasa bagus untuk para penikmatnya.

Baca juga : Ingin tahu lebih tentang kandungan dan manfaat rimbang?

5. Terong atau Terung.

Baik terong telunjuk, terong bulat dan terong ungu, semua dapat di jadikan lalapan pendamping saat makan. Kebanyakan terong yang di jadikan lalapan di konsumai secara mentah atau dengan di rebus terlebih dahulu. Namun hal tersebut tergantung dari para penikmatnya.

Di ketahui buah terong sangat bagus untuk sistem pencernaan, mengatasi susah buang air kecil dan mengatasi encok.

Baca juga : Manfaat terong, salah satunya mencegah penyakit berbahaya.

6. Pohpohan.

Selanjutnya ada pohpohan. Pohpohan merupakan sayuran hijau yang tumbuh pada kawasan tropis Asia, mempunyai aroma dan bentuk yang mirip dengan daun mint.

Kebanyakan pohpohan diolah menjadi lalapan dan campuran salad, di ketahui daun pohpohan mengandung mineral Kalsium yang mana sayuran ini sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Baca juga : Info lebih lanjut tentang pohpohan dan manfaatnya.

7. Antanan.

Antanan atau biasa di sebut dengan pegagan merupakan tumbuhan liar yang banyak di temui pada negara beriklim tropis. Tumbuhan pegagan sangat populer dalam dunia kuliner karena dapat digunakan sebagai hiasan, beragam olahan masakan atau hanya untuk lalapan.

Di ketahui manfaat pegagan untuk kesehatan dapat mengatasi beberapa masalah penyakit seperti infeksi luka, sesak nafas, bisul, kelelahan, demam dan kecemasan yang berlebih.

8. Kacang panjang.

Tak hanya selalu menjadi masakan, kacang panjang juga bisa di jadikan lalapan saat menyantap hidangan.

Teksturnya yang renyah dan mempunyai rasa yang sedikit manis sehingga membuat kacang pacang cukup di gemari sebagai lalapan. Kamu dapat mengkonsumsinya secara langsung selagi segar atau dengan merebusnya sebentar.

Selain itu kamu juga harus tahu, mengkonsumsi kacang panjang juga bagus untuk pencernaan dan mencegah resiko terkena kanker usus.

9. Selada.

Lalapan selanjutnya yaitu selada. Selada merupakan sayuran yang paling populer dan banyak di sukai, rasanya yang renyah dan segar sangat cocok untuk salad, lalapan dan berbagai campuran makanan lainya.

Di ketahui juga daun selada merupakan sayuran yang di katakan super karena manfaatnya yang bagus untuk kesehatan. Mengkonsumsi selada diketahui dapat mengatasi masalah darah tinggi, masalah pencernaan, mengatasi berat badan dan bagus untuk pencernaan.

Selain itu manfaat lainya dapat menangkal paparan radikal bebas, menjaga tulang dan gigi serta meningkatkan daya tahan bagi penikmatnya.

10. Pete atau petai.

Walau baunya sangat menyengat namun tidak membuat pete hilang dari sebutan lalapan dan tetap sesalu masih banyak yang menyukai makanan satu ini. Pete pasti selalu ada di setiap rumah makan padang dan pecel lele sebagai sambal atau lalapan.

Tahukah kamu pete di ketahui cukup ampuh dalam mengontrol gula darah, melawan radikal bebas, melancarkan pencernaan dan melawan infeksi.

11. Seladren.

Yap, seladren atau biasa di sebut dengan tespong merupakan tumbuham yang hampir mirip dengan daun seledri. Hanya saja yang membedakan keduanya yaitu tumbuhan seladren lebih kaku dan tebal pada bagian tangkai dan daunya.

Seladren sangat cocok untuk di jadikan lalapan dan campuran salad. Perlu kamu ketahui kandungan Antioksidan dari tumbuhan ini cukup tinggi, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi yang mengkonsumsinya.

12. Daun Andewi.

Andewi atau Andive adalah jenis tumbuhan (sayuran) dari keluarga sawi-sawian. Umumnya Andewi memang kurang populer di Indonesia sendiri.

Akan tetapi sayuran ini banyak diolah menjadi salad, lalapan dan campuran masakan. Untuk rasa daun Andewi memang sedikit pahit serta mempunyai tekstur yang hampir sama dengan daun selada.

Diketahui sayuran satu ini mengandung banyak nutrisi yang tentunya berguna untuk tubuh seperti Vitamin A, K, Serat dan beberapa mineral seperti Potasium, Zat besi, Tembaga dan mangan.

Selain mengandung tinggi nutrisi sayur satu ini diketahui juga dapat meningkatkan nafsu makan seseorang dan melancarkan sistem pencernaan.

13. Daun ubi.

Lalapan selanjutnya yaitu daun ubi, daun ubi memang sangat mudah dijumpai bahkan di sekitaran rumah. Namun bagaimana cara daun ubi agar bisa di jadikan lalapan?

Untuk menjadikan daun ubi sebagai lalapan kamu hanya perlu merebus sebentar. Caranya pilih daun yang masih muda pada bagian pucuk batang ubi, setelah itu cuci dan rebus dengan air yang sudah mendidih.

Berikan garam setengah sendok teh lalu masak daun ubi sekitar 3-5 menit. Jangan terlalu lama nanti bisa menjadi lunak, setelah itu angkat dan masukan kedalam air dingin.

Daun ubi sangat cocok untuk orang yang tekanan darahnya kurang, sering merasa lelah dan kulit terlihat pucat, hal tersebut di karenakan daun ubi tinggi akan kandungan zat besi di dalamnya.

Selain itu daun ubi dipercaya juga dapat mengatasi nyeri sendi, meningkatkan stamima, melancarkan pencernaan, mengatasi cacingan dan mengobati luka pada kulit.

14. Jantung pisang.

Hayo siapa yang hobi dengan jantung pisang, selain enak di sayur ternyata jantung pisang juga enak dijadikan lalapan, terlebih lagi didampingi dengan sambal pecel, terasi dan pedas manis.

Cara mengolah jantung pisang menjadi lalapan terbilang mudah, kamu hanya perlu merebusnya hingga lembut. Namun sebelum itu kamu harus merendamya dengan air garam untuk menghilangkan getah yang ada di dalamnya.

Tahukah kamu mengkonsumsi jantung pisang ternyata berdampak baik untuk kesehatan, diketahui jantung pisang dapat mencegah ganguan saraf, infeksi dan mengatasi masalah berat badan.

15. Kenikir.

Daun kenikir

Ayo ada yang hobi dengan daun kenikir? Kenikir atau dalam bahasa inggris disebut dengan Cosmos Caudatus merupakan tumbuhan yang hidup pada kawasan tropis.

Di Indonesia daun kenikir biasa di konsumsi sebagai lalapan, karena mempunyai rasa yang khas saat dikunyah membuat sebagian orang tak menyukainya. 

Walaupun begitu daun kenikir mempunyai segudang manfaat seperti mengatasi bau mulut, menambah nafsu makan, menjaga kesehatan tulang dan otot, mencegah pertumbuhan kanker masih banyak lagi.

Baca juga : Manfaat kenikir selain mencegah kanker.

16. Jengkol.

Hmm, buah satu ini ada yang suka dan ada juga yang tidak. Kebanyakan orang yang tidak menyukai jengkol karena baunya yang menyengat dan membuat toilet jadi super bau.

Namu sebagian pengemar tidak menjadi masalah dan bahkan hanyak mengkonsumsi secara mentah atau di goreng sebagai lalapan pendamping.

Tertarik dengan lalapan jengkol?

17. Daun pepaya.

Lalapan selanjutnya ada daun pepaya, lebih tepatnya pucuk muda dan kuncup bunganya dapat dikonsumsi sebagai lalapan yang enak.

Untuk daunya kamu dapat merebusnya sebentar agar rasa pahitnya sedikit berkurang. Walaupun terbilang pahit daun pepaya dapat menjadi obat yang sangat bermanfaat untuk tubuh, contohnya mengatasi demam berdarah, masalah pencernaan, masalah cacingan, mencegah kanker, meredakan nyeri dan mengatasi luka pada kulit.

18. Daun seledri.

Siapa yang tak kenal dengan daun seledri, seledri biasa digunakan untuk penyedap pada masakan contoh seperti, mie, soto, tekwan dan berbagai masakan lainya. 

Rasa dan teksturnya yang renyah kamu dapat menjadikan daun seledri sebagai lalapan tentunya.

Patut kamu ketahui bahwa daun seledri ternyata bisa meningkatkan tekanan darah, menangkal radikal bebas, menurunkan berat badan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Tertarik untuk mencoba lalapan atau salad dari daun seledri?

19. Sawi hijau.

Selanjutnya ada sawi hijau. Sawi hijau biasa di olah menjadi masakan sayur, salad, campuran bakso dan mie ayam, namun tak dipungkiri bahwa sawi hijau dapat dijadikan lalapan pendamping saat makan.

Rasanya yang sedikit pahit dan teksturnya yang seperti selada menimbulkan citarasa tersendiri saat menyantapnya.

20. Tomat.

Yap, penggunaan tomat sebagai lalapan tergantung selera masing-masing orang. Kalo kamu tertarik kamu bisa menggunakan tomat yang berukuran kecil atau biasa di sebut tomat cery.

Teksturnya dari tomat yang renyah dan banyak air dapat dijadikan bahan untuk pencuci mulut loh, selain itu tomat juga mengandung Vitamin C dan Antiokasidan yang tinggi, dimana hal tersebut dapat menjadi obat untuk penangkal radikal bebas, mencegah kanker dan beragam penyakit berbahaya.

21. Brokoli.

Sayuran yang di kenal pahit ini telah terbukti mempunyai manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh. Kamu dapat menggunakanya sebagai lalapan atau campuran salad.

Sedikit tips untuk mengolah lalapan yaitu potong kecil-kecil brokoli kemudian rendam sebentar dengan air garam, setelah itu rebus dengan air panas selama dua menit. Usahakan jangan terlalu lama merebusnya karena kandungan nutrisi di dalamnya akan mudah hilang.

22. Buncis.

Lalapan selanjutnya ada buncis. Buncis merupakan sayuran yang mirip dengan kacang panjang, baik tekstur dan rasa sama-sama mirip.

Kamu dapat memakanya secara langsung atau dengan merebusnya sebentar, kalo mimin sendiri sih lebih memilih merebusnya sebentar dengan begitu rasa getirnya akan hilang dan menjadi lebih lembut.

Oh ya, buncis sangat baik untuk pencernaan loh, selain tinggi akan serat yang baik untuk tubuh, sayur buncis di ketahui dapat mencegah seseorang terkena kanker, ganguan pencernaan dan mengatasi masalah berat badan.

23. Jagung muda.

Lalapan yang terakhir yaitu kamu dapat menggunakan jagung muda. Yap bahan sayuran satu ini biasa dijadikan masakan sayur, namun tak menutup kemungkinan jangung muda bisa di jadikan lalapan. 

Terlebih lagi jika kamu mengunakan jenis jagung manis maka rasanya akan lebih enak. Bagaimana caranya, kamu cukup merebusnya saja hingga lunak, rebus jagung muda bersama kulit luarnya agar rasa alaminya tidak hilang.

Rasanya yang renyah, manis dan berair akan membuat kamu ketagihan, selain itu mengkonsumsi jagung muda juga dapat mencegah seseorang terkena diabetes, mencegah alzeimer, melancarkan pencenaan dan masih banyak lagi.

Baca juga : Khasiat buah bit merah yang tak banyak orang tahu.

Mungkin artikel kali ini cukup sampai disini, jika ada yang ingin menambahkan daftar lalapan yang sering kamu konsumsi dapat di tambahkan pada kolom komentar ya.

Itulah daftar 23 lalapan yang kerap di konsumsi banyak orang dan manfaatnya.


Buka Komentar

0 Response to "Berikut Ini 23 Daftar Lalapan Yang kerap Dikonsumsi Banyak Orang."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i