CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Tips Menanam Seledri dari Biji atau Batang serta Perawatan Agar Tumbuh Lebat dan Subur - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Tips Menanam Seledri dari Biji atau Batang serta Perawatan Agar Tumbuh Lebat dan Subur

tanaman seledri
Sumber foto : shutterstock/celery plant
Healty99 - Seledri merupakan tanaman terna pendek yang banyak dibudidaya, hal ini dikarenakan daun dan batangnya kerap di pakai sebagai campuran dalam beberapa makanan, jus hingga lalapan. Sehingga tak heran jika banyak orang ingin menanam Seledri dipot untuk persediaan dirumah.

Akan tetapi menanam tanaman Seledri tak semudah kamu banyangkan, ia juga cukup rewel dan terkadang sulit untuk tubuh. Bahkan jika tidak cocok dengan lingkungan, pertumbuhanya bisa lambat alias kerdil.

Nah, buat kamu yang baru ingin memulai menenam Seledri didalam pot, atau ingin memperbanyaknya menggunakan biji dan sisa batang. Berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

Baca juga : 

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan

Cara Mudah Menanam Seledri

Perlu kamu ketahui sebelumnya bahwa tanaman satu ini memerlukan tingkat kesuburan tanah yang cukup, pencahayaan dan pupuk. Hal ini bertujuan agar menunjang keberhasilan untuk tumbuh.

Menanam Seledri dari Sisa Batang dan Umbi

batang seledri
Sumber gambar : thespruce
Pada dasarnya Seledri tidak bisa tumbuh jika menggunakan batang (tangkai), karena batangnya terdiri dari lapisan tangkai daun yang menebal.

Terlebih lagi jika kamu membeli sayuran satu ini dipasar yang sudah dalam kondisi di potong, maka peluang untuk tumbuh sangat kecil.

Namun, Seledri adalah tumbuhan yang mempunyai umbi tanah seperti halnya kentang dan sejenisnya.Nah bagian umbinya inilah yang bisa ditanam dan menjadi cikal bakal tunas baru.

Berikut langkah-langkah cara menanam.

1. Pilih Bibit yang Bagus

Pastikan kamu telah memilih bibit Seledri yang bagus, ciri-cirinya ialah umbi tidak rusak atau busuk.

Selain itu lihat juga ukuran batangnya, usahakan cukup besar sehingga bisa dipastikan peluang tanaman tumbuh lebih tinggi.

2. Potong Batang

Setelah memilih bibit dengan bagus, lakukan pemotongan batang Seledri pada bagian pangkal.

Pada bagian ini bisa menjadi dua cikal bakal tanaman yang tumbuh, satu dari umbi satu lagi dari pangkal batang yang tersisa.

3. Letakan Pada Wadah Berair

batang seledri

Langkah selanjutnya buat dua wadah berisi air untuk batang dan umbinya. Untuk batang bisa direndam namun jangan keseluruhan, paling tidak rendam sedalam 2 cm didalam wadah.

Sedangkan untuk umbinya buat berada di atas permukaan air, usahakan jarak umbi dengan air tidak lebih dari 1 cm. Ini bertujuan untuk merangsang akar agar cepat tumbuh.

Namun sebenarnya umbi bisa ditanam secara langsung kedalam media pot atau tanah, karena ia tidak terlalu memerlukan perangsangan akar menggunakan air.

4. Awasi Pertumbuhan

Dalam beberapa hari batang Seledri yang direndam tadi akan mulai tumbuh akar baru dan daun muda. 

Sedangkan untuk umbi juga sama, biasanya akan tumbuh serabut akar baru pada bagian bawah dekat air.

5. Lakukan Pemindahan Media

Jika tanaman sudah tampak tumbuh akar, langkah selanjutnya kamu bisa memindah tanaman Seledri ke media tanah.

Media tanam Seledri bisa menggunakan sekam bakar yang dicampur dengan tanah bakar dan pupuk kandang, untuk perbandingan media bisa 3:3:1.

Setelah itu baru pindah batang dan umbi tadi kedalam media baru atau pot.

6. Pekembangan Tanaman

Dalam beberapa minggu, bibit Seledri yang dari sisa batang akan tumbuh dengan subur dan bisa menghasilkan umbi.

Sedangkan bibit yang dari umbi akan tumbuh tunas Seledri secara bergerombol, yang mana ini bisa kamu pisahkan untuk memperbanyak tanaman selanjutnya.

Cara Menanam Seledri Dari Benih atau Biji

gambar biji seledri
Sumber foto : garden
Langkah menanam dari biji tergolong mudah, terlebih lagi kamu hanya perlu melakukan penyemaian saja dan setelah tumbuh baru dipindah.

Selain itu dengan biji kamu juga bisa dengan mudah menyimpan stok bibit Seledri lebih awet. Berikut beberapa langkah cara menanam dan persiapanya :

1. Peredaman

Siapkan biji Seledri yang akan disemai terlebih dahulu, kemudian rendam menggunakan air dengan suhu 50 sampai 60 derajat celcius (kurang lebih hangat kuku).

Rendam paling tidak selama satu jam, ini bertujuan untuk merangsang tanaman dengan air.

2. Persiapan Media

Selagi dalam waktu peredaman, kamu dapat mempersiapkan media tanaman terlebih dahulu dengan perbandingan 3:3:1 (sekam bakar, tanah bakar dan pupuk kandang).

Masukan campuran tanah kedalam pot atau polybag hingga 80% penuh.

3. Penyemaian

Buat alur di dalam pot untuk semai biji Seledri sedalam 0,5 mm kemudian timbun sedikit. Jika medianya besar beri jarak 5 sampai 10 cm per lubang.

Langkah selanjutnya kamu bisa menyiram setiap pagi dan sore hari untuk melembabkan tanah dan mempercepat pertumbuhanya.

Nah, dalam beberapa hari tunas Seledri akan muncul dengan ditandai pucuk daun muda.

Cara menanam dari biji tergolong mudah, sehingga cocok buat kamu yang pemula atau baru pertama kali menanam.

Cara Merawat Seledri Agar Tumbuh Lebat

Sumber foto : pixabay/adrian2019
Menanam Seledri tergolong susah-susah gampang, karena banyak juga tanaman yang dihasilkan kerdil, berdaun kecil dan tidak subur. 

Untuk itu berikut beberapa cara merawat tanaman Seledri yang bisa kamu lakukan sekaligus agar tumbuh lebat dan banyak panen.

1. Letakan Ditempat yang Sejuk

Tanaman Seledri tidak menyukai tempat yang terlalu panas dan terpapar sinar matahari secara langsung.

Sebaiknya jika kamu ingin menanam, letakan pada tempat yang sedikit teduh namun terkena cahaya matahari, atau kamu juga bisa menggunakan jaring dan paranet khusus pertanian.

2. Penyiraman

Tanaman Seledri memerlukan air cukup banyak, hal ini karena ia menyukai tanah yang subur, sedikit lembab dan kaya akan hara.

Lakukan penyiraman paling tidak sehari sekali saat pagi atau sore hari. Dengan menyiram secara teratur tentu pertumbuhan daunnya juga semakin segar dan tidak mudah layu.

3. Pemupukan

Untuk pupuk awal tanaman Seledri kamu bisa menggunakan pupuk kotoran hewan dan kompos dedaunan.

Sedangkan untuk pupuk lanjutan kamu bisa memberi jenis pupuk cair dengan takaran 10 ml pupuk cair diencerkan dengan 1 liter air. Pemberian pupuk pada Seledri dapat dilakukan 1 sampai 2 minggu sekali.

Pupuk tentunya sangat penting karena menunjang kesuburan dan kelebatan dari tanaman itu sendiri.

4. Pengendalian Hama

Cara merawat selanjutnya ialah dengan mengendalikan hama perusak. Biasanya ditandai dengan tedapat bintik hitam pada daun, berlubang dan terdapat bekas gigit serangga.

Untuk pengendalian hama kamu bisa menggunakan insektisida alami atau kimia yang banyak beredar di toko pertanian.

Nah, itulah beberapa cara menanam tanaman Seledri dari biji atau batang serta perawatan agar tumbuh lebat dan subur.

Baca terus informasi lainnya seputar tanaman di healty99.com.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel