Ketahui 17 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Jika dikonsumsi Secara Rutin.

Jangan cuma makan, kamu juga harus tahu dengan manfaat dan efek samping daun seledri.

manfaat daun seledri untuk kesehatan
Seledri, mendengar namanya saja pasti kamu sudah tahu akan bentuk dan rasanya. Seledri Apium graveolens merupakan tanaman yang di budidayakan untuk diambil bagian daun dan tangkainya sebagai bahan campuran penyedap makanan hingga obat tradisional.

Pemanfaatan daun seledri di Indonesia lebih banyak dipakai sebagai bahan campuran pada masakan seperti soto, mie bubur ayam, sop dan masih banyak lagi, rasanya yang renyah dan segar terkadang sering juga dijadikan lalapan pendamping.

Nah jika kamu hobi makan sayuran satu ini, berikut beberapa khasiat yang akan kamu dapatkan tentunya, tapi sebelum itu ada baiknya ketahui terlebih dahulu apa saja kandungan yang didalam daun seledri.

Untuk kandungan nutrisi daun seledri mempunyai kalori, karbohidrat, air, protein, gula, serat, lemak, vitamin A, C, D, E, K , vitamin B kompleks, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, sodium dan seng. Tak hanya itu saja daun seledri juga bersifat antidiuretika, antireumatik, antihipertensi serta antioksidan bagi tubuh.

Sangat banyak bukan kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya, sehingga bukan tidak mungkin sayuran seledri sangat baik untuk kesehatan.

Berikut ini manfaat daun seledri untuk kesehatan.

1. Sumber Nutrisi Yang Lengkap.

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas bahwa daun seledri mengandung kaya akan nutrisi, baik dari segi kandungan vitamin dan mineralnya.

Hanya dengan mengkonsumsi daun seledri secara teratur bisa menjadi sumber asupan nutrisi tambahan yang bagus untuk tubuh kamu loh.

Ada tapinya, jangan karena sayuran satu mengandung kaya akan nutrisi lantas kamu hanya mengkonsumsi sayuran seledri setiap hari dengan porsi yang banyak. Cukup konsumsi sehari sekali sebagai lalapan, salad atau campuran pada makanan saja sudah cukup untuk medapatkan khasiatnya.

Baca juga :

2. Daun Seledri Atasi Sembelit.

Manfaat daun seledri selanjutnya dapat melancarkan masalah sembelit yang sedang kamu alami.

Jika kamu dalam beberapa hari ini sering mengalami susah buang air besar atau sembelit cobalah untuk perbanyakan makan sayuran hijau satu ini. Terdapatnya kandungan serat dan air pada daun seledri yang diketahui mampu melancarkan feses serta mencegah pengerasan feses pada usus besar.

Cara paling cepat mengatasinya ialah dengan mengolah daun seledri menjadi jus segar, silahkan kamu coba sendiri dirumah.

3. Menurunkan Darah Tinggi.

daun seledri atasi darah tinggi atau hipertensi
Daun seledri diklaim mampu menurunkan tekanan darah tinggi seseorang loh, hal ini dikarenakan terdapat beberapa senyawa dan mineral penting pada sayuran yang mampu berperan dalam melancarkan peredaran darah serta mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh.

Dalam hal ini seledri juga sering disebut sebagai obat antihipertensi alami karena kemampuanya dalam menurunkan tekanan darah.

4. Menguatkan Tulang dan Otot.

Manfaat daun seledri mampu menguatkan tulang dan otot bagi yang rutin mengkonsumsinya.

Hal tersebut didasari akan beberapa kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, potassium, sodium, lemak, vitamin C dan protein yang mampu memperbaiki kerusakan jaringan sel serta memperkuat tulang dan otot tubuh.

Baca juga :

5. Baik Untuk yang Sedang Diet.

Daun seledri baik untuk kamu yang sedang menjalankan program diet atau menurunkan berat badan yang berlebih. Kamu bisa mendapatkan khasiatnya dengan cara mengolah daun seledri menjadi salad atau jus sebagai makanan sehat.

Selain itu kandungan serat pada sayur hijau juga diketahui ampuh dalam membantu kamu untuk menurunkan badan secara cepat dengan cara mengurangi penyerapan karbohidrat dan lemak dari makanan ke dalam tubuh.

6. Mencegah Diare dan Sakit perut.

Seledri tak hanya mampu mengatasi sembelit saja loh, kalo kamu rutin mengkonsumsi sayuran satu ini maka akan mendapatkan manfaat untuk mencegah masalah diare dan sakit perut.

Beberapa kandungan pada daun seledri diketahui mampu membunuh kuman dan virus yang terbawa masuk bersamaan dengan makanan, walau tidak bisa dijadikan sebagai obat namun kamu bisa menggunakanya sebagai pencegahan secara alami.

7. Menjaga Kesehatan Ginjal.

manfaat daun seledri untuk kesehatan rambut
Sumber foto : pixabay.
Manfaat daun seledri selanjutnya yaitu mampu melancarkan saluran kencing, menjaga kesehatan ginjal serta kandung kemih sekaligus.

Hal tersebut karena daun seledri mampu bersifat diuretika yaitu mempercepat laju pembentukan urin secara alami tanpa obat-obatan, tentunya hal ini berguna dalam membersihkan saluran kencing, mencegah dari infeksi kuman serta mencegah pembentukan mineral garam pada kandung kemih.

8. Seledri Mencegah Naiknya Kolesterol.

Daun seledri diketahui mampu mencegah naiknya kolesterol dalam tubuh terutama kolesterol jahat (LDL) secara berlebihan.

Kandungan serat pangan pada sayuran yang sangat tinggi memungkinkan mampu berguna untuk mencegah penyerapan lemak jenuh yang berasal dari makanan, tentunya hal ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kamu loh. 

Mengapa? pasalnya lemak jenuh dalam jumlah yang berlebihan dalam tubuh dapat memicu penyakit berbahaya lainya.

Manfaat daun seledri jika dikonsumsi.

9. Mencegah Kerusakan Sel.

Kemampuan daun seledri dalam mencegah kerusakan sel didasari dengan berapa kandungan nutrisi serta senyawa lainya yang bersifat antioksidan bagi tubuh.

Perlu kamu ketahui antioksidan berperan dalam mencegah kerusakan sel lebih parah, baik itu akibat dari paparan radikal bebas dan zat kimia yang masuk kedalam tubuh. Tak sampai disitu saja fungsi antioksidan lainya yaitu mampu mempercepat regenerasi atau pembentukan jaringan sel baru.

Maka dari itu jika kamu ingin tubuh yang sehat dan tampak lebih muda rutinlah mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan.

10. Meningkatkan Gairah Pria.

Daun seledri dikalim mampu berperan seperti obat afrodisiaka alami loh, yaitu senyawa yang memicu peningkatan gairah sex pada pria.

Namun dalam hal ini masih perlu pengujian lebih lanjut akan terhadap khasiatnya, terlebih lagi berapa jumlah batas aman yang harus dikonsumsi untuk tubuh.

11. Bersifat Mendinginkan Pencernaan.

manfaat daun seledri untuk pencernaan
Sumber foto : pixabay.
Nah kamu yang hobi makan-makanan yang pedas dan berminyak sehingga terkadang membuat perut panas, cobalah untuk mengkonsumsi jus daun seledri yang ditambah dengan potongan timun.

Campuran kedua bahan tersebut mampu bersifat mendinginkan pencernaan loh dan sekaligus baik untuk usus.

12. Baik Untuk Kesehatan Jantung.

Manfaat daun seledri selanjutnya yaitu menjaga kesehatan jantung agar lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Hal ini karea daun seledri mampu berguna dalam melancarkan peredarah darah serta sekaligus mestabilkannya kebatas normal, tak sampai disitu saja beberapa kandunganya mineral pada sayur dapat menjaga kesehatan otot jantung juga loh.

Baca juga : 

13. Dikalim Mampu Mencegah Penyakit Kanker.

Mengkonsumsi daun seledri diklaim mampu mencegah sel kanker tumbuh dan berkembang didalam tubuh, kemampuan ini didapat akibat adanya kandungan senyawa antioksidan yang tinggi.

Untuk itu kamu harus rutin mengkonsumsi asupan makanan yang sehat dan kaya akan kandungan nutrisi seperti daun seledri.

14. Menurunkan Kadar Gula Darah.

Daun seledri mampu mengurangi fluktuasi glukosa darah, menurut hasil dari penelitian kandungan vitamin K dalam sayur diketahui mampu mengurangi risiko diabetes dan mencegah penyakit kencing manis.

15. Manfaat Daun Seledri Atasi Nyeri Sendi.

Manfaat mengkonsumsi daun seledri selanjutnya yaitu mampu mengurangi nyeri pada area sendi dan mengobati masalah rematik.

Cukup konsumsi sayuran satu ini secara teratur maka kamu akan mendapatkan khasiatnya.

16. Menjaga Kesehatan Rambut.

manfaat daun seledri untuk turunkan berat badan
Jika kamu mempunyai beberapa masalah rambut seperti rontok, kusam, kering dan mudah patah cobalah untuk menggunakan manfaat daun seledri.

Daun seledri mengandung kaya akan nutrsi yang bagus untuk kesehatan rambut dan tentu saja dapat digunakan dari dalam maupun luar tubuh.

Untuk penggunaan dari dalam tubuh kamu bisa konsumsi sebagai jus atau lalapan saat makan, sedangkan penggunaan dari luar, daun seledri cukup kamu blender hingga halus kemudian usapkan pada rambut sebagai keramas.

17. Daun Seledri Obat Luka.

Manfaat daun seledri yang terakhir ialah dapat kamu gunakan untuk mencegah infeksi luka pada kulit. 

Beberapa luka kecil seperti lecet, memar dan tertusuk benda tajam bisa kamu obati dengan daun satu ini, caranya cukup remas daun sampai halus kemudian tempelkan pada luka dan tunggu hingga mengering.

Nah itulah beberapa manfaat daun seledri untuk kesehatan tubuh. 

Lantas apakah ada efek samping dari daun seledri untuk kesehatan? Efek samping tetap ada namun yang perlu kamu ketahui ialah ada baiknya untuk jangan menggunakanya terlalu berlebihan.

Konsumsilah sayuran sewajarnya saja karena hal tersebut akan lebih berguna untuk menjaga keseimbangan nutrisi lainya dalam tubuh.

Nah jika kamu ingin tahu tentang manfaat tanaman herbal lainya kamu bisa membaca di healty99.com.

Sekian dulu pembahasan tentang manfaat daun seledri. 

Buka Komentar

0 Response to "Ketahui 17 Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Jika dikonsumsi Secara Rutin."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i