Ketahui Manfaat Daun Mangga beserta Efek Sampingya Untuk Kesehatan.

Ketahui manfaat daun mangga yang sering disepelekan.

manfaat air rebusan daun mangga
Sumber foto : pixabay.
Yap daun mangga yang mudah kita jumpai sering kita abaikan begitu saja, pasalnya pohon mangga hanya biasa dimanfaatkan buahnya saja sebagai bahan konsumsi. Buah mangga memang kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan, namun tahukah kamu bahwa bagian daun mangga yang sering kita abaikan ternyata menyimpan khasiat yang baik untuk kesehatan juga loh.

Manfaat daun mangga memang jarang sekali orang yang tahu terlebih lagi banyak orang lebih memilih menggunakan jenis dedaunan lainya seperti daun sirsak, manggis sebagai obat tradisional.

Nah dikesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang manfaat daun mangga untuk kesehatan sebagai obat herbal alternatif.

Daun mangga diketahui mempunyai kandungan senyawa seperti alkaloid, tanin, mangiferin , steroid, asam fenolik, ester fenolik, flavonoid dan flavonol serta zat hijau daun dan sifat antibakteri.

Untuk itu simak berikut ini manfaat daun mangga untuk tubuh.

Baca juga :

1. Meringankan Masalah Pernapasan.

Daun mangga diklaim mampu mengatasi berbagai masalah yang sering terjadi pada area pernapasan seperti flu, sesak nafas, asma dan batuk.

Cara menggunakanya ambil beberapa lembar daun mangga yang cukup tua kemudian rebus dengan segelas air, setelah mendidih tuang kedalam gelas dan beri beberapa sendok madu untuk penambah rasa.

Kamu bisa menambahkan beberapa potongan jahe atau kayu manis jika mau, cara satu ini bisa kamu gunakan sebagai alternatif dari obat-obatan.

2. Menurunkan Kadar Gula Darah.

Manfaat daun mangga berikutnya yaitu diketahui dapat mengurangi kadar gula (glukosa) dalam darah yang jumlahnya berlebihan.

Terdapatnya beberapa senyawa penting seperti tanin, flavonoid dan beberapa kandungan lainya yang bersifat antioksian bagi tubuh memungkinkan bisa menurunkan gula darah secara bertahap.

Cukup mengolah daun mangga menjadi minuman teh dan dikonsumsi secara teratur maka kamu bisa mendapatkan khasiatnya.

3. Atasi Gangguan Telinga.

Daun mangga atasi gangguan telinga, beberapa gangguan telinga seperti gatal dan mengeluarkan cairan kuning bisa kamu obati dengan menggunakan daun satu ini.

Kamu hanya perlu mengambil ekstrak air dari daun mangga dengan cara menumbuk atau diblender hingga halus, saring ambil airnya kemudian dimasak sebentar. Setelah itu baru bisa kamu teteskan pada area telinga.

4. MerelaksasiTubuh.

manfaat daun mangga untuk kesehatan tubuh
Manfaat daun mangga selanjutnya yaitu bisa kamu gunakan untuk merendam anggota tubuh kamu.

Misalnya kamu sering mengalai kesemutan pada kaki, pergelangan tangan dan kaki terasa nyeri, cobalah untuk merendamnya menggunakan air rebusan hangat daun mangga secara teratur.

Hal ini berguna untuk merelaksasi tubuh kamu dari luar agar aliran darah dapat menjadi lancar.

5. Atasi Luka Bakar.

Daun mangga bisa kamu gunakan untuk mengobati masalah kulit yang terkena api (luka bakar) sekaligus mempercepat luka mengering.

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan ialah cukup ambil beberapa lembar daun mangga yang hampir tua (jangan terlalu tua) kemudian tumbuk hingga halus dan setelah itu tempelkan pada area tubuh yang terdapat luka bakar.

Pastikan kamu telah membersihkan daun mangga terlebih dahulu ya dan lakukan cara ini secara teratur.

6. Menstabilkan Tekanan Darah.

Mengkonsumsi air rebusan daun mangga diklaim mampu menurunkan tekakan darah hingga kebatas normal secara bertahap, kamu bisa menggunakan manfaat satu ini sebagai alternatif dengan cara alami.

Akan tetapi manfaat daun mangga untuk menurunkan tekanan darah tidak bisa kamu jadikan sebagai obat utama, pasalnya untuk keampuhan masih belum diketahui pasti dan terlebih lagi berapa dosis atau pemakaian yang aman untuk tubuh.

7. Mengeluarkan Racun.

Manfaat daun mangga selanjutnya yaitu diketahui dapat membantu tubuh dalam menetralisir racun atau zat-zat kimia yang masuk kedalam tubuh.

Tak hanya itu saja mengkonsumsi daun mangga juga dapat mencegah masalah sakit perut akibat makanan loh.

Cara menggunakanya ialah kamu cukup merebus daun mangga menjadi minuman teh hangat dan dikonsumsi secara teratur tentunya.

Nah itulah beberapa manfaat daun mangga untuk kesehatan yang harus kamu tahu.

Apakah ada efek samping dari penggunaan? Sejauh ini belum diketahui apa saja efek samping yang akan timbul dari mengkonsumsi air rebusan daun mangga, namun dilihat dari kandunganya mengkonsumsi daun mangga secara berlebihan bisa menyebabkan sakit perut, mual dan sakit kepala.

Maka dari itu ada baiknya kamu harus bijak dalam memilih obat-obatan yang cocok dengan kamu, atau jika kamu ragu, bisa kamu tanyakan kepada dokter atau spesialis ahli farmasi terhadap apa saja efek samping dari penggunaan daun mangga untuk tubuh terlebih lagi untuk penggunaan bersamaan dengan obat lainya.

Cukup sampai disini pebahasan manfaat daun mangga.

Semoga menambah pengetahuan kamu.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i