CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Cara Meredakan Sakit Mata Akibat Las Berdasarkan Pengalaman Sendiri - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Cara Meredakan Sakit Mata Akibat Las Berdasarkan Pengalaman Sendiri

Cara meredakan sakit mata karena las listrik

gambar orang mengelas
Sumber foto : pixabay/Free-Photos. Simak cara meredakan sakit mata akibat las dan penyebabnya berdasarkan pengalaman.

Healty99 - Las merupakan kegiatan menyambung dua batang logam atau besi menjadi satu dengan cara membakar. Salah satu jenis pengelasan yang sering di jumpai ialah pengelasan menggunakan listrik atau nyala busur listrik, yang kemudian menghasilkan suhu tinggi sehingga membuat elektroda mencair dan melekatkan logam yang akan disambung.

Akibat dari nyala listrik tadi menghasilkan percikan bunga api, kilatan cahaya dan asap hasil pembakaran. Kegiatan satu ini tentu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, bukan karena pengelasanya tidak bagus akan tapi bisa berbahaya untuk orang awam atau yang tidak berpegalaman dalam melakukanya.

Mengapa demikian? Pasalnya masalah lebih kerap terjadi pada orang yang baru pertama kali melakukan kegiatan pengelasan, salah satunya ialah yang pasti akan mengalami sakit mata dan muka terasa panas. 

Hal yang sama tentunya saya alami sendiri dimana awal pertama mengelas.

Pengalaman sakit mata akibat mengelas

Berbagi sedikit tentang pengalaman. Di awal pertama kali saya mengelas, saya terlihat santai saja alias dalam melakukan pengerjaan tanpa adanya menggunakan kaca mata gelap atau pelindung muka. Selain itu kegiatan juga di lakukan dalam ruangan yang kurang pencahayaan.

Alhasil setelah 10 menit saat sesudah mengelas masih belum terasa apa-apa, setelah satu jam kemudian mata memang terasa agak perih tapi masih biasa.

Sorenya perih makin bertambah, tapi masih biasa ditahan karena saya pikir masih ringan. Beranjak sekitar jam 10 malam mata makin sakit, makin sakit, semakin sakit, berair, perih dan rasanya seperti kemasukan pasir. 

Ternyata sakitnya mulai terasa dan semakin parah pas jam mau tidur. Disitu saya sendiri enga bisa tidur, karena mau tidur perih tidak tidur juga perih, bahkan untuk melihat cahaya saja silaunya bukan main.

Rasanya saat itu menyesal karena telah mengelas, dan akhirnya selama 2 hari dua malam kurang tidur akibat mengelas cuma selama 30 menit.

Penyebab mata sakit akibat las listrik

Nah tahukah kenapa mata kamu bisa sakit akibat mengelas? Untuk itu berikut ini beberapa faktor penyebab mengapa mata kamu terasa perih, berair dan sakit saat sesudah mengelas.

1. Belum Terbiasa

Yang pasti pertama ialah mata kamu belum terbiasa, bagaimana tidak cahaya yang terang dari hasil pengelasan bisa membuat mata kamu terkejut.

Akibat dari lonjakan cahaya tinggi maka mata kamu akan dengan cepat menyesuaikanya, yaitu memperkecil pupil mata secara spontan. Jika kondisi seperti ini dilakukan berulang-ulang tentu bisa membuat mata silau serta cepat lelah.

Selain itu, intensitas cahaya las yang tinggi dalam jangka bekelanjutan dapat merusak sebagian kecil jaringan sel bola mata. 

Makanya bagi para pemula atau baru mencoba sangat disarankan menggunakan kaca mata yang gelap atau helm khusus untuk mengelas.

2. Terpapar Asap Las Terlalu Lama

Tahukah kamu asap las mengandung beberapa bahan timbal yang teroksidasi, dalam hal ini jika mengenai mata kurun waktu lama bisa mengiritasi bagian luar selaput mata.

Memang efek tidak akan terasa langsung, akan tetapi dalam beberapa jam kedepan mata akan mulai perih dan terasa kesat. 

3. Pengaruh Bahan Baku

Penyebab mata sakit akibat las bisa juga karena jenis bahan, salah satunya yaitu kualitas kawat las yang kurang bagus maupun dari tipe logam yang dikerjakan seperti anti karat.

Pengaruh dari suatu bahan tentu dapat membuat waktu pengerjaan lebih dari biasanya, bahkan yang sudah berpengalaman dalam mengelas pun bisa merasakan sakit mata terulang kembali.

Untuk itu, jika kamu pertama kali mengelas atau sedang belajar mengelas sangat disarankan mementingkan keselamatan dengan menggunakan alat-alat perlengkapan yang safety. 

Mulai dari menggunakan sarung tangan, sepatu boots, kaca mata khusus las full face dan tentu saja masker. 

Di sisi lain adapun untuk hindari mengelas terlalu lama dalam ruangan dan low cahaya.

Cara meredakan sakit mata akibat las

Adapun beberapa cara atau obat alami sakit mata akibat las listrik yang bisa kamu coba. Cara ini juga berdasarkan pengalaman saya sendiri sehingga mungkin saja cocok buat kamu.

1. Minum Obat Sakit Kepala

Ada baiknya jika kamu sudah mengelas untuk meminum obat pereda sakit kepala 1 kapsul (tablet), kemudian beberapa jam kedepan minum kembali.

Ini dilakukan untuk mencegah peradangan dan pembengkakan pembuluh darah pada area sekitar mata.

Namun sebaiknya jangan terlalu berlebihan, terlebih lagi jangan di barengi dengan minuman berkafein atau alkohol.

2. Bersihkan Mata Menggunakan Air Steril

Saat sesudah mengelas kamu bisa membersihkan area mata dengan cara di rambang (membuka mata) dalam air, pastikan kamu menggunakan air yang bersih.

Saya juga sering melakukan cara satu ini jika lama tidak melakukan kegiatan mengelas, dan cara ini bisa mengurangi dampaknya karena cukup efektif membersihkan kotoran efek asap yang menempel pada kulit dan area sekitar mata.

3. Kompres Menggunakan Air

Jika mata terasa berair dan mata perih karena las maka cobalah untuk mengkompres menggunakan air yang rada dingin. 

Caranya basahkan handuk dengan air es kemudian tempelkan pada area sekitar mata beberapa dalam menit.

4. Gunakan Timun Atau Bengkoang

Timun dan bengkoang mengandung air yang cukup tinggi, karena tingginya kandungan air hal ini bisa membuat timum atau bengkoang bersifat mendinginkan kulit. 

Kamu bisa menggunakan dengan caranya parut salah satu bahan tersebut kemudian tempelkan pada kelopak mata hingga tertutup seperti saat menggunakan masker mata.

Rasa dingin dari bengkoang dan timun dapat meredakan panas serta perih pada mata kamu, bahkan cara ini cukup ampuh sebagai obat mata kena las. 

Saya juga sering menggunakan sendiri atau tawarkan ke sesama teman yang sedang mengalami masalah.

Nah itulah beberapa cara yang sering saya lakukan jika terkena sakit mata akibat las.

Meredakan sakit mata akibat las menggunakan obat tetes mata?

Pernah saya menggunakan obat tetes mata yang dijual di toko apotik, kemudian saya pakai namun alhasil mata saya bukan mereda sakitnya, jutsru bertambah perih.

Saya sendiri juga kurang tahu entah obat itu tidak cocok dengan mata saya atau apa, yang jelas tidak saya pakai lagi.

Ini bukan berarti saya juga melarang kamu dalam menggunakan obat tetes mata, mungkin saja obat itu tidak cocok di mata saya sendiri. Lagi pula semenjak itu saya juga tidak pernah menggunakan obat tetes mata lagi.

Saya juga berpikir bahwa obat tetes mata tersebut hanya digunakan hanya untuk membersikah mata dan bukan untuk mengobati mata sakit akibat las.

Berapa lama sakit mata karena las?

Lamanya seseorang mengalami perih, silau atau sakit mata akibat efek lagi mengelas tergantung dari berapa lama orang itu terpapar serta kekuatan daya tahan tubuh.

Untuk kondisi ringan mungkin akan hilang saat kamu bangun di ke-esokah pagi, namun dalam kasus saya sendiri pernah hingga lebih dari 4 hari. Dimulai dari dua hari dua malam merasakan sakit dan perih, hingga benar-benar sembuh dengan ditandainya dapat melihat cahaya dengan baik.

Pengalaman yang di alami, setelah sakit hilang mata masih belum bisa melihat dengan baik karena pandangan masih terasa rabun. Bahkan untuk membaca atau mengenali orang harus benar-benar dekat agar lebih jelas.

Nah itulah beberapa cara mengobati sakit mata akibat las listrik.

Cerita tersebut berdasarkan pengalaman sendiri yang ingin dibagikan, dan saya juga bukan orang yang profesional dalam bidang pengelasan. 

Hanya saja saya sering mengelas, masalah pendapat itu kamu sendiri menyimpulkan.

Semoga bermanfaat.

Artikel terkait :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel