CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Mata - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan Mata

gambar timun
Sumber gambar : pixabay/PhotoMIX-Company
Healty99 - Manfaat timum untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi, termasuk juga dalam merawat kesehatan kulit dan area sekitar mata. Ini bukan tanpa sebab, pasalnya mentimun yang kita kenal memiliki kandungan nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tubuh seperti vitamin A, C, K, magnesium, kalium, mangan, antioksidan, air dan masih banyak lagi.

Hal ini juga lah yang membuat timun bagus untuk diet, kecantikan hingga untuk menjaga kesehatan mata.

Bagi yang suka perawatan kecantikan wajah, mungkin tidak heran lagi jika menggunakan mentimun untuk menutup mata. Emangnya apa sih khasiatnya? Yuk kita cari tahu dibawah ini.

Manfaat Meletakan Timun di Mata

1. Mengurangi keriput 

Metimun merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan air, vitamin E, magnesium dan kalium. Kandungan tersebut memungkinkan bisa membantu mencegah masalah penuaan dini sekaligus mengurangi timbulnya keriput.

Untuk mendapatkan manfaatnya kamu bisa menyiapkan timun parut, kemudian diaplikasikan pada area sekitar mata. 

Bahkan cara satu ini juga dapat kamu dijadikan sebagai pelembab yang bisa dilakukan secara rutin.

2. Menyegarkan mata

Buat kamu yang suka kerja di depan laptop atau komputer, mungkin sering mengalami yang namanya mata lelah atau terasa kantuk.

Jika iya, mungkin kamu bisa menggunakan mentimun sebagai salah satu cara untuk mengatasinya.

Cukup potong timun setebal 5 mm dua buah, lalu letakan dimata saat istirahat kerja atau sedang bersantai. Lakukan selama 15 menit maka mata kamu akan kembali segar dan siap bekerja lagi.

3. Mengatasi kantung mata

Manfaat mentimun selanjutnya ialah bisa mengatasi masalah kantung mata atau sembab yang sedang terjadi. Cara ini bahkan terbilang efektif dan telah banyak dilakukan.

Hal ini karena kandungan air pada mentimun bisa bersifat mendinginkan, tentunya ini dapat membantu mengurangi bengkak dan sembab pada area dibawah mata.

Tipsnya, masukan timun kedalam pendingin atau freezer terlebih dahulu baru digunakan, ini agar rasa dinginnya bisa bertahan lebih lama.

4. Mengurangi lingkaran hitam 

Mentimun memamg bisa membantu mencerahkan warna kulit, kamu tentunya bisa menerapkan irisan beberapa potong timun ke lingkaran mata dalam mengurangi efek lingkaran hitam atau yang dikenal sebagai mata panda.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal mungkin kamu perlu melakukan beberapa kali dalam pemakaian.

5. Meredakan perih akibat las

Timun bisa menjadi salah satu cara mengatasi mata perih akibat las. Tingginya kandungan air pada buah serta sifatnya yang dingin, tentu bisa meredakan perih dan sakit di area mata.

Cara pemakaianya mula-mula kamu parut mentimun hingga halus, lalu masukan kedalam freezer. Setelah itu baru diaplikasikan pada area mata, kamu bisa menggunakanya secara berulang jika rasa perih kembali.

6. Merawat kesehatan mata

Manfaat timun tidak semerta-merta kamu gunakan saat sedang mengalami masalah saja, tentu kamu juga bisa menggukanya sebagai bentuk perawatan menjaga kesehatan mata.

Ini juga berkhasiat dalam menjaga penglihatan serta meningkatkan konsentrasi dan fokus.

Nah, itulah beberapa manfaat timun untuk mata yang bisa kamu praktekan.

Baca terus informasi tips sehat lainnya di healty99.com

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i