Ini dia Manfaat dari Bermain dan Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan.

Sering mendengarkan lagu? Ini manfaat yang akan kamu dapat.

manfaat mendengarkan musik seirama
Sumber foto : Pixabay.
Sehari tanpa mendegarkan musik mustahil rasanya, apalagi dijaman sekarang yang genre musik sudah banyak mulai dari klasik, jazz, rock, poop, reggae dan masih ada banyak lagi yang bisa kamu dengar. Nah tahu kah kamu musik bukanlah sekedar bunyian yang enak di dengar, musik tersusun dari komponen lagu, irama, nada dan keharmonisan yang digabung menjadi satu.

Menurut penelitian mendengarkan lagu yang seirama dengan pikiran mampu memberi dampak psikis yang baik untuk kesehatan, sebagai contoh kamu akan merasa lebih santai saat terjebak macet sambil mendegarkan musik ketimbang bunyi klakson kendaraan.

Itu adalah salah satu dampak positif yang diberikan musik untuk tubuh, nah jika kamu ingin tahu lebih lanjut dengan manfaat dari mendegar lagu baca terus sampai akhir ya.

Berikut ini manfaat dari mendengarkan musik.

1. Menangkan Hati.

Menurut penelitian pada tahun 2006 yang mengujicobakan pada manusia dengan memberikan lagu vaforit mereka diketahui mampu mengembalikan mood dan perasaan seseorang menjadi lebih senang dan aktif.

Bahkan perobahan pun terjadi dimana mulai mengikuti irama dari musik tersebut. Pasti kamu juga pernah misalnya lagi patah hati kemudian mendengarkan lagu sedih dan tentu saja akan langsung terbawa suasana. 

2. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh.

Tahu kah kamu bahwa mendengarkan musik mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Hal ini dapat terjadi karena otak akan merespon gelombang frekuensi dari musik yang kemudian berpengaruh terhadap hormon stress dalam tubuh.

Dengan terkendalinya hormon pembentuk stress maka tubuh akan lebih rileks serta dapat lebih mengoptimalkan respon imunitas tubuh. 

3. Menghibur Diri.

Mungkin kamu ada yang sering mendengarkan musik kemudian menyambungnya dengan bermain gitar dan sambil nyanyi. Tentu saja hal ini baik untuk kesehatan psikis kamu, selain berguna untuk menghibur diri, dengan bermain gitar sambil bernyayi maka kemampuan bergitar kamu akan semakin ahli.

Bagi kamu yang hobi bermain gitar mimin ada situs yang menyajikan lirik beserta chord musik yaitu Inschord disana kamu bisa belajar bermain gitar dengan lagu kesukaan kamu dan kuncinya. Mimin juga punya lagu favorit loh yaitu dewa persembahan dari surga.

4. Mengurangi Gejala Stroke.

Mendengarkan musik paling tidak satu jam sehari mampu mencegah seseorang terkena stroke loh. Hal ini karena otak akan menagkap gelombang suara yang tentu saja akan berpengaruh terhadap kineja saraf pada otak menjadi lebih responsif.

Hal ini juga akan berpengaruh terhadap lancarnya aliran darah yang mengarah kekepala dan meningkatkan asupan oksigen pada otak.

5. Kemampuan Kognitif Seseorang Akan Meningkat.

Manfaat mendengatkan musik berikutnya yaitu berhubungan terhadap kemampuan kognitif dari seseorang.

Hal ini telah disebutkan dari studi penelitian dari University of Washington Amerika yang mengemukakan bahwa dengan memberikan irama musik pada bayi dibawah satu tahun dapat menambah perkembangan kognitifnya.

6. Melancarkan Peredaran Darah.

Mendengarkan musik diketahu mampu melancarkan aliran darah keseluruh tubuh juga loh. Walaupu dampak yang diberikan tidak terlalu besar namun kamu bisa menggunakan musik untuk mengerakan anggota tubuh seperti senam dan yoga.

7. Mengurangi Stress.

Hal ini jelas sudah pasti bahwa dengan mendengarkan musik mampu meringankan gejala stres yang sedang kamu alami, asal jenis musiknya membawa keceriaan.

Jangan saat kamu stress malah mendengarkan musik "ku menangis membayangkan betapa kejamnya dirimu pada diriku" ya pasti tambah kacau.

Cobalah untuk mendegarkan musik kesukaan saat waktu luang atau istirahat kerja, hal ini akan mengurangi stress dan tekanan pikiran kamu, sehingga mampu mengembalikan mood.

Nah itulah beberapa dampak positif dari mendengarkan lagu.

Tak perlu pergi ke karaoke hanya untuk bernyayi cukup mendegarkan mp3 player atau sambil bermain gitar.

Buka Komentar

0 Response to "Ini dia Manfaat dari Bermain dan Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan."

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i