Fakta Mengejutkan Dari Sirih Merah yang Kaya Manfaat


Healty99 - Siapa sih yang tak mengenal dengan sirih? Semua orang pastinya tahu akan tanaman merambat satu ini. Terlebih lagi sudah dari dulu banyak orang yang menggunakan sebagai salah satu tanaman herbal berkhasiat, lantas apa saja manfaatnya? Yuk kita simak.

Jenis tanaman sirih yang paling banyak digunakan sebagai pengobatan dan paling mudah ditemui ialah sirih berwarna hijau, namun tahukah kamu bahwa tanaman merambat ini juga memiliki beberapa jenis, dan salah satunya ialah sirih merah.

Mengenal Sirih Merah

Apa sih perbedaan sirih merah dengan yang hijau? Pada dasarnya kedua jenis tersebut tidak memiliki perbedaan yang terlalu jauh, terutama dari segi manfaat dan penggunaanya untuk kesehatan.

Baca juga : 

Manfaat Sirih Cina atau Suruhan

Namun dari bentuk memang sedikit berbeda. Sirih merah atau dengan nama latin Piper ornatum merupakan spesies yang memiliki warna daun bercorak merah, lebih tepatnya pada permukaan bagian atas memiliki warna corak hijau dengan bercak-bercak garis putih, sedangkan untuk bagian permukaan bawah memiliki warna merah hati atau merah pekat.

Sedangkan sirih hijau sesuai namanya yang berarti berwarna hijau, baik atas maupun bawah permukaan. Namun dari penggunaan manfaat sirih hijau lebih sering di pakai untuk pengobatan, sedangkan yang merah banyak di tanam hanya sebagai hiasan.

Yap, sirih merah memang kerap di tanam sebagai tanaman hias dikarenakan corak warnanya yang berbeda. Walau begitu ia juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat, setidaknya sirih merah memiliki kandungan senyawa yang tak jauh berbeda dari jenis daun hijau.

Salah satu kandungan tersebut ialah flavonoid, tanin, polifenol, dan alkaloid, minyak atsiri, saponin dan beberapa kandungan senyawa lainya yang bersifat antioksidan. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu ambil darinya :

Manfaat Sirih Merah

1. Menyembuhkan luka 

Sirih merah mengandung senyawa yang dapat bersifat antiseptik, antimikroba dan antibakteri, ini akan berguna untuk mencegah terjadinya infeksi pada area luka sekaligus mempercepat penyembuhan.

Selain itu, kandungan senyawa tanin di dalamnya juga dapat memicu terbentuknya kolagen dengan lebih cepat. Kolagen adalah bagian dari protein yang membentuk jaringan sel pada tubuh, dan sangat berperan dalam penyembuhan luka.

2. Mengatasi mimisan

Mimisan merupakan kondisi dimana keluarnya darah pada area hidung, hal ini bisa dipicu beberapa hal salah satunya alergi, infeksi, benturan atau karena mengorek hidung terlalu dalam.

Para orang tua jaman dahulu kerap memanfaatkan daun tanaman satu ini sebagai salah satu cara untuk menghentikan pendarahan, dan ini terbukti efektif. Cara menggunakanya cukup haluskan daun menggunakan tangan lalu masukan kelubang hidung.

Cairan yang keluar dari daun sirih dapat mengering dengan cepat sekaligus membantu mengikat sel darah merah agar tidak terus mengalir.

3. Menangkal radikal bebas

Kemampuan dalam menangkan radikal bebas pada sirih didasari dengan beberapa kandungan antioksidan. Beberapa kandungan antioksidan tersebut berupa flavonoid, saponin, polifenol, alkaloid dan tanin.

Senyawa tersebut dapat bersifat antioksidan didalam tubuh dan membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas. Walau begitu harap untuk tidak mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak.

4. Menghilangkan bau badan

Bau badan timbul di akibatkan oleh adanya bakteri dan jamur yang berkembang biak pada permukaan kulit. Jika kamu mempunyai permasalahan seperti satu ini, cobalah untuk menggunakan daun sirih merah dalam mengatasinya.

Hal ini bukan tanpa sebab, terdapatnya beberapa kandungan seperti antibanteri, antijamur, dan antimikroba yang dapat membunuh bakteri dan jamur penyebab bau pada tubuh.

Cara menggunakanya cukup rebus daun beberapa lembar kemudian di pakai untuk membilas tubuh.

5. Mengatasi bau mulut

Selain bau badan sirih juga bisa mengurangi aroma tak sedap pada area mulut loh, untuk menggunakanya cukup rebus beberapa lebar daun, kemudian gunakan air rebusanya untuk berkumur-kumur di pagi hari.

6. Mengatasi masalah diabetes

Tnaman dari keluaga piper ini telah lama digunakan sebagai salah satu obat tradisional dalam mengatasi penyakit diabetes. Selain itu penelitian menyebutkan bahwa daun sirih merah mampu mengurangi kadar gula berlebih dalam tubuh hingga 10–38%.

Manfaat ini diklaim karena adanya kandungan senyawa seperti alkaloid, flavonoid, dan tanin.

7. Mengobati radang sendi

Menurut para pakar penelitian, ekstrak daun sirih merah memiliki kemampuan dalam peyembuhan masalah radang sendi yang cukup baik.

Hal ini bukan karena tanpa sebab, karena ada berbagai senyawa di dalam tanaman seperti flavonoid dan fenol serta sifat antiinflamasi, yang diklaim bisa meredakan peradangan.

Nah, itulah beberapa manfaat dari daun sirih merah yang bisa kamu dapatkan. Baca terus informasi menarik lainya di healty99 seputar tanaman.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i