Fakta mengejutkan dari sirih merah yang kaya manfaat



Apa kamu mengetahui sirih merah dan kira - kira apa saja manfaatnya bagi kesehatan tubuh.?

Sirih merah adalah jenis tumbuhan merambat yang sama dengan tumbuhan sirih lainya serta masih satu krabat dengan tumbuhan lada. Namun yang membedakan sirih merah dengan jenis sirih lainya yaitu terletak pada warna daun dan batangnya. Untuk warna pada daun sirih merah memang lebih mencolok ketimbang sirih lainya, sesuai dengan namanya sirih tersebut memiliki daun yang permukaan bawahnya berwarna merah gelap sedangkan untuk permukaan atas daun berwarna hijau tua dengan bintik merah ataupun putih.

Sirih merah atau dengan nama latinya Piper Ornatum di ketahui berasal dari daerah kawasan Sulawesi ( Indonesia ) yang kemudian menyebar kebeberapa daerah lainya di Indonesia. Umunya sirih merah di budidayakan untuk pengobatan namun kini karna bentuk dan corak warnanya yang cantik sehingga banyak orang menamanya sebagai tanaman hias perkarangan rumah.

Pemanfaatan tumbuhan sirih untuk obat memang sudah tidak diragukan lagi dan sudah terbukti sekaligus telah digunakan sejak jaman dahulu, dan kini masih diteruskan secara turun menurun. Beberapa masalah penyakit yang diyakini dapat di obati dengan daun sirih merah diantaranya Hepatitis, Diabetes Melitus, Batu Ginjal, Asam Urat, mencegah Stroke, menurunkan kadar Kolesterol,  mengobati masalah radang Prostat, Radang Mata, Keputihan, sakit Maag, Kelelahan, nyeri Sendi dan perawatan kulit.

Untuk pengolahanya sebagai obat kamu cukup mengambil beberapa helai daunya kemudian merebusnya, setelah itu air rebusanya dapat diminum secara rutin dan teratur.

Selain itu daun sirih merah juga dapat mengatasi masalah luka terbuka sekaligus menghentikan pendarahan, contohnya pada hidung (mimisan), caranya cukup meremas halus daunya kemudian tempelkan pada bagian yang luka, tunggu hingga mengering lalu lepaskan daun sirih tadi.

Beberapa kandungan senyawa pada tumbuhan sirih ialah Alkaloid, Saponin, Cardolin, Flavonoid, Bufadienol, Tanin, Polifenol, Steroid serta sifat anti bakteri dan fungi.

Baca juga :

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i