CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Biji Duku dan Cara Mengkonsumsinya - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Manfaat Biji Duku dan Cara Mengkonsumsinya

gambar buah duku

Healty99 - Duku merupakan jenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae, diketahui bahwa duku berasal dari kawasan Asia, khusunya bagian Asia Tenggara sebelah barat.

Buah duku sekilas memiliki kemiripan dengan langsat dan rambe, tetapi perbedaan ada pada kulitnya yang lebih tebal serta memiliki rasa yang manis.

Buah duku yang matang umumnya di konsumsi langsung, namun bukan berarti duku tidak bisa diolah. Olahan buah duku dapat berupa sirup, manisan, kismis dan juga bahan campuran minuman.

Sedangkan biji duku biasanya dibuang dan tidak ditelan, karena memiliki rasa pahit yang luar biasa di lidah. Bahkan rasa pahitnya menyamai brotowali dan cukup membekas di lidah beberapa saat.

Manfaat Biji Duku

Tetapi tahukah kamu, walau biji buah duku memiliki rasa pahit yang luar biasa. Faktanya ia memiliki manfaat kesehatan yang tidak bisa di remehkan loh.

Biji duku mengandung sejumlah senyawa berupa alkaloid, flavonoid dan saponin. Salah satu senyawa yang membuatnya bercita rasa pahit, tetapi memiliki sifat antipiretik, antioksidan, antiradang, antiparasit serta mampu melawan berbagai infeksi di dalam tubuh.

Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu ketahui.

1. Obat cacing alami

Manfaat biji duku kerap digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi masalah cacingan pada anak-anak.

Bijinya yang terasa pahit dijemur hingga kering kemudian di tumbuk halus dan di konsumsi secara rutin.

Pengobatan cacingan dengan cara ini telah dilakukan orang tua jaman dulu sebelum mengenal obat-obatan seperti jaman sekarang.

2. Mengobati demam

Demam merupakan reaksi tubuh akibat adanya infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, virus, parasit dan ditandai dengan peradangan serta peningkatan suhu tubuh.

Efektivitas senyawa pada biji dukup seperti antibakteri, antiradang, serta antioksidan memungkinkan dapat mengatasi masalah infeksi tersebut.

Selain itu biji buah duku juga diklaim memiliki kemampuan antiparasit alami yang bisa menghambat beberapa infeksi parasit di dalam tubuh berkembangbiak.

3. Mengobati malaria

Biji duku baik yang telah dikeringkan maupun masih basah dapat di gunakan untuk pencegahan sekaligus mengobati penyakit malaria.

Umumnya biji duku digunakan dalam keadaan telah kering, lalu di tumbuk halus kemudian diberi sedikit air dan di minumkan ke pasien yang terkena malaria.

Namun bagi kamu yang tidak mau repot cukup mengunyah biji duku yang ukuranya kecil sebagai obat. Bagi yang tidak terbiasa maka akan terasa pahit dan kelat pada bagian lidah dan mulut.

4. Mengatasi peradangan

Sifat antiradang dan infeksi terhadap parasit maupun bakteri bisa menjadi obat alami mengatasi beberapa peradangan yang sedang terjadi.

Buat kamu cobalah sesekali mengkonsumsi buah duku bersamaan dengan biji kecil untuk mendapatkan manfaat di dalamnya.

5. Obat luka

Manfaat biji duku selanjutnya ialah bisa menjadi obat luka alternatif yang cukup efektif.

Cara menggunakanya, ambil biji kering kemudian tumbuk hingga halus. Setelah halus campur dengan sedikit air dan oleskan merata pada permukaan kulit yang memar atau terluka.

Nah, itulah beberapa manfaat biji duku untuk kesehatan yang bisa kamu ketahui.

Selain itu, adapun penelitian yang menguji terhadap kandungan senyawa pada biji yang di klaim bisa menjadi obat untuk mengatasi gula darah tinggi terkait diabetes.

Meskipun begitu pengujian masih diperlukan lebih lanjut terhadap efektivitas bagi tubuh dan dampaknya kedepan.

Note : Harap untuk tidak dikonsumsi secara berlebihan karena bisa memicu reaksi alergi pada beberapa orang. Hindari juga buat kamu yang memiliki riwayat kesehatan buruk, sedang mengkonsumsi obat-obatan dan ibu hamil.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com seputar buah-buahan.

Artikel terkait :


Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel