CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Selusuh ( Evodia Latifolia ) - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Iklan 4

Selusuh ( Evodia Latifolia )

Kayu selusuh atau beberapa orang menyebutnya dengan akar selusuh, merupakan tumbuhan dengan tinggi sekitar 25 - 30 meter. Dalam bahasa latin pohon selusuh dikenal dengan Evodia Latifolia yang mana masih satu kerabat dengan keluarga dari spesies Rutaceae.

Belum di ketahui secara pasti dari mana asal tumbuhan ini, akan tetapi Evodia Latifolia dapat dijumpai mulai dari kawasan Malaysia hingga ke Papua, untuk habitat tumbuhan selusuh tumbuh subur di pingiran hutan dan hutan-hutan yang terbuka dengan ketinggian dataran sekitar 1000 - 1500 mdpl.
Ciri spesifik dari Evodia Latifolia ialah pada bagian kulit batangnya yang retak sering terdapat mata kayu dan terkadang mengeluarkan getah yang berwarna bening atau kuning pucat.

Dari segi pemanfaatanya tumbuhan satu ini banyak digunakan untuk pengobatan tradisional, contohnya pada daerah semenanjung Malaysia daun pohon selusuh digunakan untuk mengatasi keram otot dan demam.

Dan untuk di Indonesia sendiri di manfaatkan untuk membantu mempermudah dalam proses persalinan.  Bagian tumbuhan yang digunakan yaitu kulit akarnya, penggunaanya pun di bagi menjadi dua cara, cara pertama kulit akar direbus dengan air hingga mendidih kemudian air rebusnya di konsumsi secara rutin.

Baca juga :


Sedangkan untuk cara kedua yaitu dengan cara mengerik kulit akarnya tadi kemudian tumbuk dengan halus lalu oleskan pada bagian perut. Selain pemanfaatan akarnya sebagai obat tradisional, bagian getah dari pohon selusuh juga dapat digunakan sebagai perekat dan pernis.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan 3 Tengah Artikel 1

Iklan 5 Tengah Artikel 2

Iklan 3 Bawah Artikel