CEFAB5C880BF83A8B06661D6CAC33458 Manfaat Pemberian Pupuk Kotoran Kambing Untuk Sukulen & Kaktus - Healty99 - Panduan Sehat Secara Alami

Manfaat Pemberian Pupuk Kotoran Kambing Untuk Sukulen & Kaktus

kotoran kambing, domba
Sumber foto : pixabay/artellliii72
Healty99 - Sesuai namanya, pupuk kotoran kambing merupakan pupuk yang berasal dari limbah pencernaan hewan kambing. Kotoran yang dihasilkan berbentuk bulir hitam dengan besar seperti kacang tanah. Nah bagian ini kerap dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi untuk tanaman budidaya maupun tanaman hias kaktus dan sukulen.

Ada banyak manfaat dari pemberian pupuk kotoran kambing untuk tanaman sukulen atau kaktus, selain bisa menjadi sumber nutrisi organik, kotoran atau limbah pencernaan kambing juga mengadung sumber mikroorganisme probiotik yang bisa meningkatkan sumber hara di tanah.

Tentunya dalam pemberian yang seimbang dan berkala, ini bisa memberi dampak bagus bagi tanaman sukulen atau kaktus kamu.

Manfaat Kotoran Kambing Untuk Sukulen & Kaktus

gambar kaktus sukulen haworthia
Sumber foto : pixabay/Free-Photos

1. Merangsang pertumbuhan

Pupuk kotoran kambing bisa merangsang pertumbuhan tanaman lebih cepat, hal ini karena kandungan mineral kalium lebih tinggi dari jenis pupuk lainnya.

Pemberian yang sesuai tentu bisa mempercepat pertumbuhan benih dari peroses penyemaian, pertumbuhan batang dan melebatkan daun.

2. Sumber nutrisi organik

Kotoran kambing diketahui mengadung sejumlah nutrisi organik seperti karbon organik, fosfor, nitrogen, sulfur dan tentu saja kalium.

Sumber nutrisi ini sudah cukup untuk memperkuat struktur batang, daun dan bunga dari tanaman hias sukuken atau kaktus kamu.

3. Meningkatkan hara tanah

Saat memelihara tanaman sukulen atau kaktus, umumnya menggunakan media tanam campuran bebatuan dan kompos, contohnya seperti pasir malang, pumice dan sekam bakar.

Nah, bebatuan dan sekam tentu tidak bisa menjadi sumber nutrisi yang bagus untuk tanaman. Maka, untuk menunjang pertumbuhan diberi jenis pupuk organik seperti kotoran kambing.

Mengapa menggunakan kotoran kambing? Hal ini karena kotoran kambing mengandung jenis bakteri baik atau mikroorganisme probiotik yang bisa meningkatkan hara pada media atau tanah yang digunakan.

4. Menurunkan pH tanah

Jenis pupuk yang mengadung NPK dapat berguna untuk menurunkan pH tanah loh. 

Ini karena pupuk mengandung mineral sulfur dan ammonium yang akan terhidrolisis, sehingga menghasilkan ion H+ yang dapat menyebabkan kadar pH tanah menjadi menurun.

Dengan kadar pH yang bagus maka akan berdampak pada ketersediaan nutrisi makro & mikro bagi tanaman sukulen, tentu ini akan berpengaruh terhadap penyerapan nutrisi.

Kamu bisa mengandalkan pupuk bulir kotoran kambing yang sudah difermentasi terlebih dahulu untuk menurunkan ph tanah.

5. Tampak lebih subur

Pemberian pupuk pada tanaman sukulen dan kaktus mampu membuat tanaman lebih subur, tampak berisi, berdaun lebat dan tentunya padat.

Pemberian secara berkala dan sesuai takaran, tentu akan sangat berpengaruh bagi pertumbuhan tanaman kamu.

Jumlah Takaran Pemberian Pupuk

Pemberian pupuk memang perlu dilakukan, terutama jika kamu mengharapkan tanaman agar tumbuh subur dan tampil cantik. 

Salah satunya kamu bisa mengandalkan jenis pupuk kotoran kambing sebagai alternatifnya.

Berapa takaran dalam pemberian pupuk kotoran kambing?

Sebenarnya, untuk pemberian pupuk pada tanaman sukulen atau kaktus tidaklah terlalu banyak, kamu hanya perlu memberikan nutrisi pupuk pada awal menanam sudah cukup.

Untuk itu pada awal penanaman, pasti kamu akan menyiapkan media tanam yang bagus terlebih dahulu. 

Media tanaman sukulen biasa menggunakan perbandingan 4:2:1 atau 3:3:1 dengan isian pasir (pasir malang atau pumice), kompos (sekam bakar atau cocopeat) dan pupuk kandang.

Nah, takaran dalam pemberian pupuk kambing untuk sukulen kamu bisa memberikan diawal saja dengan perbandingan terkecil. 

Sedangkan untuk pemberian pupuk lanjuntan, sebaiknya kamu lakukan pergantian media baru dengan perbandingan yang sama. Dengan begitu kandungan hara pada media tanam dapat terjaga baik.

Baca terus informasi lainnya di healty99.com.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i