Salmonberry, Salah Satu Buah Berry Yang Jarang Dijumpai

mengenal buah salmonberry, dari segi kandungan manfaat dan tempat asalnya
Sumber foto : Istockphoto/salmonberry
Healty99 - Ada banyak jenis berry-berryan yang tersebar diseluruh dunia. Yap, hal ini dikarenakan buah berry merupakan buah yang populer dan banyak yang menyukainya. Salah satu buah berry yang sering kita jumpai ialah jenis stroberi, raspberry, blueberry, blackberry, gojiberry dan lainya. Namun tahukah kamu ada buah berry dengan nama salmonberry.

Mengenal Salmonberry

Salmonberry bukanlah gabungan kata dari salmon dan berry, melainkan buah yang berasal dari pohon dengan nama latin Rubus spectabilis. Jenis berry satu ini diketahui masih satu keluarga dengan mawar (Rosaceae).

Salmonberry merupakan tumbuhan liar yang diketahui berasal dari dataran pantai barat Amerika Utara hingga bagian California, dan dapat juga ditemukan pada pedalaman sejauh Idaho. Tumbuhan satu ini paling menyukai hidup pada pinggiran sungai, pantai dan tempat-tempat terbuka yang sejuk.

Baca juga :

Jeruk Asam Namun Mempunyai Harga Yang Mahal, Finger Lime.

Pohonya sendiri tidak terlalu tinggi, yaitu sekitar 1 hingga 1,5 meter, dengan ciri khas daun bergerigi pada bagian pinggiran, serta menghasilkan buah mungil berukuran 1.5 hingga 2 cm dengan banyak biji kecil. Nah, buahnya inilah yang kerap disebut orang dengan salmonberry.

Sekilas bagi yang tidak tahu, buah salmonberry sangat mirip dengan buah blackberry dan raspberry. Ya, hal tersebut wajar saja pasalnya kebanyakan tumbuhan berry bergenus Rubus.

Jika kamu bertanya 'apakah buah salmonberry ada di Indonesia?' Tentu saja tidak ada alias sangat sulit dijumpai. Namun tenang, mungkin kamu bisa menemukan biji ataupun bibitnya dengan mudah.

Kandungan Dan Manfaat Buah Salmonberry

Rubus spectabilis salmonberry
Sumber foto : Istockphoto/salmonberry
Walaupun termasuk kedalam jenis berry liar namun banyak juga orang setempat yang menyukai buah satu ini. Mereka kerap mengkonsumsi secara langsung ataupun diolah terlebih dahulu menjadi selai maupun jus.

Dari segi rasa, buah berry berikut ini sedikit sulit dijelaskan, namun kebanyakan rasanya mirip seperti berry pada umunya, yaitu rasa asam dengan manis yang sedikit.

Dikutip dari https://www.nutritionvalue.org salmonberry mengandung sejumlah nutrisi diantaranya vitamin C, vitamin A, sodium, karbohidrat, serat, gula alami, protein, vitamin D, kalsium, zat besi dan potassium, serta beberapa kandungan lainya yang bersifat antioksidan bagi tubuh.

Mengkonsumsi buah salmonberry, lebih tepatnya mengkonsumsi buah dari jenis berry-berryan dalam jumlah cukup, diketahui baik untuk kesehatan. Pasalnya kebanyakan buah berry tergolong dalam super fruit, yaitu kaya akan kandungan nutrisi baik vitamin C dan senyawa antioksidan.

Baca juga :

Mengenal Buah Crabapple Atau Apel Kepiting

Dilansir dari https://drhealthbenefits.com/ mengkonsumsi buah salmonberry dapat memberi dampak positif bagi tubuh yang diantaranya :

  • Meningkatkan Fungsi Pencernaan
  • Meningkatkan Kekebalan Tubuh
  • Mencegah Penuaan Dini
  • Asupan Vitamin C Dan Antioksidan
  • Mengatur Kadar Gula Darah
  • Kontrol Tekanan Darah
  • Baik Untuk Tulang dan Gigi yang Sehat
  • Membantu Menyembuhkan Luka
  • Membantu Menurunkan Berat Badan
  • Diklaim Mampu Mencegahan Kanker
  • Menjaga Tingkat Kolesterol Baik
  • Meningkatkan Pertumbuhan Rambut
  • Menyembuhkan Diare
  • Menangkal Radikal Bebas

Nah, itulah beberapa manfaat dan kandungan dari buah salmonberry.

Cukup sampai disini pembahasan tentang berry mungil satu ini, walau salmonberry tidak dijumpai di Indonesia, setidaknya kamu mengenal macam-macam berry-berryan.

Baca informasi menarik lainya seputar buah-buahan unik di healty99.com.

Buka Komentar

0 Response to "Salmonberry, Salah Satu Buah Berry Yang Jarang Dijumpai"

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i