Tanaman Liar Kecil Namun Memiliki Rasa Asam Seperti Belimbing

Calincing atau calingcing merupakan tanaman dengan nama ilmiah Oxalis barrelieri, dari keluarga Oxalidaceae
Sumber foto : wikipedia/Oxalis barrelieri
Healty99 - Namanya adalah calincing atau calingcing, yaitu tumbuhan liar dengan ukuran tak terlalu tinggi, berdaun rata-rata tiga helai dalam satu tangkainya, memiliki kelopak bunga kecil dengan warna putih dan menghasilkan buah yang berukuran kecil.

Tanaman calincing umunya lebih dikenal dengan buahnya, jika kita pasatkan lagi atau lihat lebih teliti, buah calincing yang berukuran kecil yaitu sekitar 0,5 cm memiliki bentuk yang mirip dengan belimbing bintang, namun dengan rasa seperti belimbing sayur, yaitu asam dan kecut.

Walaupun ukuranya kecil namun rasa asamnya dapat disamakan dengan belimbing sayur.

Baca juga :

Buah Salmonberry Yang Jarang Diketahui Orang

Mengenal Tanaman

Calincing atau calingcing merupakan tanaman dengan nama ilmiah Oxalis barrelieri, dari keluarga Oxalidaceae dan diketahui dapat tumbuh disembarang tempat. Termasuk kedalam tumbuhan liar sehingga dapat tubuh dimana saja, mulai dari kebun, tepian hutan, tepian sungai, perkarangan rumah, persawahan, semak belukar, dan terkadang tumbuh disamping tanaman budidaya.

Kehadiranya yang terkadang mengganggu tanaman budidaya lain, tentunya hal ini membuat tanaman calincing kerap dianggap sebagai gulma dan dibasmi begitu saja.

Dan tahukah kamu? Dikutip dari wikipedia, bawah tanaman satu ini diketahui bukan berasal dari Indonesia, melainkan berasal dari kawasan tropis Amerika Selatan dan sekitarnya. Sifatnya yang mudah tumbuh dan iklim Indonesia yang cocok membuat calincing dapat dengan mudah menyebar.

Baca juga : 

Finger Lime, Sijeruk Asam Yang Banyak Dicari

Selain itu tanaman satu ini juga memiliki banyak penyebutan daerah, seperti calincing tanah, belimbing tanah, belimbing mini dan belimbing liar. Buah dari tanaman Oxalis barrelieri juga kerap dicari dan digunakan untuk bermain anak-anak waktu kecil.

Manfaat Buah Calincing Atau Calingcing

belimbing tanah calincing tanah calincing liar belimbing mini liar
Sumber foto : Istockphoto
Walaupun dianggap sebagai tumbuhan liar atau gulma pengganggu ternyata calincing diketahui memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Tanaman calincing diketahui mempunyai ke efektivitasan dalam melawan 15 jenis bakteri yang bersifat patogen terhadap tubuh manusia.

Namun belum diketahui secara pasti, mengenai apa saja manfaat tanaman calincing atau calingcing jika dikonsumsi secara berkala. Dikutip dari https://www.researchgate.net/ yang membahas tanaman Oxalis barrelieri, bahwa pengujian baru sebatas terhadap hewan tikus.

Baca juga : 

Crapapple, Buah Appel Namun Bentuk Mirip Ceri

Dan nyatanya tanaman satu ini memiliki juga kemampuan anti-Hiperglikemia, yaitu kemampuan dalam menyembuhkan luka ditubuh tikus tersebut.

Akan tetati, harap untuk tidak mengkonsumsi buah dari tanaman calincing secara berlebihan dan sembarangan, namun jika kamu hanya sekedar ingin mencicip rasanya silahkan saja.

Nah, itulah pembahasan mengenai tanaman calincing atau calingcing, yaitu tanaman liar yang memiliki rasa asam seperti belimbing.

Baca terus di healty99.com untuk mengetahui informasi seputar buah-buahan dan tanaman unik.

Atau kamu juga bisa mengikuti dengan klik follow dipojok kanan atas.

Buka Komentar

0 Response to "Tanaman Liar Kecil Namun Memiliki Rasa Asam Seperti Belimbing"

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i