Cara Mudah Memperbanyak Tanaman Hias Sukulen

Cara Mudah Memperbanyak Tanaman Hias Sukulen dengan potekan potelan daun
Sumber foto : https://pixabay.com/
Healty99 - Bentuknya yang mungil, warna-warni serta banyak variannya, membuat siapa saja tertarik untuk memiliki, terlebih lagi bagi pencinta tanaman hias. Yap, sukulen, merupakan jenis tumbuhan yang mampu menyimpan cadangan air (nutrisi) pada bagian batang dan daunnya.

Ciri khas tanaman hias satu ini ialah daun yang menebal serta memiliki daya tahan kuat terhadap suhu kering atau dapat bertahan cukup lama tanpa adanya penyiraman air.

Untuk itu sukulen sangat cocok jika diletakan diatas meja rumah atau kantor sebagai hiasan. Terlebih lagi ukuranya yang mini nan cantik akan membuat kamu merasa kurang jika memilikinya hanya beberapa saja.

Nah untuk itu, jika kamu mempunyai sukulen dan ingin memperbanyak, berikut salah satu cara memperbanyak tanaman hias cantik ini dengan mudah.

Perbanyak Sukulen Dengan Mudah

Cara yang paling mudah dan murah kali ini ialah menggunakan potelan daun. Sukulen sama dengan tumbuhan cocor bebek dimana dapat diperbanyak (berkembang) hanya dengan potelan daunnya saja.

Dari daunnya nanti akan tumbuh tunas akar baru yang menjadi cikal bakal tunas baru. Namun tentunya pada tanaman sukulen tidak semudah cocor bebek yang sembarang potelan saja daun dapat hidup.

Untuk menunjang keberhasilan dalam memperbanyak sukulen ada beberapa tipsnya, hal ini berguna supaya cepat tumbuh dan menghidari pembusukan.

1. Pemilihan daun

Pilihlah daun yang segar, tidak ada bagian yang busuk maupun sompel alias cacat. Selain itu untuk bibit gunakan bagian daun yang terakhir hingga menengah, karena sudah sempurna untuk ditanam.

2. Cara memotek daun

potongan daun sukulen yang buruk
Cara memotek atau mematahkan (memotong) daun harus benar-benar bagus, tidak cacat dan daun tidak luka.

Hal ini dilakukan agar tunas akar dapat cepat tumbuh, usahakan memotek pangkal daun dengan sempurna. Namun bukan berarti bahwa potekan daun yang salah tidak akan tubuh akar.

Menurut pengalaman potekan daun yang cacat akan tetap tumbuh akar, hanya saja terkadang memakan waktu sedikit lama dari yang potekan lebih sempurna.

Disisi lain daun yang terluka juga bisa memicu pembusukan dan mengurangi keberhasilan.

3. Keringkan daun

perbanyak tanaman hias sukulen kaktus dengan mudah menggunakan daun
Setelah berhasil memilih daun yang akan dijadikan bibit, lalu lakukan penjemuran ditempat teduh namun terang dari sinar matahari. Kamu bisa menggunakan alas keranjang atau media tanam yang kering (jangan ditimbun).

Ini penting dilakukan, guna untuk mengeringkan luka pada daun dan sekaligus mencegah pembusukan, cukup keringkan sehari saja.

4. Penanaman

tunas daun sukulen mudah tumbuh
Siapkan media tanam campur, kamu bisa menggunakan sekam bakar, pasir malang, pupuk kompos, tanah dan sebagainya. Tapi mimin sering menggunakan pasir malang : kompos : sekam bakar dengan perbandingan 2:1:1, akan tetapi bebas sesuka kamu dan gunakan apa yang ada saja cukup.

Poin penting disini ialah media tanam cukup lembab dan hangat, tidak basah. Setelah itu letakan daun tanaman sukulen diatasnya berjejer rapi. 

Kemudian letakan pada tempat yang sejuk dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Maka dalam kurun waktuk kurang dari seminggu tunas akar akan muncul pada pangkal daun.

Peletakan daun pada media dilakukan untuk merangsang pertumbuhan akar karena media tanaman yang hangat dan mengandung uap air.

5. Penyiraman

Penyiraman dilakukan saat akar sudah mulai tubuh, yang artinya tanaman memerlukan nutrisi tambahan dari luar. Kamu bisa menyiramnya dengan menggunsksn spray, dan hindari terlalu basah atau air mengenang.

6. Pemindahan sukulen


Sumber foto : https://pixabay.com/id/photos/tanaman-berdaging-berdaging-ini-1464417/
Setelah tunas akar dan tunas daun mucul kamu bisa memindahkan ke pot yang lebih besar. Dan melakukan penyiraman dua atau tiga hari sekali secukupnya.

Selesai.

Itulah cara mudah memperbanyak tanaman hias sukulen dengan mudah hanya menggunakan potekan daun.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

# Sudah dilakukan namun tidak berhasil dan daun sering membusuk. Hal ini bisa disebabkan oleh daun tanaman yang luka dan terkena banyak air, adanya kutu, pengeringan daun yang terlalu lama dan terkena sinar matahari langsung sehingga daun layu dan stres. 

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i