Mengenal Nanas Medusa Yang Unik Dan Langka


nanas mahkota, atau nanas medusa yang langka
Sumber foto : https://www.widodogroho.com/nanas medusa
Healty99 - Nanas, siapa yang tak mengenal buah satu ini. Buah nanas dapat diketahui dari melihat bentuk luarnya saja, dengan rupa kulit buah yang bersisik serta memiliki bintik atau totol mata. Buah nanas merupakan yang banyak digemari karena rasannya manis dan menyegarkan, terlebih lagi jika diolah menjadi jus segar, rujak dan sebagainya.

Namun tahukah kamu? Bahwa ada yang namanya nanas medusa. Yap, jenis nanas satu ini lebih mencolok dan mengherankan dari pada buah nanas pada umunya.

Perbedaan terletak pada penampilanya, dimana pada bagian buah terdapat tumbuh tunas buah nanas berukuran kecil yang jumlahnya cukup banyak dan lengkap dengan mahkotanya. Dalam kata lain nanas mini tumbuh pada badan nanas utama.

Baca juga : 

Ramban, Buah Asam Yang Kini Mulai Langka

Penyebutan kata medusa pada buah satu ini belum diketahui pasti kenapa, namun jika di artikan "medusa" berasal dari makhluk mitologi Yunani yang memiliki rupa seorang wanita cantik dengan banyak ular sebagai rambutnya.

Mungkin itulah sebabnya mengapa nanas satu ini disebut dengan nama nanas medusa, karena bentuk buahnya yang ditumbuhi banyak tunas kecil.

Mengenal Nanas Medusa

Belum diketahui pasti spesies tanaman nanas ini berasal dari mana, akan tetapi tumbuhan tropis dari keluarga Comosus satu ini banyak ditemukan dan berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay.

Jika kamu bertanya "Apakah nanas medusa dapat ditemukan di Indonesia?" tentu saja bisa. Karena termasuk kedalam tumbuhan tropis tentu saja tanaman unik satu ini bisa tumbuh di Indonesia, namun tentunya dalam jumlah yang tak banyak.

Terlebih lagi beberapa pecinta tanaman kerap mencarinya, hal ini karena bentuk yang menarik serta unik membuatnya sangat cocok dijadikan tanaman hias. Dan beberapa orang juga sering menyebutnya dengan nama nanas mahkota.

Baca juga : 

Mengenal Buah Crabappel Yang Mirip Ceri

manfaat nanas medusa yang bisa dikonsumsi
Sumber foto : Nanas biasa https://pixabay.com/id/photos/nanas-hijau-alam-makanan-sehat-867245/
Selain bentuknya yang dapat menarik para pecinta tanaman hias, tentunya nanas mahkota bisa dikonsumsi. Yap, nanas satu ini tentunya dapat makan, dan dari segi rasa tak jauh beda dari nanas pada umunya, yaitu manis segar.

Kamu juga bisa mengkonsumsi buah satu ini selagi segar ataupun diolah terlebih dahulu menjadi jus ataupun rujak.

Manfaat Mengkonsumsi Nanas Medusa

Dari segi kandungan nanas medusa tak jauh bedan dengan nanas biasa yang kerap kita jumpai dipasar dan toko buah. Beberapa kandungan nutrisi tersebut dapat berupa vitamin C, vitamin B6 dan vitamin B1, kalsium, serat, kalium, fosfor, magnesium, fosfor, folat, air serta enzime bromelain.

Baca juga :

Mirip Namun Berbeda, Itulah Buah Srikaya Nanas

Tentunya beberapa kandungan tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah nanas medusa, diantarnya :

1. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan ialah melancarkan pencernaan, hal ini karena buah-buahan memiliki kandungan serat yang baik untuk saluran pencernaan.

Selain itu kandungan enzime bromelain pada buah nanas juga membantu memecah protein dan membantu pencernaan. 

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan pada buah nanas diketahui dapat menjaga daya tahan tubuh kamu lebih kuat, serta membuat tidak mudah terserang penyakit.

3. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Manfaat buah nanas dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi, didasari dengan beberapa mineral yang terkadung didalamnya.

Untuk itu kamu jika kamu rutin mengkonsumsinya, dapat mencegah pengeroposan sendi dan menghidari cidera otot.

4. Mencegah penyakit berbahaya

Mengkonsumsi buah nanas secara teratur diketahui dapat mencegah beberapa penyakit berbahaya, seperti serangan jantung, kolesterol, kanker dan lainya.

Walau bukan untuk mengobati, namun kamu bisa menggunakanya sebagai salah satu pencegahan untuk masa mendatang.

5. Sumber energi

Yap, buah nanas dapat menjadi sumber energi harian kamu, walau tidak secara keseluruhan, namun dapat menyokong beberapa persen kebutuhan energi tubuh.

Hal ini dikarenakan buah nanas medusa mengandung sejumlah kalori (gula buah), air dan beberapa mineral yang dibutuhkan oleh tubuh kamu.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai nanas mahkota atau medusa, salah satu jenis tumbuhan unik dan langka.

Baca terus di healty99.com untuk informasi unik dan menarik seputar buah-buahan dan tanaman. Atau dapat juga dengan follow dipojok kanan atas.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i