Mengenal Spanish Lime, Jeruk Spanyol Yang Unik

Mengenal buah Spanish Lime, Jeruk Spanyol Yang Unik langka
Sumber foto : Istockphoto
Healty99 - Spanish lime atau jeruk Spanyol mungkin terasa asing untuk didengar orang Indonesia. Yap, hal tersebut memang buah jeruk satu ini jarang dijumpai serta kurang populer di negara tercinta ini, dan kita lebih sering mendengar jenis jeruk seperti lemon, jeruk bali, jeruk mandarin, sunkist dan sebagainya.

Nah, bagi kamu yang belum mengenal atau penasaran dengan buah Spanish lime (jeruk Spanyol), mungkin harus baca sampai selesai. Karena buah satu ini berbeda dari kebanyakan jeruk pada umumnya.

Mengenal Jeruk Spanyol

Jeruk Spanyol merujuk pada buah dari pohon dengan nama latin Melicoccus bijugatus, yang dikenal masyarakat dunia dengan nama Spanish lime atau Mamoncillo. Tumbuhan satu ini diketahui berasal dari kawasan Amerika Selatan bagian Utara dan Karibia, khususnya daerah Kolombia dan Venezuela, dan dapat juga ditemukan pada pulau-pulau lepas pantai.

Spanish lime merupakan tumbuhan tropis, sehingga bisa juga ditemukan di beberapa bagian Afrika tropis dan Pasifik. 

Baca juga : 

Jeruk Mahal Yang Banyak Dicari, Finger Lime

Bentuk Buah

bentuk buah manfaat kandungan dari buah jeruk spanish lime atau jeruk spanyol
Sumber foto : Istockphoto
Umumnya kita mengenal jeruk dengan bentuk yang bundar, berwarna kuning orange, memiliki banyak bulir serta mengandung tinggi air dan rasa manis hingga asam. Akan tetapi hal itu berbeda dengan jeruk Spanyol.

Dimana jeruk Spanyol (spanish lime) memiliki bentuk bundar tidak sempurna (sedikit lonjong), dengan warna kulit hijau bertekstur keras namun rapuh. Ukuranya pun tak terlalu besar dimana jeruk spanyol hanya memiliki ukuran sekitar 3 hingga 4 cm.

Bahkan jika kamu hanya melihat sekilas, mungkin saja akan mengira bahwa spanish lime adalah buah matoa, karena bentuknya hampir mirip secara keseluruhan.

Jika dikupas maka jeruk Spanyol atau spanish lime juga berbeda, kebanyakan jeruk yang kita tahu memiliki bulir buah dan mengandung tinggi air.

Sedangkan jeruk spanyol memiliki daging buah mengkilap dengan warna kuning salmon (terkadang kuning pucat), bertekstur lembut licin dan memiliki biji besar yang diselimuti daging buah. Dalam satu buah biasanya hanya terdapat 1 atau 2 biji saja.

Dari segi rasa jeruk Spanyol mempunyai rasa asam saat masih mentah, dan dalam kondisi matang daging buahnya berasa manis asam segar. Kebanyakan orang juga kerap mengatakan bahwa buah spanish lime atau jeruk Spanyol rasanya seperti persilangan antara jeruk nipis dan leci.

Jeruk spanyol juga lebih sering dikonsumsi sebagai sirup manis untuk penghilang dahaga saat siang hari.

Baca juga : 

Ramban, Buah Asam Yang Keberadaanya Jarang Ditemui

Kandungan Nutrisi

manfaat dan kandungan dari jeruk spanish lime atau jeruk spanyol
Mamoncillo atau jeruk Spanyol mengandung sejumlah nutrisi yang diantaranya vitamin A dan C yang baik, serta adapun kandungan lainya kalsium, fosfor, dan serat. Buah kecil satu ini juga memiliki asam triptofan, yang dapat membantu memproduksi serotonin. 

Spanish lime juga merupakan sumber senyawa fenolik yang berfungsi sebagai antioksidan penting bagi tubuh. Disamping itu beberapa orang juga beranggapan bahwa dengan mengkonsumsi buah satu ini dapat mengatasi masalah pencernaan dan menurunkan hipertensi.

Manfaat Jeruk Spanyol

Dikutip dari healthbenefitstimes.com, spanish lime memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan, berikut diantaranya :

1. Menjaga kesehatan mata

Jeruk satu ini diketahui baik untuk kesehatan mata, dikarenakan mengandung vitamin A. Pasalnya vitamin A memang sangat penting dalam menjaga kesehatan mata.

Seseorang yang kekurangan vitamin A bisa menyebabkan masalah Nyctalopia, yaitu suatu kondisi dimana sulit untuk melihat dalam cahaya redup.

2. Membuat tidur nyenyak

Adanya kandungan asam amino pada jeruk Spanyol yaitu triptofan yang dapat meningkatkan hormon serotonin, salah satu hormon yang dipercaya sebagai pemberi perasaan nyaman dan senang pada seseorang.

3. Melancarkan saluran kencing

apakah buah spanish lime atau jeruk spanyol ada di Indonesia
Sumber foto : dreamstime.com

Spanish lime diklaim dapat mencegah berbagai masalah pada area saluran kecing. Dikarenakan kandungan vitamin A nya yang mampu mencegah berbagai infeksi pada tubuh. 

4. Mengatur tekanan darah

Kandungan antioksidan (senyawa fenolik) pada buah bulat satu ini juga berperan penting dalam mengurangi kerusakan pembuluh darah akibat dari paparan radikal bebas.

Sehingga dengan pembuluh darah yang sehat maka akan membuat jantung memompa darah dengan baik, dan dapat menurunkan resiko masalah tekanan darah.

5. Mencegah anemia

Jeruk spanyol mengandung kaya akan zat besi dan beberapa mineral lainya yang memang dibutuhkan tubuh dalam menghasilkan sel darah merah yang sehat.

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Adanya kandungan fosfor dalam buah jeruk yang terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan kamu, terutama untuk melawan berbagai infeksi dan penyakit.

Selain itu kandungan antioksidan dan vitamin A, C juga berperan aktif dalam melindungi tubuh.

7. Membantu menurunkan berat badan

Jeruk satu ini juga rendah kalori loh, yang mana tentunya tidak mengandung lemak sama sekali, tetapi tinggi akan serat dan justru dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

8. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Spanish lime dan bijinya diketahui mengandung mineral kalsium yang sebenarnya penting dibutuhkan tubuh guna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

9. Baik untuk pencernaan

Kaya akan kandungan serat yang tentu saja jeruk spanyol dapat mencegah masalah sembelit pada saluran pencernaan serta mencegah infeksi.

10. Tidak menaikan gula darah

Meskipun jeruk Spanyol mengandung gula alami, tetapi gula tersebut berbentuk fruktosa, yang lebih sulit diserap tubuh daripada glukosa, sehingga masih aman dikonsumsi.

Nah itulah beberapa informasi dan manfaat dari buah Spanish Lime atau Jeruk Spanyol yang setidaknya patut kamu ketahui.

Baca terus di healty99.com untuk informasi menarik lainnya seputar buah-buahan, tanaman dan tips unik. Atau follow pada pojok kanan atas.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i