Cara Mudah Mengatasi Gatal Terkena Pohon Rengas

getah rengas
Sumber gambar : pixabay/byrev
Healty99 - Getah rengas bisa bikin kulit gatal? Benarkah demikian, yuk kita simak lebih lanjut tentang tumbuhan satu ini. 

Mengenal Pohon Rengas

Rengas merupakan penyebutan umum oleh masyarakat Indonesia untuk tumbuhan dengan nama latin Gluta renghas. Di beberapa daerah pohon satu ini juga memiliki beragam penyebutan salah satunya ialah kayu ingas, jingah atau umpah.

Ciri khas pohon rengas ialah dapat tumbuh setinggi 45 meter dengan batang bulat, namun terkadang berlekuk, umumnya di temukan secara liar di persawahan, hutan dalam dan hutan lindung. Kayu rengas berwarna coklat merah darah kekuning-kuningan dengan garis-garis gelap keabu-abuan atau kuning, serta untuk warna getah merah jambu atau pink pucat.

Baca juga : 

Cara Mengobati Terkena Getah Bacang

Pada dasarnya kayu dari pohon satu ini sangat indah dan bisa di manfaatkan, tertutama digunakan dalam pembuatan prabotan rumah atau furniture lainnya. Tak hanya itu saja, getahnya yang banyak kerap digunakan untuk keperluan industri pernis. 

Akan tetapi pemanfaatan dalam mengolah kayu untuk beragam keperluan tidak sebagus yang dikira, hal ini dikarenakan kandungan getah yang berbahaya membatasi dari kegunaanya itu sendiri.

Yap benar sekali, getah dari pohon rengas memang berbahaya, terutama untuk orang yang mempunyai kulit sensitif. 

Selain itu untuk merasakan reaksi pada kulit tak harus terkena secara langsung dari getahnya, cukup berteduh di bawah pohon saat hujan, terkena serpihan kayu, bersandar dibatang, dan duduk di potongan papan juga bisa terkena efeknya.

Baca juga : 

Cara Mengatasi Terkena Getah Aren

Lantas apa yang terjadi jika tubuh terkena getah rengas?

Jika kulit tubuh kamu terkena getah rengas, efek yang ditimbulkan akan terasa dalam beberapa menit kedepan dengan di tandai kulit kemerahan dan gatal. 

Dampak terburuknya bisa menyebabkan pembengkakan pada area kulit yang terkena, perih, iritasi, kulit seperti terbakar dan meradang, terkadang getahnya meninggalkan bekas sehingga butuh waktu cukup lama untuk hilang.

Sedangkan jika terkena mata bisa menyebabkan iritasi, perih, mata berair dan mata merah. Maka dari itu harap berhati-hati dengan tumbuhan satu ini, terutama pada bagian getah yang basah.

Cara Mengobati Terkena Getah Pohon Rengas

Pada dasarnya getah hanya berefek pada bagian tubuh yang sensitif, terutama bagi kamu yang mudah alergi terhadap zat tertentu, namun nyatanya ada sebagian orang juga kebal terhadap getah pohon satu ini.

Nah, untuk itu jika kamu mempunyai kulit sensitif, berikut cara mengatasi sekaligus mengobatinya :

1. Mencuci hingga bersih

Cara mengatasi terkena getah rengas ialah dengan mencuci secara langsung. Cuci hingga bersih dengan menggunakan sabun dan air mengalir, sehingga efek reaksi dapat dicegah sebelum menjadi parah.

2. Gunakan obat oles gatal

Jika sudah terasa gatal atau kemerahan, kamu bisa memberikan obat oles atau krim pereda gatal. Cukup balurkan pada area tubuh yang terkena secara rutin setiap hari atau sehabis mandi.

3. Memberi minyak kayu putih

Minyak kayu putih biasa digunakan untuk meredakan rasa gatal-gatal dan memberi rasa hangat pada kulit.

Mungkin cara satu ini bisa kamu manfaatkan, guna untuk meringankan rasa gatal akibat terkena getah rengas dan mencegah kamu mengaruk lebih parah.

4. Meminum obat

Selain menggunakan obat oles dari luar, kamu juga bisa mengkonsumsi obat alergi atau pereda gatal dari dalam tubuh, sehingga dampak yang ditimbulkan bisa dicegah dari dalam.

5. Bawa kedokter

Jika dalam waktu beberapa hari tidak kunjung sembuh atau efek yang ditimbulkan semakin bertambah, sebaiknya langsung konsultasi ke dokter untuk meminimalisir menjadi lebih parah.

Biasanya dokter akan memberikan beberapa resep obat khusus untuk mengatasi masalah tersebut.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi sekaligus meredakan jika kamu terkena getahnya.

Akan tetapi sebaiknya kamu memberi tindakan pencegahan daripada mengobati. 

Jika kamu ingin memotong kayu pohon satu ini, untuk mencegah dari terkena getah pohon rengas kamu bisa menggunakan sarung tangan, menggunakan baju lengan panjang dan kaca mata.

Selain itu hindari juga berteduh di bawah pohon saat sedang hujan atau sekedar bersantai.

Cukup sampai disini pembahasan kali ini, baca terus infomenarik lainnya di healty99.com.

Buka Komentar

Iklan Atas Artikel "iklan 5"

Iklan Tengah Artikel 1 "iklan 3"

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel "i